Beranda Tiket Wisata

Kampung Buricak Burinong Tiket Masuk & Wahana – Februari 2023

0
Kampung Buricak Burinong Harga Tiket Masuk : Rp20.000. Jam Buka : 06.00 – 18.00 WIB. Nomor Telepon : -. Alamat / Lokasi : Dusun Cisema, Pakualam, Darmaraja, Sumedang, Jawa Barat, Indonesia, 45372.

Kampung Buricak Burinong destinasi wisata di Sumedang yang menawarkan keindahan Waduk Jatigede. Kawasan ini baru saja resmi terbuka pada bulan April tahun 2022. Keindahan alamnya sungguh memesona dengan hadirnya deretan pegunungan dan sekumpulan pepohonan hijau.

Kawasan ini memiliki sejumlah spot foto terbaik dengan latar belakang alam yang menawan. Salah satunya yang paling terkenal yaitu Masjid Al- Kamil. Di mana lokasinya langsung mengarah ke perairan Waduk Jatigede. Spot foto lainnya ada Pasir Cinta yang menawarkan pemandangan matahari terbenam di sore hari.

Harga Tiket Masuk Kampung Buricak Burinong

Tiket masuk ke wisata Kampung Buricak Burinong tidak terlalu mahal. Selain itu siapkan juga biaya tambahan untuk menikmati berbagai zona wisata yang ada di sekitarnya.

Harga Tiket Kampung Buricak Burinong
Tiket masuk Rp20.000
Forest Walk Rp5.000

Baca: Kampung Ciherang Sumedang Tiket & Aktivitas

Jam Buka Kampung Buricak Burinong

Kawasan wisata ini hampir buka setiap hari. Mulai dari Hari Senin hingga Minggu. Pengunjung bisa datang kapan pun tanpa perlu menentukan hari khusus. Sementara untuk jamnya dari pagi sampai sore hari.

Jam Buka
Setiap hari 06.00 – 18.00 WIB

Daya Tarik Kampung Buricak Burinong

Destinasi wisata Kampung Buricak Burinong memang masih tergolong baru. Namun keindahan alam yang dimilikinya tidak kalah dengan tempat wisata lainnya di Sumedang. Kawasan ini memiliki daya tarik tersendiri yang siap memanjakan wisatawan. Di antaranya ada Waduk Jatigede, Forest Walk, Pasir Cinta, dan Puncak Damar Jatigede.

Waduk Jatigede

Seorang pria berfoto di atas jembatan kayu Waduk Jatigede Kampung Buricak Burinong
Keindahan Waduk Jatigede Semakin indah jika dilihat dari jembatan kayu pinggir waduk. Foto : Googlemap/Dianto Sudreja

Waduk Jatigede adalah ikon utama dari pariwisata Kampung Buricak Burinong. Sejauh mata memandang terlihat hamparan perairan luas dari ujung barat sampai ke timur. Tak lupa juga keindahan langit biru dan deretan pegunungan hijau mengelilingi area sekitar waduk. Panorama alamnya yang memesona menjadikan kawasan ini sebagai tempat favorit untuk berfoto.

Biasanya pengunjung mengambil foto di atas jembatan kayu yang menjadi lokasi pendaratan paralayang. Posisinya persis berada di pinggir waduk dengan berhiaskan pohon besar di bagian tengahnya. Tersedia juga 3 tempat duduk dari beton yang biasa digunakan untuk bersantai. Pengunjung bisa duduk sambil merasakan semilir angin berembus di sekitar area waduk.

Kehadiran papan kayu setinggi 2 meter memang membuat kawasan ini semakin indah. Karena desainnya sangat Instagramable dan langsung menghadap ke arah waduk. Menariknya lagi, pengunjung juga bisa menikmati keindahan waduk dari jarak dekat. Caranya dengan menaiki perahu kayu sewaan milik penduduk setempat.

Baca: KAMPUNG KARUHUN Tiket & Aktivitas

Forest Walk

Keindahan Forest Walk Kampung Buricak Burinong.
Forest Walk berupa jembatan kayu setinggi 2 meter yang berada di tengah-tengah hutan pinus. Foto : Googlemap/imam turmudi

Forest walk merupakan jembatan kayu yang letaknya berada di tengah hutan. Dengan tinggi kurang lebih sekitar 2 meter dan masih menjadi satu kawasan wisata dengan area Waduk Jatigede. Fasilitas ini dapat dipergunakan sebagai jalan untuk menyusuri area hutan pinus.

Suasana sekitar Forest Walk begitu teduh dengan hadirnya pohon pinus yang menjulang tinggi. Selama di sini pengunjung bisa berkeliling area hutan tanpa perlu takut terkena paparan sinar matahari. Karena kanopi dari pohon Pinus yang rapat menutupi area sekitar Forest Walk.

Sedangkan untuk menikmati keindahan Forest Walk tidaklah gratis. Ada biaya tiket masuk yang dibebankan yang sudah termasuk berkunjung ke Landing Paralayang Cisema.

Baca: Curug Cinulang Pesona Air Terjun Kembar

Pasir Cinta

Pemandangan Pasir Cinta Kampung Buricak Burinong.
Pasir Cinta menawarkan keindahan alam bak negeri di atas awan. Foto : Googlemap/Renra

Di dekat waduk Jatigede terdapat sebuah bukit dengan pemandangan indah bernama Pasir Cinta. Kawasan ini sering menjadi area berkemah dan spot foto. Bahkan juga sebagai tempat pendaratan olahraga paralayang.

Sejauh ini dari atas bukit pengunjung bisa melihat pemandangan Waduk Jatigede dari ketinggian. Di mana perairannya banyak dihiasi gugusan pulau yang dipenuhi tanaman hijau. Pada saat menjelang sore hari, akan tampak keindahan matahari terbenam dengan cahaya kekuningan yang memukau. Ada pula jembatan layang sebagai tempat mengambil foto dengan latar belakang Waduk Jatigede.

Baca: Tanjung Duriat Sumedang Tiket & Wahana Seru

Puncak Damar Jatigede

Seorang pria berfoto di depan gardu pandang Puncak Damar Jatigede.
Puncak Damar Jatigede menyuguhkan pemandangan alam Waduk Jatigede dari ketinggian yang sangat ekstrem. Foto : Googlemap/Herry Herawan Hermanto

Tak jauh Kampung Buricak Burinong terdapat area wisata bernama Puncak Damar Jatigede. Salah satu kawasan yang bagus untuk melihat pemandangan waduk dari ketinggian. Memang perjalanan menuju lokasinya lumayan berkelok dan dipenuhi tanjakan serta turunan. Meskipun terasa sulit tetapi akan terbayar lunas dengan keindahan alamnya.

Di sini sudah tersedia tempat bersantai berupa view deck atau gardu pandang yang terbuat dari kayu. Sejauh mata memandang akan terlihat perairan luas yang dikelilingi deretan perbukitan hijau. Kemudian pada bagian atasnya terdapat pemandangan langit biru yang dihiasi sekumpulan awan putih. Sayangnya spot gardu pandang ini kapasitasnya dibatasi oleh pihak pengelola. Maksimal daya tampungnya hanya muat untuk 10 orang saja.

Fasilitas

Meski usianya baru seumur jagung, tetapi fasilitas pendukungnya sudah sangat lengkap. Mulai dari penyediaan area parkir, toilet, dan masjid. Untuk makanan tidak perlu repot membawa dari rumah. Di sini sudah tersedia tempat makan dengan berbagai pilihan menu yang enak-enak.

Lokasi Kampung Buricak Burinong

Kampung Wisata ini berlokasi di Dusun Cisema, Pakualam, Kecamatan Darmaraja, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Paling mudah mengakses lokasinya dengan naik kendaraan pribadi. Pengunjung bisa lewat Jalan Raya Situraja. Kalau dari Kota Sumedang tinggal ikuti saja rute ke arah Cigintung.

Tanggapan:

4.5 / 5. dari 21

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini