Beranda Tiket Wisata

PANTAI KARANGSONG Indramayu: Tiket & Ragam Aktivitas Desember 2021

Pantai KarangsongHarga Tiket: Rp15.000Jam Buka: 08.00 - 17.00No Telp: -Alamat: Blok Jl. Wanasari, Karangsong, Indramayu, Indramayu, Jawa Barat , Indonesia, -

Pantai Karangsong yang ada di Indramayu terbilang pantai yang unik dan menarik. Pasalnya, wisatawan tidak hanya dapat menikmati keindahan pantai saja. Tapi juga keteduhan hutan mangrove yang berada di kawasan pantai. Wisatawan pun dapat menikmati keseruan menjelajah hutan mangrove dengan menaiki perahu.

Harga Tiket Masuk Pantai Karangsong Indramayu

Objek wisata ini memberlakukan tiket masuk yang sangat terjangkau. Uniknya, tiket masuk didasarkan pada kendaraan yang digunakan wisatawan. Sehingga tidak dihitung per orang. Wisatawan juga dapat berkeliling dengan menaiki perahu.

Harga Tiket Masuk
MotorRp15.000

Baca: Pilihan Tempat Wisata Menarik di Indramayu

Jam Operasional

Objek wisata ini buka cukup siang. Namun, wisatawan dapat menikmatinya hingga petang.

Jam Operasional
Setiap hari08:00-17:00 WIB

Mengagumi Pesona Pantai Karangsong Indramayu

Senja di Pantai Karangsong
Senja di Pantai Karangsong. Foto: Gmap/Hidayat Asep

Pantai Karangsong menawarkan keindahan pantai dengan tanaman mangrove yang lebat. Pantai ini memiliki pasir yang hitam, namun begitu halus dan nyaman. Tidak terhalang juga oleh batuan karang sehingga wisatawan dapat memandang lautan lepas. Air laut meskipun tak tampak biru, namun begitu jernih.

Ombak lautan pun tidak terlalu tinggi, sehingga banyak wisatawan yang bermain di air laut. Ada yang berenang di tepian pantai, ada juga yang membawa pelampung untuk bermain. Tidak hanya itu, ada juga yang membawa perahu karet untuk bermain di tepian pantai. Perahu-perahu pun siap untuk disewa untuk menjelajah wilayah perairan.

Wilayah pasirnya begitu luas, dan tentunya terjaga kebersihannya. Di bagian belakang tepi pantai, terdapat pepohonan selain pohon mangrove. Sehingga pantai tampak begitu teduh dengan pepohonan tersebut. Wisatawan pun tampak nyaman menikmati waktu di pantai.

Berkeliling Hutan Mangrove

Berkeliling Hutan Mangrove dengan Perahu
Berkeliling Hutan Mangrove dengan Perahu. Foto: Gmap/Ai Explorer

Di sini terdapat kurang lebih 103,9 hektar pohon mangrove. Yang tumbuh dengan rapi diantara rawa-rawa di dekat pantai. Wisatawan dapat berkeliling hutan mangrove ini dengan menaiki perahu kayu. Dimana nantinya, perahu akan bermuara ke lautan dan dapat dilanjutkan menikmati laut.

Pohon-pohon mangrove ini difungsikan untuk mencegah terjadinya intrusi air laut. Intrusi air laut adalah kondisi air laut yang merembes melalui pori-pori di lapisan daratan kawasan sekitar pantai. Sehingga dapat menyebabkan air tanah berubah rasa, warna, hingga senyawa yang tak layak konsumsi. Keberadaan pohon-pohon mangrove ini membantu menyelamatkan kualitas air.

Tidak hanya kawasan air, tapi juga menjaga kestabilan dataran sekitar. Sehingga tidak terjadi penurunan tanah karena abrasi. Serta membantu terjadinya pembentukan pulau baru secara alami dari proses penumpukan endapan di sekitar akar mangrove. Dan alam pun akan semakin terjaga dengan baik.

Mangrove Rumah bagi Berbagai Jenis Hewan

Indah dan menawan, siapapun akan merasakan kedamaian ketika mengelilingi hutan mangrove. Sambil berkeliling, wisatawan akan mendengarkan suara hewan-hewan yang bersahutan. Damai dan menenangkan. Tak heran, karena hutan ini menjadi habitat bagi beragam jenis hewan, utamanya adalah burung.

Setidaknya terdapat kurang lebih 49 spesies burung dari 22 jenis dan 32 marga. Ada juga 17 spesies burung yang dilindungi oleh PP Nomor 7 Tahun 1999. Sesekali, wisatawan akan berpapasan atau melihat burung-burung ini melintas. Atau betapa gagahnya burung-burung ini bertengger diantara ranting-ranting pohon.

Berenang hingga Memancing di Pantai

Anak - anak tengah Asyik Bermain di Tepi Pantai
Anak-anak tengah Asyik Bermain di Tepi Pantai. Foto: Gmap/Desa berdaya telukagung indramayu

Pantai Karangsong memiliki ombak yang cukup tenang. Bukan tempat yang tepat untuk bermain selancar. Apalagi snorkeling atau diving, karena pemandangan bawah lautnya tidak terlalu terlihat. Sehingga, aktivitas utama wisatawan adalah bermain, berenang, serta memancing.

Tepian pantai yang cukup dangkal menjadi pilihan untuk berenang. Anak-anak hingga orang dewasa tak melewatkan kegiatan ini. Ada yang berenang langsung, ada juga yang menggunakan pelampung. Tak heran, banyak pelampung berjajar di tepian pantai milik wisatawan.

Selain itu, di sini juga tempat yang tepat untuk memancing. Wisatawan dapat mencari spot yang tepat dengan ikan melimpah. Sebaiknya membawa alat pancing sendiri. Serta ember dan jaring untuk menempatkan ikan hasil pancingan.

Duduk Santai di Saung

Saung di Pantai Karangsong
Saung di Pantai Karangsong. Foto: Gmap/Indra Hutagalung

Di pinggiran pantai terdapat saung-saung berjajar. Saung ini terbuat dari bambu dengan atap dari jerami. Duduk di sini sambil menikmati angin sepoi dari pantai sungguh menyenangkan. Apalagi berkumpul bersama teman atau keluarga.

Di sini biasanya wisatawan akan memakan bekal makanan. Karena di pantai sendiri tidak terdapat warung makan. Wisatawan harus pergi ke dekat tempat parkir untuk menemukan warung makan. Namun, wisatawan dapat membawa bekal untuk dapat dinikmati di tepi pantai.

Baca: PANTAI REMBAT Indramayu: Tiket & Ragam Aktivitas

Tidak hanya itu, saung ini juga dapat digunakan sebagai tempat untuk meletakkan barang-barang. Biasanya, wisatawan yang datang rombongan akan menyewa saung. Beberapa ada yang tinggal di saung dan beberapa ada yang bermain di pantai. Sehingga saung inilah tempat untuk menitipkan barang-barang.

Lokasi Pantai Karangsong Indramayu

Seperti namanya, objek wisata ini berada di Desa Karangsong, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Dari pusat Kota Indramayu, jaraknya kurang lebih 8 kilometer ke arah timur.

Tanggapan:

5 / 5. dari 1

Kasi Bintang