Beranda Tiket Wisata

PANTAI GLAGAH Panorama Unik Tiket Terjangkau September 2021

Pantai GlagahHarga Tiket: Rp6.000Jam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Glagah, Temon, Kulon Progo, DI Yogyakarta, Indonesia, 55654

Tidak jauh dari Yogyakarta International Airport, terdapat pantai indah bernama Pantai Glagah. Tepatnya berada di Kabupaten Kulon Progo, yang kini mulai naik daun objek wisatanya. Pantai ini tepat sebagai alternatif kunjungan apabila memiliki waktu transit yang tidak lama di bandara. Namun ingin tetap menikmati keindahan Yogyakarta.

Pantai ini memang tidak memiliki pasir putih layaknya pantai di Gunung Kidul. Namun, wisatawan akan bisa mendapatkan keindahan lainnya dengan pemandangan eksotis yang unik. Ada tetrapod yang menambah keindahan dan jadi daya tarik di sini. Bahkan, pantai ini memiliki laguna yang begitu indah.

Harga Tiket Masuk Pantai Glagah Kulon Progo

Objek wisata ini dapat dinikmati oleh semua kalangan. Harga tiket masuknya pun begitu terjangkau.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukRp6.000
Tarif Parkir
MotorRp3.000
MobilRp10.000
BusRp20.000

Baca Juga: 40+ Pantai Terbaik di Yogyakarta

Jam Operasional Pantai

Objek wisata ini dapat dinikmati selama 24 jam. Namun, umumnya wisatawan mengunjungi hanya pada pagi hingga sore hari.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Menikmati Eksotisnya Pantai Glagah

pantai berpasir hitam eksotis
Area tepi pantai yang penuh dengan tetrapod serta memiliki pasir hitam eksotik. Foto: Google Maps/karep subroto

Pantai Glagah adalah pantai yang memiliki pasir hitam nan lembut dan halus. Tentu hal ini berbeda dengan ciri khas pantai di Gunung Kidul. Meski demikian, keindahan Pantai Glagah tidak berkurang sedikitpun. Justru, wisatawan akan mendapatkan keindahan pantai eksotis yang memukau di sini.

Meski pasir pantai hitam, namun objek wisata ini memiliki air laut yang jernih. Ombaknya pun berdeburan dengan kencangnya menghantam pesisir pantai. Membuat suara riuh gelombang menjadi melodi tersendiri ketika berada di sini. Ditambah dengan tiupan angin laut yang menyambar pepohonan sehingga ikut melambai.

Di sini, wisatawan tidak akan menjumpai batu karang sebagai pemecah gelombang ombak. Sebagai gantinya, deretan tetrapod memenuhi pesisir pantai. Menumpuk seolah karang yang menjadi penghalang ombak. Meski penuh dengan tetrapod, keindahan pantai ini seolah tidak pernah tertutup.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Terbaik di Kulon Progo

Pemandangan Tetrapod Pemecah Ombak Pantai Glagah

Tetrapod di Tepian Pantai Glagah
Tetrapod di Tepian Pantai Glagah. Foto: Gmap/Taufiq Herry Ramadhan

Ombak di objek wisata ini cukup besar. Karena tidak ada karang sebagai pemecah gelombang, maka dibangunlah tetrapod. Tetrapod adalah struktur beton berkaki empat yang berfungsi sebagai pemecah gelombang ombak. Supaya tidak masuk terlalu jauh ke bibir pantai, dan menghalangi ombak masuk ke pantai.

Tetrapod ini menjadi dinding yang berada di kanan dan kiri jalan setapak. Jalan setapak ini memanjang dari pesisir pantai menuju ke dermaga, ke arah laut. Keberadaan tetrapod inilah yang menjadi daya tarik utama wisatawan berkunjung ke sini. Bahkan, wisatawan tidak pernah melewatkan berfoto di area ini, baik menaiki tetrapod atau di jalan setapaknya.

Lebih unik lagi, ada juga wisatawan yang berfoto dengan latar belakang ombak yang sedang menghantam. Wisatawan akan berlari ke arah kamera sementara ombak sedang tinggi menghantam. Seolah-olah sedang dikejar oleh gelombang ombak yang tinggi. Padahal sebenarnya jaraknya masih jauh, namun momen ini begitu unik dan digemari wisatawan.

Baca Juga: Wisata Mangrove Kulon Progo Tiket & Aktivitas

Bersantai di Laguna

Perahu di Laguna Pantai Glagah
Perahu di Laguna Pantai Glagah. Foto: Gmap/Ahmad trasno Wibowo

Tak hanya pantai, objek wisata ini memiliki laguna dengan air yang tenang dan jernih. Laguna ini terbentuk dari bagian daratan yang agak cekung, berisi air laut pasang. Cekungan ini lama kelamaan membentuk telaga luas yang berair tenang. Tepiannya pun ditumbuhi dengan berbagai tanaman liar, yang membuatnya tampak asri dan subur.

Di pantai, wisatawan tidak dapat bermain karena ombaknya yang tinggi. Serta tetrapod yang menghalangi, sehingga sangat berbahaya jika langsung masuk ke area pantai. Sebagai gantinya, wisatawan dapat bermain-main di kawasan laguna. Telah tersedia berbagai wahana permainan di laguna ini.

Ada perahu kayuh, kano, serta sampan kecil sewaan untuk berkeliling laguna. Lokasinya yang tenang membuat kawasan ini lebih aman daripada di pantai. Dan tentunya sangat menarik bagi wisatawan keluarga serta anak-anak. Laguna ini pun terbilang teduh, dengan pepohonan di kanan dan kirinya.

Baca Juga: 5 Daya Tarik Wisata Waduk Sermo

Berkunjung ke Agrowisata Kusumo Wanadri

Agrowisata Kusumo Wanadri
Agrowisata Kusumo Wanadri. Foto: Gmap/Savrina Prabandari

Tak jauh dari kawasan pantai, terdapat kebun buah naga bernama Agrowisata Kusumo Wanadri. Dulu, tempat ini adalah semak belukar yang mengelilingi pantai. Kemudian pada tahun 2003 seorang tokoh terkemuka di sana mengubah semak belukar. Menjadi tempat budidaya buah naga, yang kini menjadi agrowisata.

Di sini, wisatawan dapat membeli buah naga dengan harga yang terbilang murah. Buahnya pun baru saja dipetik dari pohon, sehingga pastinya lebih segar. Ditambah lagi, di sini wisatawan juga akan mendapatkan informasi mengenai buah naga. Mulai dari proses penanaman, perawatan, dan khasiat dari buah naga.

Tak hanya kebun buah, di sini juga terdapat area bermain outbound. Wisatawan dapat mencoba flying fox, voli pantai, kano, futsal, dan lainnya.

Memancing di berbagai Spot

Memancing di Area Tetrapod
Memancing di Area Tetrapod. Foto: Gmap/Bert Mastenbroek

Pantai Glagah memiliki beberapa spot untuk memancing. Yang paling digemari wisatawan adalah di area tetrapod dan kawasan laguna. Di tetrapod, tentunya wisatawan harus menghadapi ombak yang besar ketika menghantam. Meskipun memanjat cukup tinggi, namun cipratannya akan tetap menciprati ketika memancing.

Pemancing yang sudah cukup berpengalaman yang tepat di spot ini. Tentu akan ada tantangan tersendiri ketika memancing di sini.

Sementara di laguna, kawasannya lebih tenang untuk memancing. Ikannya juga beragam, seperti ikan kakap bakau, belanak, betik, nila, dan ikan gabus. Untuk umpan, wisatawan dapat menggunakan cacing dan lumut. Di pinggir laguna, juga terdapat udang kecil yang dapat ditangkap sebagai umpan memancing.

Lokasi Pantai Glagah Kulon Progo

Berlokasi di Desa Glagah, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo. Tepatnya berjarak 43 kilometer dari pusat Kota Jogja. Atau 10 kilometer dari Yogyakarta International Airport.

Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini