KAMPUNG KARUHUN Tiket & Aktivitas Mei 2024

  • Harga Tiket Masuk Kampung Karuhun: Rp15.000-Rp30.000
  • Jam Buka: 08.00 - 16.00 WIB
  • Nomor Telepon: 08112182015
  • Alamat: Jl. Pagarbetis, Citengah, Sumedang Selatan, Sumedang, Jawa Barat, Indonesia, 45311

Liburan di Sumedang, jangan hanya mencicipi tahunya yang terkenal lezat itu. Terkenal dengan keindahan alamnya sejak dulu, Sumedang kini memiliki sebuah taman hiburan dengan konsep alam. Objek wisata yang bernama Kampung Karuhun itu tidak berada di tengah keramaian kota, melainkan di daerah dataran tinggi yang sejuk.

Taman ini menawarkan beragam wahana modern yang berpadu dengan suasana alami pegunungan dan budaya kearifan lokal. Perpaduan tersebut menjadikannya sebagai salah satu destinasi wisata yang sayang jika terlewatkan.

Harga Tiket Masuk Kampung Karuhun

Tiket masuk Kampung Karuhun belum termasuk dengan tiket fasilitas dan wahana khusus seperti marak lauk, river tubing, flying fox, dan lain-lain. Harga tiket masuknya relatif terjangkau mulai dari Rp15.000 – Rp30.000. Selain itu untuk anak-anak dengan usia di atas 3 tahun sudah berlaku harga tiket masuk anak.

Jenis TiketHarga Tiket Weekday / Weekend
Tiket Masuk AnakRp15.000 / Rp20.000
Tiket Masuk DewasaRp25.000 / Rp30.000
Harga Tiket Masuk Kampung Karuhun

Baca: Kampung Ciherang Sumedang Tiket Masuk & Aktivitas

Jam Buka Kampung Karuhun

Objek wisata ini terbuka untuk umum setiap hari sejak pagi pukul 08.00 hingga pukul 04.00 sore. Objek wisata ini biasanya sangat ramai pengunjung pada akhir pekan dan musim liburan.

HariJam Buka
Weekday08.00 – 16.00
Weekend08.00 – 17.00
Jam Buka Kampung Karuhun

Daya Tarik Kampung Karuhun

Kampung Karuhun
Kampung karuhun yang berada di Sumedang memiliki konsep eco green park – Foto: Google Maps/Devi Rinjani

Baca: Kampung Toga Sumedang Tiket Masuk & Wahana

Kampung Karuhun adalah taman bermain dengan konsep kembali ke alam yang bertajuk ‘eco green park’. Wana wisata ini terletak Desa Citengah. Lokasinya cenderung tidak biasa, karena berada tepat di tikungan jalan di tengah pegunungan dan sekelilingnya masih berupa hutan.

Di lahan seluas 1,5 hektar ini, wisatawan tidak akan mendapati wahana modern seperti jet coaster atau kora-kora. Taman rekreasi ini menawarkan aneka wahana yang mendukung beragam aktivitas luar ruangan. Sebut saja flying fox melintasi sungai, menangkap ikan, paintball, hingga off road. Selain itu, di sini juga menyajikan wisata edukasi dengan mengenalkan sejumlah budaya lokal Indonesia.

Suasana Alam yang Tenang

Jajaran saung untuk lesehan
Terdapat banyak saung untuk piknik atau tempat istirahat pengunjung – Foto: Google Maps/Kampung Karuhun Sumedang

Berada kawasan wisata ini sejenak akan membuat pengunjung lupa kalau sedang berada di taman bermain. Dikelilingi oleh hutan, sungai, dan perkebunan yang alami, taman rekreasi ini menyajikan suasana yang berbeda dari wana wisata modern lainnya.

Terdapat sungai alami yang melintasi kawasan wisata ini, yaitu Sungai Cihonje. Di sekitar sungai, berdiri saung lesehan yang nyaman untuk pengunjung duduk-duduk. Pengunjung dapat berpiknik di area ini secara cuma-cuma, sambil menikmati sejuknya udara dataran tinggi.

Baca: 4 Tempat Wisata Menarik di Sumedang

Rekreasi Sungai

River tubing
Pengunjung meluncur menyusuri sungai menggunakan pelampung dalam kegiatan river tubing – Foto: Google Maps/Nikita Kamka
Menangkap ikan di sungai
Kegiatan marak lauk di Sungai Cihonje – Foto: Google Maps/Kampung Karuhun Sumedang

Aliran Sungai Cihonje di dalam kawasan Kampung Karuhun bukan hanya sekadar pemanis suasana. Pengelola menyediakan fasilitas untuk melakukan beragam rekreasi di sungai ini. Berbagai wahana bisa dinikmati agar pengunjung mendapatkan pengalaman bermain di alam secara maksimal.

Bagi yang menyukai aktivitas menantang, terdapat wahana river tubing, flying fox, zip bike, dan marak lauk. River tubing adalah kegiatan menyusuri sungai menggunakan ban pelampung. Flying fox dan zip bike memberikan sensasi melintasi sungai dengan meluncur atau menaiki sepeda di atas seutas tali.

Kegiatan marak lauk cocok bagi wisatawan yang ingin merasakan pengalaman menangkap ikan di sungai. Ikan yang didapat bisa dibawa pulang untuk dimasak sebagai oleh-oleh. Kegiatan ini juga baik untuk melatih kemampuan kognitif sekaligus mengenalkan alam pada anak-anak.

Baca: Curug Cinulang Sumedang Pesona Air Terjun Kembar

Petualangan Off Road

Off road di kebun teh
Jalur off road yang melintasi perkebunan teh Cisoka – Foto: Google Maps/Kampung Karuhun Sumedang
Waterboom di tengah pegunungan
Kolam renang berupa waterboom yang modern dan nyaman – Foto: Google Maps/Kampung Karuhun Sumedang

Aktivitas menantang lainnya adalah wahana off road. Pengunjung bisa memilih menaiki ATV atau mobil khusus. Rute off road akan membawa pengunjung ke jalan di antara perkebunan teh  Cisoka yang asri. Jalur ini berakhir di Curug Cigorobog yang indah dengan aliran airnya yang jernih dan sejuk.

Waterboom di Pegunungan

Kampung Karuhun juga memiliki waterboom yang tak kalah menarik. Terdiri dari beberapa kolam, waterboom ini sudah lengkap dengan seluncuran berputar yang tinggi dan lumayan menguji adrenalin. Rasakan sensasi berenang dan bermain air di tengah pegunungan yang masih alami!

Aneka Wahana Seru

Masih banyak pilihan wahana yang terdapat di sini, terutama untuk kalangan anak-anak. Wahana seperti perahu mini, trampolin, dan flying swing yang menantang. Anak-anak tentu tidak akan merasa bosan selama berada di sini.

Belajar Budaya

Berfoto di kampung Papua
Pengunjung berfoto bersama di depan replika rumah tradisional Papua – Foto: Google Maps/imas Badriyah hayati

Selain wisata alamnya objek wisata ini juga tidak lupa memberikan edukasi melalui wahana wisata budaya. Tersedia panggung dan menyajikan penampilan kesenian lokal secara terus-menerus. Sambil asyik menikmati keseruan, pengunjung akan terus mendengar alunan musik Sunda yang syahdu.

Di sini juga terdapat sudut bernama Kampung Etnik yang menjadi wahana edukasi budaya riil. Area ini menyajikan budaya Sunda, Toraja, dan Papua melalui ragam bangunan, pakaian adat, dan suasana khas daerah masing-masing. Selain bisa melihat langsung, pengunjung bisa berfoto dan mencoba pakaian tradisional setiap daerah, lho.

Pilihan Akomodasi dan Camping

Penginapan barak di kampung karuhun
Penginapa bergaya barak prajurit sebagai pilihan akomodasi menginap – Foto: Google Maps/Kampung Karuhun Sumedang
Area berkemah di kampung karuhun
Area berkemah yang aman dan nyaman untuk liburan keluarga – Foto: Google Maps/Kampung Karuhun Sumedang

Sudah yakin ingin menghabiskan liburan di sini? Saatnya memilih akomodasi yang cocok. Beragam pilihan tempat bermalam yang menarik tersedia. Penginapan terdiri dari villa, saung, dan barak.

Di penginapan berbentuk barak, seluruh tempat tidur yang tersedia berderet layaknya barak prajurit. Tapi jangan cemas, tempatnya nyaman, bersih dan memiliki fasilitas yang lengkap. Pilihan ini cocok untuk kegiatan berkelompok.

Di saung dan vila, wisatawan akan merasakan pengalaman yang berbeda. Bangunan vila lebih modern, sementara saung lebih sederhana. Namun keduanya sama-sama nyaman dan tinggal dipilih sesuai kebutuhan.

Ingin merasakan tidur di alam terbuka? Objek wisata ini juga menyediakan area untuk berkemah yang nyaman dan aman. Meski berada di dalam kawasan wisata, namun pengunjung tetap bisa merasakan suasana alam.

Wisata Kuliner Otentik Kampung Karuhun

Nasi timbel
Wisatawan dapat mencicipi kuliner khas Sunda di restoran di sekitar lokasi wisata – Foto: Google Maps/Kampung Karuhun Sumedang

Jangan sampai perut kelaparan karena kehabisan tenaga menjajal seluruh wahana di sini. Kunjungi restoran yang menyajikan menu khas Sunda. Pengunjung bisa menikmati nasi timbel hingga gurame bakar yang lezat di sini. Kuliner di sini terkenal memiliki rasa yang otentik, namun tidak membuat dompet jebol.

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia sudah cukup lengkap. Terdapat area parkir, toilet, musala yang nyaman, restoran, penginapan, dan kolam renang. Lahan parkir tidak terlalu luas, datanglah lebih awal agar mendapat tempat parkir.

Lokasi Kampung Karuhun

Kampung Wisata ini terletak di Jalan Pagarbetis, Desa Citengah, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Akses jalan sangat mulus, namun cukup sempit untuk dilalui mobil dan bus.

Berikan Rating

4.5 - 73 Pembaca

Berikan Nilai

Harga dapat berubah sewaktu-waktu terutama pada saat peak season seperti Hari Raya Lebaran, Musim Liburan serta Natal dan Tahun Baru. Oleh karena itu ada baiknya pembaca langsung menghubungi kontak tempat wisata atau akomodasi terkait. Meskipun begitu kami juga secara berkala melakukan pembaruan harga.
Bagikan konten ke:

4 Komentar

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  1. Untuk informasi harga tiket masuk dan fasilitas yang didapat. Bisa langsung di cek di bawah tabel tiket masuk. Terima kasih

  2. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi pihak Kampung Karuhun melalui Whatsapp ke nomor 08112182015. Terima Kasih

  3. Apakah udah boleh kalo kita mau besok lusa berkunjung kesana…bolehkah saya minta no wa yg dapat di hubungi kok kita mau ke kampung Karuhun ini