Beranda Tiket Wisata

Pantai DEWARUCI Jatimalang Tiket & Aktivitas September 2022

0
Harga Tiket Masuk Pantai Dewaruci Jatimalang : Rp5.000Jam Buka: 06.00-18.00No Telp: -Alamat: Dusun Patu, Desa Jatimalang, Purwodadi, Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia, 54173

Kabupaten Purworejo termasuk salah satu daerah yang terkenal dengan objek wisata pantai. Itulah alasan Kabupaten ini dijuluki Kota Pantai. Salah satu pantai yang ada di Purworejo adalah Pantai Dewaruci atau Pantai Jatimalang.

Pantai ini menjadi destinasi wisata pantai karena memiliki daya tarik tersendiri bagi peminatnya, seperti halnya Patung Dewa Ruci yang menjadi ikon pantai ini. Selain itu, pantai ini juga menawarkan pemandangan laut khas pantai Selatan Jawa dengan banyak fasilitas yang tersedia. Akan tetapi, fasilitas yang tersedia ada yang gratis, namun ada juga yang berbayar.

Harga Tiket Di Pantai Dewaruci Jatimalang

Untuk menikmati keindahan Pantai Dewaruci Jatimalang, pengunjung dikenakan biaya tiket yang sangat terjangkau, kecuali anak-anak. Tiket masuk yang ada di pantai ini belum termasuk tiket untuk fasilitas lainnya.

Harga Tiket Masuk
Dewasa /orangRp5.000
AnakGratis
Tiket Per Wahana dan Fasilitas seperti ATV, Kolam Renang, Gazebo,Rp10.000 – Rp50.000
Parkir MotorRp3.000
Parkir MobilRp5.000

Baca: PANTAI JETIS Purworejo Tiket Gratis Banyak Wahana

Jam Buka Pantai Dewaruci Jatimalang

Kawasan pantai buka setiap hari untuk masyarakat umum dengan jam operasional tersendiri. Siapa pun dan dari mana pun boleh datang ke pantai ini, asalkan tidak merusak lingkungan pantai.

Jam Operasional
Setiap Hari06.00-18.00

Daya Tarik Pantai Dewaruci Jatimalang

Masyarakat yang berlibur ke Pantai Dewaruci Jatimalang dijamin tidak akan kecewa. Karena kawasan pantai memiliki beberapa hal yang menjadi daya tarik tersendiri bagi semua kalangan usia. Inilah sebabnya pantai ini ramai kunjungan terutama pada saat akhir pekan atau hari libur.

Ikon Patung Dengan Tinggi Menjulang

Patung Dewa Ruci di Pantai Dewaruci Jatimalang
Patung Dewa Ruci menjadi ikon khas dari Pantai. Foto: Google Maps/Rifki Arif Wibowo

Pantai Dewaruci Jatimalang memiliki patung yang menjadi ikon khas dari pantai itu sendiri. Ikon tersebut adalah patung Dewa Ruci dengan tinggi 6 meter. Patung ini berada di bibir pantai. Sebagai informasi bahwa patung Dewa Ruci ini dibuat oleh seniman berdarah asli Bali yaitu Nyoman Alif yang berasal dari Muntilan pada tahun 2018.

Baca: GUNUNG GAJAH Purworejo Tiket & Ragam Pesona

Ombak dan Pasir yang Khas

Ombak dan pasir pantai dewaruci Jatimalang
Karakteristik ombak yang besar dengan pasir pantai berwarna hitam. Foto: Google Maps/Hartono

Pantai Dewaruci Jatimalang memiliki tipe garis pantai yang panjang dengan deburan ombak yang besar. Karakteristik tersebut merupakan ciri khas pantai Selatan Jawa. Namun, pantai ini memiliki pasir yang berwarna hitam dengan tekstur lembut.

Pengunjung tidak disarankan berenang di area Pantai. Jika hanya berdiri hingga duduk-duduk di sekitar pinggir pantai, maka masih diperbolehkan. Selain menikmati segarnya air, pengunjung juga bisa menemukan kerang-kerang kecil dengan bentuk yang lucu. Namun, harus tetap berhati-hati pada saat berada di pinggir pantai.

Pemandangan Pantai Dan Laut

Gazebo-gazebo di Pantai Dewaruci Jatimalang
Pengunjung bisa menyewa gazebo-gazebo untuk menikmati pemandangan laut. Foto: Google Maps/Yok

Selain keindahan Patung Dewa Ruci, Pantai ini memiliki pemandangan lingkungan alam sekitar yang indah. Deretan pohon cemara yang ada di sekitar pantai mendukung suasana pantai yang sejuk. Selain itu deretan pohon tersebut juga membentuk jalanan yang teduh.

Di sepanjang bibir pantai juga tersedia deretan gazebo yang beratapkan daun kering . Gazebo-gazebo ini bisa menjadi tempat beristirahat sambil menikmati indahnya pemandangan pantai. Namun, gazebo yang berada di pantai ini tidak gratis.

Meskipun begitu pengunjung bisa menempati gazebo tersebut sepuasnya hanya dengan satu kali bayar. Di sekitar pantai, pengunjung bisa menemukan beragam rumah makan yang menyediakan jajanan, makanan berat, olahan makanan laut hingga minuman dengan harga terjangkau.

Pada saat pagi hari, pantai ini menjadi tempat perahu-perahu nelayan untuk berlayar. Bahkan saat sore hari pun, pemandangan perahu-perahu pun ada karena nelayan menepi ke pantai. Hasil ikan dari melaut itu biasanya dijual di Pasar Ikan yang ada di sekitar pantai. Di samping liburan santai menikmati pantai, pengunjung juga bisa belanja oleh-oleh berupa ikan-ikan laut untuk di bawa pulang.

Wahana ATV

ATV termasuk transportasi yang disewakan di Pantai Dewaruci Jatimalang
Pengunjung bisa menyewa ATV untuk berkeliling Pantai. Foto: Google Maps/Ekosugeng Widodo

Sebagai objek wisata keluarga belum lengkap jika tidak ada wahana permainan. Selain menikmati pantai dengan jalan kaki, pengunjung bisa berkeliling pantai dengan beragam wahana yang tersedia. Di pantai ini terdapat penyewaan wahana permainan untuk berkeliling seperti ATV hingga kuda.

Kolam Renang Tepi Pantai

Kolam renang dengan papan seluncur dan ember tumpah di pantai Dewaruci Jatimalang
Kolam renang di tepi pantai sangat cocok  Foto: Google Maps/Dse

Selain wahana ATV di tepi pantai juga terdapat kolam renang yang berisi berbagai wahana. Kedalaman kolam cukup dangkal sehingga cocok bagi anak-anak. Sementara luasnya mencapai 50 meter persegi. Di dalam kolam renang anak-anak bisa bermain air dengan bola-bola atau permainan pancing-pancingan.

Terdapat Jalur Untuk Berolahraga

Jalur olahraga di pantai Dewaruci Jatimalang
Pengunjung bisa berolahraga di jalur yang sudah tersedia. Foto: Google Maps/ Mia Mia

Pantai Dewaruci Jatimalang memiliki jalur untuk olahraga seperti Joging dan bersepeda. Jalur ini terletak di sebelah Barat area Patung Dewa Ruci. Area jalur ini terdapat deretan tanaman dan pepohonan rindang yang semakin mendukung suasana pantai yang sejuk. Selain itu ada juga gazebo sebagai tempat untuk istirahat.

Masyarakat yang berolahraga di pantai ini akan mendapatkan bonus yaitu pemandangan langit yang indah. Jika Joging atau bersepeda di pagi hari, maka bisa sambil menikmati pemandangan matahari terbit. Sedangkan pada saat sore hari akan melihat pemandangan matahari terbenam. Masyarakat tidak akan rugi jika olahraga di sekitar pantai ini.

Alamat Pantai Dewaruci Jatimalang

Pantai wisata ini terletak di area yang cukup strategis. Lokasi tepatnya yaitu Dusun Patu, Desa Jatimalang, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah 54173. Dari Pusat Kota Purworejo, pantai ini hanya berjarak sekitar 20 km.

Tanggapan:

4.6 / 5. dari 28

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini