Beranda Tiket Wisata

KEBUN RAYA BATAM Tiket & Pesona Keindahan - Juli 2020

Kebun Raya Batam Harga Tiket: Gratis Jam Buka: 08.00 - 18.00 No. Telepon: - Alamat: Jl. Hang Lekiu, Sambau,Nongsa,Batam,Jawa Timur,Indonsia,29465.

Kebun Raya Batam di kawasan Nongsa menambah daftar atraksi wisata Batam, Kepulauan Riau. Lokasinya sangat ideal dikunjungi wisatawan karena berada dekat dengan beberapa resort dan pelabuhan. Destinasi ini memiliki ribuan koleksi keanekaragaman hayati bertema konservasi tumbuhan pulau-pulau kecil Indonesia.

Diresmikan sejak 22 Desember 2018, jumlah koleksi tanaman yang ada di taman ini makin beragam. Objek wisata ini digadang-gadang akan menyaingi Botanic Garden milik Singapura.

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Batam

Kebun raya ini belum menetapkan biaya tiket masuk bagi pengujung. Jadi wisatawan yang berencana ke taman rekreasi ini tidak perlu khawatir karena harga tiket masuknya masih gratis.

Harga Tiket Masuk
TiketGratis

Baca: Tempat-tempat Wisata Menarik di Batam

Jam Buka

Kawasan kebun wisata ini dibuka mulai pagi hingga sore hari. Wisatawan bisa bebas memilih hari yang tepat untuk kunjungan. Karena taman ini buka setiap hari.

Waktu operasionalJam Buka
Senin – MingguPk. 08.00 – 18.00

Keindahan Kebun Raya Batam Dengan Beragam Koleksi Tanaman

area taman di kebun raya batam
Area kebun dengan taman-taman dan jalan setapak- Foto : GoogleMaps/Imam Mukromin

Kebun Raya Batam memiliki beragam fasilitas yang telah tersedia. Antara lain kantor pengelola, gapura, jalan aspal, embung, pembibitan, dan rumah kaca. Danau buatan, kolam air hingga gazebo turut melengkapi taman.

Taman-taman dibuat tematik dengan zona pembagian wilayah. Laboratorium, Gedung Konservasi, Botanocal Viewing Tower, Gedung Herbarium, serta Botanical Skyway terus dikembangkan. Dengan desainnya, taman ini sangat cocok menjadi destinasi wisata bersama keluarga.

Baca: Mega Wisata Ocarina Tiket & Wahana

Menyusuri Taman

jalan setapak menyusuri area taman
Jalan setapak paving block yang disediakan bagi wisatawan yang ingin berkeliling area kebun. Foto: instagram/msydindaputri23

Kebun Raya Batam memiliki luas sekitar 86 hektar dengan koleksi habitan tumbuhan yang terus bertambah. Ruang terbuka hijau ini menjadi wahana konservasi kekayaan flora dan penghasil oksigen kota. Kehadirannya juga merupakan salah satu upaya menjalankan fungsi jasa lingkungan sebagai paru-paru kota.

Wisatawan dapat bersantai menikmati hamparan ribuan koleksi ragam tanaman. Sebuah danau buatan dengan kolam air dibangun untuk memperindah kawasannya. Menjelajah lanskapnya yang berbukit-bukit, wisatawan dapat menyusuri jalan-jalan yang membelah taman.

Beristirahat di Gazebo

gazebo warna-warni
Beristirahat dan berteduh pada gazebo di tengah taman – Foto : Instagram/marini_srianti

Untuk bersantai pengujung bisa menggunakan gazebo yang dibangun di tengah taman. Kawasan wisata ini berada pada ruang terbuka dengan limpahan sinar matahari. Tempat ini menjadi spot favorit wisatawan untuk berteduh sekaligus berfoto ria.

Maskot Ikon Wisata

pintu masuk taman palem kebun raya batam
Jalan santai menikmati Taman Palem – Foto : Instagram/fitta_gezt

Kebun Raya Batam memiliki pohon Nibun sebagai maskot yang dikukuhkan sejak persemiannya. Tanaman yang bernama ilmiah Oncosperma Tigillarium merupakan palem-paleman liar yang tersebar di pesisir Kepri. Nibung tumbuh berumpun yang melambangkan simbol persaudaraan.

Seiring eksplorasi, koleksi spesies ikon utama yakni Kantung Semar (Nepenthes) juga bertambah. Bersama Nibung, Kantung Semar menjadi ikon Kebun Raya Batam.

Selain tanaman mascot, di sini juga memiliki berbagai koleksi tanaman khas. Antara lain anggrek raksasa (Grammatophyllum speciosum), gaharu (Aquilaria hirta), dan bintangur (Calophyllum spp).

Baca: TOP 100 Waterpark Tiket & Wahana

Menjelajah Zona Taman

berbagai zona taman
Berfoto dengan latar ornamen – Foto : Instagram/fitta_gezt

Kebun ini bertemakan Konservasi Tumbuhan Pulau-pulau kecil di Indonesia. Koleksinya disusun berdasarkan biogeographic region yang dibagi dalam beberapa zona.

Wisatawan dapat menjumpai koleksi zona Sunda Land, Wallacea, New Guinea, serta zona Oceania. Wisatawan juga dapat menjelajah ke zona Other World untuk melihat koleksi kepulauan wilayah dunia lainnya.

Aneka Taman Tematik

Taman Tematik di Kebun Raya Batam Kepulauan Riau - vhie_96
Taman Tematik warna-warni – Foto : Instagram/vhie_96

Kebun Raya Batam menghias diri dengan adanya taman-taman tematik yang menarik perhatian wisatawan. Terdapat beberapa taman seperti berupa maze garden, flower garden, hingga children garden. Taman-taman tematik menjadi salah satu kekuatan kebun raya ini.

Selain itu kawasan pesisir yang berupa hutan mangrove tetap dipertahankan sebagai forested zone. Hutan bakau tersebut dapat diakses dengan menggunakan jembatan atau track dari kayu.

Wahana Edukasi dan Penelitian

Kontur lanskap taman yang berbukit-bukit di Kebun Raya Batam Kepulauan Riau - Adi Kurniawan
Menyusuri jalan yang membelah lanskap taman berbukit-bukit – Foto : GoogleMaps/Adi Kurniawan

Selain destinasi wisata, penataan kebun raya bertujuan membentuk kawasan konservasi tumbuhan dan pendidikan botani. Kebun Raya Batam juga menjalankan fungsi sebagai tempat penelitian. Keberadaan merupakan upaya melindungi keanekaragaman hayati terutama berbagai jenis tumbuhan pulau-pulau kecil Indonesia.

Lebih dari 2.500 koleksi tanaman dan terus bertambah jumlah serta ragamnya di kebun ini. Tanaman dan pohon tersebut terdiri atas 28 famili, 149 genus, 193 jenis, dan 824 spesies. Lebih dari 10.000 bibit dibudidayakan di taman yang dibangun LIPI bersama Kementrian PUPR ini.

Lokasi Kebun Raya Batam

Taman rekreasi ini berjarak sekitar 20 km dari pusat Kota Batam. Untuk menuju lokasi wisata dapat ditempuh dalam waktu 35 menit melalui jalur darat. Tepatnya di Jl. Hang Lekiu, Sambau, Kecamatan Nongsa, Kota Batam, Kepulauan Riau 29465.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini