Beranda Tiket Wisata

JAM GADANG Bukittinggi: Ragam Aktivitas Menarik - September 2020

Jam Gadang
Harga Tiket: Gratis Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Jl. Raya Bukittinggi - Payakumbuh, Benteng Ps. Atas,Guguk Panjang,Bukittinggi,Sumatera Barat,Indonesia ,26136.

Sudah memiliki rencana liburan ke Bukittinggi? Jangan lewatkan destinasi Jam Gadang Bukittinggi. Jam yang menjadi ikon besar ini sekaligus titik nol Kota Bukittinggi. Lokasinya sangat strategis di tengah kota tidak mungkin dilewatkan untuk disinggahi.

Jam Gadang Bukittinggi sudah ada sejak tahun 1926. Bangunan ini merupakan hadiah peninggalan Ratu Belanda kepada sekretaris Kota Bukittingi, Rookmaker. Bangunan tempat menempelnya jam ini masih berdiri kokoh meskipun telah diguncang gempa beberapa kali. Jam yang menjadi saksi bisu sejarah Kota Bukittinggi kini dapat dinikmati oleh masyarakat.

Harga Tiket Masuk Jam Gadang

Tidak ada biaya yang dipatok untuk menikmati objek wisata ini. Pengunjung dapat melakukan aktivitas di pelataran secara gratis. Pengunjung hanya perlu menyiapkan uang untuk berwisata kuliner dan membeli oleh-oleh.

Biaya Wisata Jam Gadang Bukittinggi
Tiket masukRp 0
Kuliner di sekitar kawasanRp 10.000 – Rp 25.000
Oleh-oleh di Pasar AtehRp 15.000 – Rp 3.000.000

Baca: 4 Tempat Wisata Terbaik di Bukittinggi

Jam Operasional

Objek wisata ini buka setiap hari selama 24 jam. Pengunjung dapat menikmati pesonanya setiap waktu dengan jam kunjungan paling ramai pada sore dan malam hari. Jika ingin mendapatkan suasana yang lebih sepi pengunjung dapat datang pada pagi hari.

Jam Operasional
Senin – Minggu00.00 – 24.00

Ragam Aktivitas Wisata di Sekitar Jam Gadang

Jam Gadang Bukittinggi dari atas
Penampakan Jam Gadang bukittinggi dengan lingkungan sekitarnya – Foto: Google Maps/ Ardian Mardiansyah

Jam Gadang merupakan ikon Kota Bukittinggi. Pengunjung dapat menikmati kemegahannya dari keempat sisi. Jam yang dibangun dengan menggunakan batu kapur dan putih telur ini masih terlihat kokoh. Menurut sejarahnya, bentuk bagian atap telah digubah sebanyak dua kali dari bentuk aslinya.

Hal menarik dari bangunan jam ini adalah bentuk romawi yang tidak tertulis ‘IV’ melainkan ‘IIII’. Selain itu, mesin penggerak jam diproduksi Vortmann Recklinghausen pada tahun 1892. Mesin ini diklaim hanya ada dua di dunia, yaitu di Jam Gadang Bukittinggi dan Big Ben London.

Baca: Wisata FORT DE KOCK Tiket & Ragam Aktivitas

Taman Sabai Nan Aluih

Taman Sabai Nan Aluih
Pemandangan Jam Gadang dari Taman Sabai Nan Aluih – Foto: Google Maps/ Raras Endarto

Jam Gadang Bukittinggi berada di area Taman Sabai Nan Aluih. Pengunjung yang datang kemari senang menghabiskan waktu di bagian taman. Suasana taman yang ditata dengan ciri khas taman eropa banyak menyita perhatian wisatawan. Area ini akan ramai dengan pedagang kaki lima pada malam hari.

Air Mancur

Air Mancur Menari Jam Gadang Bukittinggi
Penampilan Air Mancur Menari – Foto: Instagram/ Adesyahputrapg

Pemerintah daerah membangun kolam air mancur di sekitar Taman Sabai Nan Aluih. Pada malam hari, pengunjung dapat melihat atraksi air mancur menari. Air mancur menari disuguhkan dengan balutan lighting yang telah diatur sesuai ritme. Objek ini menjadi daya tarik wisata malam di sini.

Baca: Wisata Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta

Pasa Ateh

Pasa Ateh pusat perbelanjaan Bukittinggi
Pasa Ateh pusat perbelanjaan Bukittinggi. Lokasi terfavorit wisatawan untuk berburu oleh-oleh – Foto: Instagram/ windasapitri8

Pasa Ateh atau pasar atas merupakan salah satu pasar yang berada di dekat Jam Gadang Bukittinggi. Pengunjung yang berwisata ke Jam Bukittinggi wajib menyempatkan waktu ke tempat ini. Di Pasar Ateh wisatawan dapat membeli berbagai macam oleh-oleh khas minang. Mulai dari kain songket hingga gantungan kunci dibandrol dengan harga yang bervariatif.

Kuliner Khas Bukititnggi

Teh Talua Khas Bukittinggi
Teh Talua Khas Bukittinggi. Kombinasi teh dan telur ayam kampung beserta kayu manis – Foto: Instagram/ Nofrins

Tak lengkap rasanya ke sini tanpa mencicipi kuliner di sekitarnya. Wisatawan dapat memilih kuliner jajanan kaki lima mau pun rumah makan. Menu kaki lima yang tak boleh terlewatkan adalah Teh Talua dan Lamang Tapai. Sajian ini kerap kali ditemui juga di banyak rumah makan.

Selain itu, ada beberapa tempat makan yang wajib dikunjungi. Tempat tersebut hanya berjarak 200 m dari ikon Kota Bukittinggi. Gulai Itiak Lado Mudo, Nasi Kapau Uni Lis, dan Bedudal Café menjadi favorit wisatawan.

Baca: NGARAI SIANOK Bukittinggi Tiket & Ragam Aktivitas

Museum

taman monumen proklamator bung hatta
Taman Monumen Bung Hatta yang lokasinya tidak jauh dari Jam Gadang Bukittinggi- Foro: Google Maps/ Alfarizi Sukron

Kawasan wisata ini memiliki kesamaan dengan Kawasan Kota Tua Jakarta. Areanya dikelilingi oleh beberapa museum bersejarah. Terdapat Istana Bung Hatta dan Taman Monumen Bung Hatta yang tidak jauh dari Jam Gadang. Museum-museum ini dapat menjadi alternatif wisata edukasi.

Fasilitas

Posisinya yang berada di pusat Kota Bukittinggi memberikan banyak kemudahan. Pengunjung dapat mengakses kios-kios yang menjajakan makanan khas tanah minang. Selain itu, terdapat banyak penginapan tersedia sekitar Jam Gadanng Bukittinggi. Pengunjung juga dapat membeli oleh-oleh di pedangang souvenir sekitar Jl. Raya Bukittinggi.

Lokasi & Akses Jam Gadang

Landmark wisata ini terletak di Jl. Raya Bukittinggi – Payakumbuh, Benteng Pasar Ateh, Kota Bukittinggi. Posisinya menjadi titik nol karena berada di pusat Kota Bukittinggi.

Objek wisata ini berjarak 72 km dari Bandara Internasional Minangkabau dengan waktu tempuh 2 jam perjalanan. Pengunjung dapat menggunakan travel yang menuju Kota Bukittinggi dengan biaya sekitar 35.000. Jika wisatawan pergi bersama rombongan, dapat menggunakan taksi. Tarif taksi ke Kota Bukittinggi Rp 250.000 dengan kapasitas 4-5 orang.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 2 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini