Penat dengan rutinitas sehari-hari, tapi bingung mau liburan ke mana? Bisa berkunjung ke Kampung Ciherang. Destinasi satu ini menawarkan wisata alam mempesona dengan hutan pinus di sekelilingnya. Setelah mulai terkenal di media sosial, Kampung Ciherang kerap dipadati pengunjung.

Harga Tiket Masuk Kampung Ciherang

Menikmati kesejukan alam dan berbagai aktivitas wisata di kampung ini pengunjung dibebankan tiket masuk yang cukup murah. Harga tiket masuk Kampung Ciherang ditawarkan mulai dari Rp15.000.

Harga Tiket Masuk Kampung Ciherang
WeekdayRp25.000
WeekendRp30.000

Khusus untuk musim liburan Desember harga tiket masuk kampung Ciherang mengikuti tiket weekend yaitu Rp30.000. Harga tiket sudah termasuk bermain di semua wahana yang tersedia.

Baca: CURUG MARIBAYA Kawasan Wisata Tiket & Aktivitas

Jam Buka Kampung Ciherang

Pengunjung bisa datang dan bermain di kawasan wisata ciherang mulai pagi hingga sore hari. Kampung Ciherang sudah dibuka mulai pukul 08.00 pagi.

Jam Buka
Setiap Hari07.30 – 17.00 WIB

Berikut berbagai aktivitas wisata yang bisa dilakukan di Kampuung Ciherang.

1. Pemandangan Menyegarkan Mata

suasana alam pegunungan di kampung ciherang
Kampoeng Ciherang tempat wisata di Sumedang yang menawarkan kesejukan alam dengan berbagai aktivitas wisata. foto: googlemap/EVI RENANSIVA

Wana Wisata Kampung Ciherang cocok bagi pengunjung yang merindukan kehijauan alam. Sepanjang mata memandang, pengunjung akan dimanjakan dengan barisan pohon-pohon pinus. Suasana yang asri pun mendukung untuk berjalan-jalan santai. Pengunjung bisa mengikuti jalan setapak menuju sungai yang masih sejuk dan bersih.

Selain itu, jika ingin bersantai, pengunjung bisa menyewa hammock. Seraya berselonjor di hammock, pengunjung akan merasakan semilir angin yang sejuk dan tenang. Pun, jika bersama keluarga, pengunjung dapat mendirikan tenda dan memasak bersama seperti camping.

2. Berenang di Kolam Alami

Kolam alami yang unik di kampung ciherang
Berenang di kolam alami dengan air yang menyegarkan juga bisa dilakukan di tempat wisata alam ini. foto: googlemap/REVI RENANSIVA

Jika bosan berenang di Water park, pengunjung bisa berenang di kolam yang sumbernya alami. Di kawasan desa wisata ini sejumlah titik dibuat kolam bundar berundak-undak. Pengunjung pun bisa mengajak anak-anak bermain dan mencebur ke air berwarna jernih ini.

Sebab berasal dari sumber pegunungan, air kolam ini segar sekali. Rasanya dingin dan sangat sejuk. Kendati demikian, jika sudah terbiasa dengan suhunya, pengunjung akan betah berlama-lama di kolam. Kolam ini tak terlalu dalam, hingga aman untuk anak-anak.

3. Bersantai di Perahu Bebek

Tak jauh dari sana, ada pula kolam yang cukup luas seperti danau. Di sini pengunjung bisa menaiki perahu dan menikmati pemandangan sekitar Kampung Ciherang. Supaya lebih seru, ada perahu bebek kayuh yang bisa dimainkan bersama. Pengunjung bisa menaiki wahana ini dengan pasangan atau buah hati.

4. Arung Jeram Mini yang Menantang di Kampung Ciherang

perahu karet di sungai kawasan ciherang
Menaiki perahu karet menyusuri sungai. foto: googlemap/mih Gartika

Bagi penyuka tantangan, tentu tak mau melewatkan wahana satu ini. Ya, Arung Jeram Mini. Di wahana ini, para pengunjung akan menyusuri sungai dengan perahu karet. Dengan arus deras dan batu-batu besar, wahana ini cukup menghibur dan menantang lho.

5. Bermain di Udara

Mau tahu serunya main di udara? Coba saja wahana Sepeda Gantung! Saat menaiki ini, pengunjung akan merasakan sensasi mendebarkan bersepeda di udara. Jalur yang disediakan cukup tinggi dan panjang dan menguji adrenalin pengunjung. Namun, bersepeda sambil menikmati alam dari ketinggian, akan menjadi pengalaman tak terlupakan!

Selain Sepeda Gantung, ada juga wahana Flying Fox. Berseluncur cepat dari ketinggian memang sungguh menguji nyali. Di wahana ini pengunjung dapat berteriak sekencangnya saat menderu cepat dari atas.

Baca: Taman Hutan Raya Djuanda TAHURA Bandung Tiket & Aktivitas Seru

6. Outbound Anak

wahana permainan outbond
Wahana outbond anak-anak juga tersedia di wana wisata kampung ciherang. foto: googlemap/Umar Umar

Bermain outdoor tak lengkap jika tanpa bermain outbound. Tempat wisat alam ini pun menyediakan fasilitas ini untuk anak-anak. Ada jembatan gantung, jembatan goyang, hingga jaring laba-laba yang bisa dimainkan. Selain bermain, di sini anak-anak pun sekaligus melatih daya motorik mereka.

7. Bermain Mini Cross di Wana Wisata Kampung Ciherang

Saat berjalan santai di sini, pengunjung akan menemukan area mini-cross untuk anak. Areanya cukup luas, dengan jalur berliku, naik-turun dengan kontur tanah yang berbatu. Anak-anak pun akan puas bermain motor mini di wahana satu ini. Jika belum mahir, ada staf yang siap mendampingi bermain mini-cross.

8. Spot Foto Unik

foto unik sepeda gantung
Hasilkan foto unik yang instagramable di kampung ciherang. foto: instagram/kampoengciherang

Jangan khawatir tidak bisa mengabadikan momen, Kampung Ciherang punya tempatnya. Sejumlah titik di tempat ini disulap menjadi titik cantik untuk berfoto. Misalnya, ada serabut pohon berbentuk hati, rumah pohon, dan sarang burung. Selain titik-titik tersebut, pemandangan sekeliling kawasan wisata ini sungguh sangat indah.

Lokasi Kampung Ciherang

Tempat wisata ini berlokasi di Cijambu, Tanjungsari, Sumedang 45362. Informasi dan kontak lebih lanjut silahkan menghubungi 082214420898/ 081322617947 /082318475071.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.