Beranda Tiket Wisata

Pantai Tiris Tiket & Daya Tarik – Desember 2022

0
Harga Tiket Masuk Pantai Tiris Indramayu : Rp5.000Jam Buka: 24 JamNo. Telepon: -Alamat: Jalan Kali Cilik Desa Pabeanilir, Pasekan, Indramayu, Jawa Barat, Indonesia, 45219

Pantai Tiris Indramayu kawasan wisata pantai dengan panorama yang masih sangat alami dan perawan. Laut biru dan hamparan pasir kecokelatan adalah daya tarik utamanya. Keindahannya semakin terasa dengan hadirnya hutan Mangrove di sekitar pantai.

Keberadaan tanaman Mangrove bertujuan untuk mencegah abrasi air laut. Makanya jangan heran jika selama perjalanan menuju lokasi akan terlihat rimbunnya Mangrove. Selain itu pohon Cemara laut ikut melengkapi suasana pantai.

Harga Tiket Masuk Pantai Tiris Indramayu

Warga setempat selaku pengelola Pantai Tiris tidak menetapkan tarif tiket yang terlalu mahal. Meskipun tidak malah pengunjung sudah bisa menjelajah kawasan pantai sepuasnya. Sekaligus melihat pemandangan alamnya yang luar biasa indah.

Harga Tiket Pantai Tiris Indramayu
Tiket masuk Rp5.000

Baca: PANTAI TIRTAMAYA Indramayu: Tiket & Ragam Aktivitas

Jam Buka Pantai Tiris Indramayu

Pantai Tiris atau Paris selalu terbuka untuk kunjungan wisatawan setiap hari. Baik di hari biasa, akhir pekan, dan libur nasional. Untuk waktu bukanya dari pagi sampai malam hari. Bisa dibilang kawasan ini buka selama 24 jam.

Jam Buka
Setiap hari 24 jam

Pesona Pantai Tiris Indramayu

Pantai Tiris Indramayu memiliki sejumlah daya tarik yang masih jarang diketahui. Terutama keindahan pantai, hutan, serta spot foto menarik. Misalnya Hutan Mangrove, Menara Eiffel, rumah panggung mini, dan pesona pantainya. Sejatinya kawasan ini tidak dikelola oleh pemerintah, melainkan oleh warga Desa Pabean Ilir sendiri.

Rimbunnya Pepohonan Hijau Di Hutan Mangrove

Salah satu keunikan yang dimiliki Pantai Tiris adalah rimbunnya pepohonan di Hutan Mangrove. Letaknya berada di sepanjang jalan menuju lokasi wisatanya. Selama berkendara pengunjung mendapat suguhan pemandangan Mangrove serba hijau. Sebenarnya kawasan tersebut merupakan pusat konservasi yang berdiri di lahan seluas 20 hektare.

Pengunjung tidak hanya bisa melihatnya dari jarak dekat. Tetapi juga bisa menjelajah area hutannya secara langsung. Warga desa telah menyediakan sarana jalannya berupa jembatan. Bentuknya memanjang dan terbuat dari kayu.

Baca: PANTAI KARANGSONG Indramayu: Tiket & Ragam Aktivitas

Miniatur Menara Eiffel

Bangunan Menara Eiffel di Pantai Tiris.
Menara Eiffel salah satu spot foto yang ada di sekitar pantai dan bisa dinaiki hingga ke atas. Foto : Googlemap/Muhammmad Hasbi Assiddqi

Menara Eiffel tidak hanya bisa ditemukan di Kota Paris saja. Ternyata di wisata Pantai Tiris juga ada. Namun yang satu ini hanya berbentuk bangunan miniaturnya saja. Ukurannya juga tidak sebesar menara aslinya.

Meskipun hanya miniatur, pengunjung sudah merasa senang bisa berfoto di depan Menara Eiffel ini. Selain itu pengunjung juga bisa naik ke atas menaranya. Ada tangga kecil di sisi sebelah kiri untuk menuju lantai atas.

Dengan menaiki menara Eiffel pengunjung bisa melihat keindahan alam sekitar pantai dari ketinggian. Dari kejauhan terlihat gugusan laut biru beserta hamparan pasir cokelat berkilauan. Terdengar juga kemerduan suara burung camar yang terbang di atas langit biru.

Baca: PANTAI GLAYEM Tiket & Daya Tarik

Rumah Panggung Mini

Selain menara Eiffel ada juga spot foto rumah panggung mini yang terbuat dari bambu. Bentuk rumahnya segitiga dengan ukuran tidak terlalu luas. Dindingnya terbuat dari anyaman bambu bermotif ketupat. Di bagian tengah hanya terdapat 2 jendela dan 1 pintu.

Untuk masuk ke dalam rumah pengunjung bisa menaiki anak tangga di sisi kiri. Tidak usah takut jatuh, di kedua sisinya terdapat pegangan kayu bambu yang kokoh. Bagian bawah rumah ada gazebo kecil yang bisa menjadi tempat bersantai. Sebenarnya rumah tersebut adalah sekretariat KNTI (Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia).

Baca: 7 Wisata Pantai Populer di Indramayu

Pesona Pantai yang Memukau

Pemandangan Pantai Tiris Indramayu.
Pantai Tiris Indramayu menawarkan pemandangan alam laut biru dengan hamparan pasir berwarna kecokelatan menghiasi bibir pantai. Foto : Googlemap/Krisnadi

Keindahan pantai di Indonesia memang tidak ada habisnya. Kehadiran Pantai Tiris semakin menambah kekayaan pariwisata dalam negeri. Khususnya di wilayah Kabupaten Indramayu yang terkenal akan pesona pantainya.

Kawasan Pantai Tiris menawarkan sejumlah pemandangan alam yang luar biasa. Sejauh mata memandang tampak air laut kebiruan dengan gulungan ombak tidak terlalu besar. Terlihat juga hamparan pasir kecokelatan menghiasi bibir pantainya. Teksturnya yang lembut membuat wisatawan merasa nyaman jalan-jalan tanpa mengenakan alas kaki.

Suasananya masih sangat alami karena masih jarang tersentuh tangan manusia. Suasana pantai terasa sepi karena jumlah kunjungan turis belum terlalu banyak. Siapa pun bersantai di kawasan ini rasanya seperti punya pantai pribadi. Pengunjung bisa bermain sepuasnya tanpa harus berdesakan dengan pengunjung lainnya.

Panorama Sunset Di Sore Hari

Pesona Sunset di Pantai Tiris Indramayu.
Pantai Tiris Indramayu memiliki pesona sunset memukau yang bisa meghilangkan rasa penat dalam sekejap. Foto : Googlemap/Puja Sudarmawan

Satu fenomena penting yang selalu dinantikan pengunjung Pantai Tiris adalah panorama sunset. Kebanyakan yang berkunjung karena ingin melihat keindahan matahari terbenam. Biasanya yang menjadi lokasi titik tunggu ada di pondok dan jembatan tepi pantai. Namun sebagian besar pengunjung lebih suka menunggu dengan duduk di atas pasir pantainya.

Sunset di kawasan ini berbeda dengan pantai lainnya. Warna kekuningan cahaya matahari terlihat begitu jelas memancar ke seluruh penjuru langit sore. Campuran warna biru, kuning, dan oranye menciptakan gradasi warna bak lukisan seniman andal. Saat matahari mulai meninggalkan persinggahannya, langit secara perlahan mulai dipenuhi warna kegelapan.

Fasilitas Pantai Tiris Indramayu

Fasilitas pendukung di wisata ini lumayan memadai. Tersedia musala berukuran sedang untuk tempat ibadah orang muslim. Ada juga area parkir yang luas dekat musala. Fasilitas lainnya ada gazebo, toilet, dan beberapa warung kecil milik warga setempat.

Lokasi Pantai Tiris Indramayu

Pantai ini berlokasi di Jalan Kali Cilik Desa Pabeanilir, Kecamatan Pasekan, Kab. Indramayu, Jawa Barat. Jalan menuju pantai masih belum bisa dilalui mobil. Hanya sepeda motor saja yang bisa masuk. Karena ukuran jalannya sangat sempit dan sedikit terjal.

Tanggapan:

4.4 / 5. dari 18

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini