PANTAI BALONGAN INDAH Harga Tiket, Jam Buka & Aktivitas Maret 2024

PANTAI BALONGAN INDAH

  • Harga Tiket Masuk: Rp7.500 - Rp12.500
  • Jam Buka: 07.00 - 17.00 WIB
  • Nomor Telepon: -
  • Alamat: Jalan Raya Balongan, Balongan, Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Indonesia, 45217

Bali 2, kerap kali menjadi sebutan untuk Pantai Balongan Indah. Bali adalah singkatan dari nama Balongan Indah. 2 diartikan sebagai pantai yang keindahannya seperti Bali, dan yang pertama ada di Bali. Untuk mendukung penyematan nama ini, kawasan pantai juga dihiasi dengan berbagai ornamen khas Bali.

Pantai ini terbilang paling kecil di antara pantai lain di Indramayu. Namun, pantai ini juga yang menyandang predikat paling bersih. Wisatawan dapat berjalan santai di tepi pantai tanpa terhalang oleh sampah yang berserakan. Di sini juga terdapat arena permainan anak yang bisa dinikmati secara gratis.

Harga Tiket Masuk Pantai Balongan Indah

Syarat masuk ke sini, wisatawan akan dikenakan tarif masuk mulai dari Rp7.500 – Rp12.500. Tarif yang berbeda antara pengunjung dewasa dengan harga untuk anak-anak. Ditambah lagi tarif parkir yang juga harus dibayarkan sesuai dengan kendaraan. Meski begitu, tarifnya masih terjangkau dan sesuai dengan yang keindahan pantai ini.

Jenis Tiket Harga Weekday / Weekend
Tiket Masuk Anak 3 – 10 TahunRp7.500 / Rp10.000
Tiket Masuk DewasaRp10.000 / Rp12.500
Harga Tiket Masuk Pantai Balongan Indah

Baca: Pantai Tiris Tiket & Daya Tarik

Jam Buka Pantai Balongan Indah

Objek wisata ini buka dari pagi hingga sore sepanjang hari. Waktu terbaik untuk menikmati pantai di pagi atau sore hari.

Hari Jam Buka
Setiap Hari07.00 – 17.00 WIB
Jam Buka Pantai Balongan Indah

Pesona Pantai Bersih dan Indah di Indramayu

Perahu yang Bersandar di Dermaga
Perahu yang Bersandar di Dermaga. Foto: Gmap/Ardi Art

Pasir cokelat kehitaman akan menyambut wisatawan tatkala memasuki kawasan pantai. Butirannya yang halus seperti lada membuat nyaman siapa pun yang memijakkan kaki di atasnya. Ombak yang bergulung-gulung menimbulkan suara khas yang terdengar di seluruh penjuru. Air laut tampak biru kecokelatan, yang membawa kesan eksotis tersendiri di sini.

Tak jauh dari pesisir pantai, terdapat bebatuan berjajar yang berfungsi sebagai pemecah ombak. Hal ini berguna untuk penghalau ombak besar, supaya tidak terjadi abrasi dan tidak masuk ke area pantai. Dulunya, pemecah abrasi ini belum ada, namun karena sering terjadi abrasi maka dibangunlah pemecah ombak. Namun justru keberadaannya menambah keindahan tersendiri di tepi pantai.

Selain pemecah ombak, ada juga dermaga dari beton yang menjorok ke laut. Dari dermaga ini, wisatawan dapat berfoto lebih dekat dengan lautan. Di dermaga ini juga menjadi tempat bersandar perahu-perahu nelayan dan perahu wisata. Perahu yang terparkir ini pun menjadi pemandangan menarik tersendiri di kawasan pantai.

Ornamen Khas Bali dan Spot Foto Ikonik

Ikon Tulisan Bali di depan Pantai
Ikon Tulisan Bali di depan Pantai. Foto: Gmap/Hilman Firmansah

Meskipun jauh dari Pulau Bali, tempat ini juga memiliki nuansa bali. Di mana sekitar pantai penuh hiasan ornamen khas Pulau Dewata. Seperti payung bersusun, kain poleng kotak yang melilit pohon, hingga gapura batu bata. Membuat nuansa pantai di Bali begitu terasa di sini.

Selain itu, di pintu masuk sebelum ke pantai, terdapat sebuah spot ikonik. Spot dengan tulisan “Bali” dan “Balongan Indah” yang berwarna-warni. Wisatawan seringkali menjadikan tempat ini sebagai spot foto favorit. Untuk menunjukkan bahwa pernah mengunjungi objek wisata ini.

Bermain Air dan Berenang di Tepi Pantai

Pantai Balongan Indah memiliki ombak yang terbilang tenang. Hanya sesekali saja ombak tinggi ketika pasang. Oleh karena itu, kawasan pantai cukup aman untuk digunakan berenang.

Wisatawan bisa langsung berenang di sekitar area pantai. Karena di lokasi ini kedalaman air masih dangkal. Pelampung juga banyak digunakan oleh wisatawan untuk bermain-main. Tampak juga anak-anak yang bermain dengan pelampung didampingi oleh orang tua mereka.

Selain itu, wisatawan juga bisa bermain di area berpasir tepian pantai. Pasir yang lembut sangat seru digunakan untuk bermain. Apalagi untuk dibentuk menjadi istana pasir. Permainan favorit anak-anak ketika di pantai.

Berburu Foto dengan Eksotisme Matahari

Matahari Terbit di Pantai
Matahari Terbit di Pantai. Foto: Gmap/eko wahyu

Objek wisata ini terkenal akan pemandangan matahari terbit dan terbenam yang indah. Begitu eksotis khas pemandangan pantai tropis. Untuk menikmati pemandangan ini, wisatawan bisa datang saat fajar. Ketika matahari belum terbit.

Wisatawan bisa menanti munculnya matahari di pesisir pantai, atau di kawasan dermaga. Adanya pemecah ombak di depan pantai tidak menghalangi pandangan. Wisatawan tetap bisa menyaksikan indahnya matahari yang perlahan muncul tanpa halangan.

Begitu juga di sore hari, wisatawan dapat menanti tenggelamnya matahari senja. Pemandangan langit yang biru perlahan mulai menggelap seiring matahari yang kembali ke peraduannya. Membawa suasana panas siang hari, berganti dengan sejuk angin sore yang menenangkan. Saat-saat ini sangat indah jika diabadikan dengan berfoto.

Kawasan Breakwater yang Menarik

Breakwater Pemecah Ombak
Breakwater Pemecah Ombak. Foto: Gmap/Supri Yatno

Selain pantai, kawasan lain yang tak boleh dilewatkan adalah kawasan breakwater. Tumpukan batu-batuan berukuran beraneka macam dengan bentuk abstrak, menghampar di pinggir pantai. Wisatawan bisa berfoto-foto di area breakwater ini.

Pemandangan akan semakin menakjubkan ketika ada ombak yang menghantam kawasan breakwater. Ombak akan tampak tinggi dan megah. Sebuah fenomena alam unik dan menarik.

Taman Bermain Anak yang Seru

Di kawasan pantai, juga terdapat sebuah arena permainan anak. Wisatawan bisa menggunakan permainan di sini secara gratis. Ada jungkat jungkit, ayunan, papan luncur, serta permainan lainnya.

Taman bermain pun begitu nyaman karena dikelilingi dengan pepohonan rimbun. Yang membuat kawasan tempat bermain menjadi teduh.

Fasilitas Pantai Balongan Indah

Di sini terdapat fasilitas umum dengan kondisi memadai. Tersedia musala, kamar bilas, area parkir, toilet, serta warung-warung. Warung di sini menggunakan bangunan semi permanen, yang menjual makanan minuman serta cenderamata.

Lokasi Pantai Balongan Indah

Pantai ini berlokasi di Jalan Raya Balongan, Balongan, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu.

Berikan Rating

4.4 - 23 Pembaca

Berikan Nilai

Bagikan konten ke: