Beranda Tiket Wisata

Air Terjun LEMBAH ANAI Tiket & Ragam Aktivitas - September 2020

Air Terjun Lembah Anai
Harga Tiket: Rp5.000 Jam Buka: 08.00 - 17.00 No. Telepon: - Alamat: Singgalang,Sepuluh Koto,Tanah Datar,Sumatera Barat,Indonesia,27282.

Air Terjun Lembah Anai merupakan destinasi wisata yang wajib disinggahi ketika berkunjung ke Sumatera Barat. Objek wisata alam ini dapat terletak tepat di pinggir Jalan Raya Bukittinggi – Padang. Lokasi air terjun juga menjadi salah satu saksi bisu pergerakan rakyat Minang dalam melawan penjajahan. Saat ini, kawasan air terjun menjadi objek wisata yang digemari pengunjung.

Indahnya pemandangan air terjun dari tepi jalan menjadi nilai jual tersendiri. Wisatawan dapat menikmati suasana alam yang menenangkan tanpa perlu bersusah payah masuk ke dalam hutan. Tiket murah dan akses yang mudah menjadikan wisata ini sebagai salah satu tempat perisitirahatan bagi wisatawan yang melintas.

Harga Tiket Wisata Air Terjun Lembah Anai

Pengendara dapat menikmati keindahan panorama air terjun secara gratis dari pinggir jalan. Jika ingin merasakan kesegaran derasnya air terjun, cukup membayar beberapa ribu di loket pintu masuk. Biaya ini sangat murah untuk menyegarkan badan dan pikiran setelah lelah berkendara.

Harga Tiket Wisata Air Terjun Lembah Anai
Tiket masuk dewasaRp 5.000
Tiket masuk anak-anakRp 3.000
Biaya parkirRp 2.000 – Rp 15.000
Kuliner sekitar air terjunRp 2.000 – Rp 25.000

Baca: 9  Tempat Wisata Terbaik di Bukittinggi

Waktu Operasional

Wisata ini banyak diminati pada akhir pekan dan masa liburan sekolah. Air terjun yang merupakan aliran Sungai Batang Lurah ini dapat dinikmati sepanjang hari. Hanya saja loket tiket masuk hanya buka hingga pukul 5 sore. Wisatawan yang ingin berkunjung diharapkan menyesuaikan kondisi musim dan cuaca.

Jam Buka
Setiap Hari06.00 – 17.00

Aktivitas Menarik di Air Terjun Lembah Anai

Air Terjun Lembah Anai
Pemandangan air terjun dari ketinggian. Posisinya persis di sebelah Jalan Raya Padang – Bukittinggi. Selain itu, terdapat lintasan rel kereta api yang dibangun sejak jaman kolonial. Foto: Instagram/ hndrarwl

Air Terjun Lembah Anai termasuk dalam destinasi Cagar Alam Lembah Anai sejak tahun 1922. Kawasan cagar alam ini berada di kaki Gunung Singgalang dan diapit oleh dataran tinggi Bukit Barisan. Keindahan panorama alam sekitarnya sudah diakui sejak zaman kolonial.

Masyarakat percaya bahwa air terjun ini dialiri air yang berasal dari Telaga Dewi. Telaga yang dipercaya tempat mandinya para dewi. Kepercayaan itu berkembang menjadi mitos siapa pun yang membasuh muka di air terjun akan awet muda.

Baca: JANJANG SARIBU Bukittinggi Tiket & Daya Tarik

Bermain air

kolam yang terbentuk di bawah air terjun
Wisatawan dapat bermain air di Kolam yang luas dan besarnya debit air terjun yang jatuh sangat menggoda untuk dijajal – Foto: Google Maps/ Deden Abdurohman

Melihat derasnya air yang jatuh dari ketinggian 35 meter tentu saja akan menggugah selera bermain air. Airnya yang jernih dan segar banyak diminati wisatawan. Wisatawan dapat bermain air di kolam air terjun yang masih alami. Saat ini juga tersedia wahana perahu karet yang dapat disewa.

Berfoto

area bebatuan besar di bawah air terjun
Keindahan panoramanya sangat cocok menjadi incaran objek foto wisatawan- Google Maps/ Myp24

Memotret Air Terjun Lembah Anai dapat dilakukan dari berbagai macam sudut padang. Pengunjung dapat memotret dari bagian kolam maupun dari bagian atas air terjun. Selain itu, wisatawan juga dapat mengabadikan diri berlatar air terjun dari luar lokasi wisata. Spot foto favorit di sini adalah di atas jembatan rel kereta yang melintasi area air terjun.

Kuliner

Sate Padang dan Kerupuk Kulit
Sate padang kuliner khas minang. Kuliner yang berasal dari olahan lidah sapi dibalur saus kental kaya akan rempah. Wisatawan dapat menambahkan kerupuk kulit sebagai pelengkap – Foto: Instagram/ Buncitfoodies

Beristirahat sejenak di sekitar kawasan air terjun ini memang menyenangkan. Wisatawan tidak perlu khawatir ketika perut mulai keroncongan. Banyak penjaja makanan khas minang di sekitar Air Terjun dengan harga yang terjangkau. Pilihannya beragam, dari nasi kapau, sate padang, hingga cemilan keripik sanjai balado.

Baca: JAM GADANG Bukittinggi: Ragam Aktivitas Menarik

Air Terjun Proklamator

Air Terjun Proklamator
Keindahan Air Terjun Proklamator yang masih sangat alami. Air di kolam yang berwarna biru dengan 3 air terjun yang mengalir menambah kesan damai Air Terjun Proklamator – Foto: Google Maps/ Zaidatul Fikri

Belum puas bermain di air terjun ini? Wisatawan bisa mencoba trekking menuju Air Terjun Proklamator. Lokasinya berada di atas aliran Air Terjun Lembah Anai dan terletak di dalam hutan. Kondisinya masih sangat asri dengan dasar kolam berwarna biru.

Wisatawan yang berminat perlu melakukan trekking selama 30 menit. Jalur masuk trekking Air Terjun Proklamator berada di seberang Rumah Makan Mangguang. Posisinya berada sebelum Air Terjun Lembah Anai jika dari arah Bukittinggi.

Lokasi dan Akses Air Terjun Lembah Anai

Objek wisata air terjun ini terletak di Singgalang, Kec. Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat 27282. Tepatnya persis berada di Simpang Jl. Raya Padang – Bukittinggi. Lokasinya berjarak 29 km dari Kota Bukittinggi dan 70 km dari Kota Padang. Akses menuju air terjun dapat menggunakan  transportasi pribadi maupun transportasi umum.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini