Beranda Tiket Wisata

Pantai Ketawang Tiket & Ragam Wahana – Desember 2022

0
Harga Tiket Masuk Pantai Ketawang : GratisJam Buka: 06.00 - 18.00No. Telepon: -Alamat: Sengoro Wetan, Ketawangrejo, Grabag, Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia, 54265

Pantai Ketawang merupakan salah satu destinasi wisata pantai yang menarik di Purworejo. Salah satu daya tariknya yaitu menara mercusuarnya yang terletak di tengah area rawa dan sawah. Di sebelah barat pantai terdapat Karst Gombong. Tidak hanya itu, pantai ini juga memiliki pasir yang hitam dan lembut. Pantai ini memiliki nama lain yaitu Pantai Ketawang Indah yang lokasinya tak jauh dari Pantai Jetis.

Dari pantai ini juga bisa terlihat pemandangan Pegunungan Sewu dan Pegunungan Menoreh di sebelah timur. Area rawa yang ada di pantai ini dimanfaatkan sebagai irigasi dan kolam ikan. Selain itu, di sekitar pantai juga ditumbuhi oleh pohon cemara. Kegiatan lain yang bisa dilakukan di pantai ini selain bermain air yaitu berkemah dan memancing.

Harga Tiket Masuk Pantai Ketawang

Untuk masuk ke area pantai ini pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk. Biaya yang perlu dibayar di sini yaitu untuk parkir. Selain itu, jika ingin masuk ke mercusuar maka harus membayar Rp5.000 per orang.

Tiket Masuk
Per orang Gratis
Fasilitas dan Wahana
Parkir motor/mobil Rp3.000/Rp6.000
Mercusuar Rp5.000
ATV Rp30.000/10 menit
Naik Kuda Biasa/Kuda Jingkrak Rp10.000/Rp15.000
Sewa tenda Rp20.000

Baca: Destinasi Wisata Pilihan di Purworejo

Jam Operasional

Pantai Ketawang bisa diakses oleh pengunjung setiap hari mulai dari pukul 06.00 sampai 18.00. Waktu terbaik untuk berkunjung ke sini yaitu saat pagi dan sore hari. Pada waktu tersebut pengunjung bisa melihat matahari terbit dan terbenam. Selain itu, jika berkunjung pada waktu tersebut maka cahaya matahari terasa tidak terlalu panas.

Jam Operasional
Setiap hari 06.00-18.00

Menyaksikan Panorama Pantai dari Puncak Mercusuar

Pemandangan yang diambil dari puncak mercusuar
Pemandangan yang didapat ketika berada di puncak mercusuar yaitu garis pantai, sawah,, pepohonan cemara, dan lain sebagainya. Foto: Google Map/Mudrick Widodo

Salah satu wahana yang menarik perhatian pengunjung di sini yaitu menara mercusuar yang didikan di dekat area rawa dan sawah. Mercusuar ini bisa diakses oleh umum hanya dengan membayar tiket masuknya. Untuk sampai ke puncaknya, terlebih dahulu harus menaiki anak tangga yang cukup banyak.

Bagian atas menara menjadi salah satu tempat favorit untuk melihat pemandangan. Hampir seluruh wilayah Pantai Ketawang bisa terlihat dari sini. Pemandangan tersebut seperti garis pantai, birunya laut dan langit adalah pemandangan yang bisa terlihat.  Selain itu, pemandangan rimbunan pohon cemara dan sawah yang ada di bawahnya juga nampak indah.

Baca: 12 Destinasi Wisata Pantai Terbaik di Jawa Tengah

Menikmati Suasana Pantai dari Gazebo Pantai Ketawang

festival layang-layang di pantai ketawang
Salah satu atraksi menarik di Pantai Ketawang yaitu menonton ribuan layang-layang di atas langitnya. Foto: Google Maps/ Lathisya Nada

Hal yang menarik dari pantai ini yaitu tersedianya gazebo yang cukup banyak. Hal itu membuat pengunjung bisa menikmati suasana pantai dengan nyaman. Setelah lelah bermain air, duduk di gazebo bisa menjadi pilihan untuk melepas lelah. Bersantai di gazebo bisa dilakukan sambil mendengarkan musik atau deburan ombak. Tak hanya itu dari gazebo juga bisa terlihat pemandangan matahari terbit dan terbenam. Nikmati pemandangan sambil mencicipi bekal atau jajanan yang ada di warung sekitar pantai.

Selain itu, dari sini bisa juga terlihat pemandangan beberapa pengunjung yang bermain layangan. Beragam bentuk dan ukuran layangan yang menarik terbang di langit pantai. Pemandangan lainnya yaitu pertunjukan kuda jingkrak yang sering berlangsung di tepi pantai. Kuda jingkrak yaitu dua ekor kuda yang berhadapan dan berjoget sambil mengangkat kaki depan. Awalnya, pertunjukan ini hanya berlangsung saat festival saja. Namun saat ini pengunjung bisa menonton bahkan ikut mencoba menaiki kuda jingkrak ini.

Beberapa Area Foto yang Menarik di Pantai Ketawang

Berfoto diJembatan Tamara Pantai Ketawang
Jembatan Tamara merupakan salah satu area foto di Pantai Ketawang yang menarik untuk diabadikan. Foto: Google Map/Ridwan

Pantai Ketawang memiliki area foto menarik yang cukup banyak. Salah satunya yaitu dari atas mercusuar. Dari sini seluruh pemandangan pantai akan terlihat jelas dan indah. Kemudian, lokasi lainnya yaitu Jembatan Tamara. Jembatan ini berlokasi di hutan cemara yang ada di sini. Tempat yang bagus untuk mengambil gambar yaitu di bawah plang nama jembatan.

Lokasi selanjutnya yaitu Menara Bintang dan Taman Payung. Hampir sama seperti di mercusuar, dari menara ini bisa melihat lebih luas pemandangan pantai. Menara ini terletak tak jauh dari bibir pantai. Lalu, Taman Payung merupakan area pohon cemara yang bagian atasnya terpasang cukup banyak payung. Payung tersebut terikat pada tali dan posisinya dalam bentuk terbuka dengan gagangnya menggantung di bawah.

Wahana yang Ada di Pantai Ketawang

Pengunjung yang naik ATV di Pantai Ketawang
Salah satu wahana untuk berkeliling pantai menggunakan mobil ATV selama 10 menit. Foto: Google Map/Pradana Yogy

Selain pantai dan mercusuar sebagai wahana utama, di sini terdapat beberapa wahana yang menarik. Wahana pertama menaiki mobil ATV. Pengunjung bisa menyewa dan berkeliling pantai dengan ATV selama 10 menit. Mobil ini bisa mengangkut 1 sampai 2 orang dewasa.

Tidak hanya menggunakan ATV, pengunjung bisa berkeliling pantai dengan menaiki kuda. Biasanya, untuk menaiki kuda maka akan didampingi oleh pawangnya agar lebih aman.

Lalu, di pantai ini juga terdapat wahana yang unik yaitu kebun binatang mini. Di kebun ini ada beberapa jenis hewan, seperti rusa, ayam, ular, biawak, ayam, dan landak. Wahana ini khusus bagi pengunjung yang masih anak-anak. Wahana berikutnya yaitu lokasi berkemah dan penyewaan tenda.

Jika ingin melihat pemandangan matahari terbit dan terbenam, maka berkemah adalah pilihan yang tepat. Selain menyenangkan, untuk berkemah tidak perlu membawa tenda dan bisa menyewanya di sini. Terakhir, di sini juga terdapat wahana mandi bola untuk anak-anak.

Fasilitas di Pantai Ketawang

Pantai ini memiliki fasilitas umum yang cukup lengkap, seperti toilet, musala, dan tempat parkir motor maupun mobil. Selain itu, di sini juga tersedia beberapa gazebo untuk beristirahat. Tidak hanya itu, di sini juga terdapat beberapa warung yang menjual makanan dan suvenir. Di sini juga dilengkapi dengan area foto dan wahana yang menarik untuk dicoba.

Lokasi Pantai Ketawang

Pantai Ketawang berlokasi di Dusun Ketawang, Desa Ketawangrejo, Kecamatan Grabag, Purworejo. Lokasi pantai ini bisa dijangkau menggunakan motor maupun mobil dengan nyaman. Untuk sampai ke sini sebaiknya menggunakan Google Map sebagai penunjuk arah. Jika menggunakan kendaraan umum, bisa melalui Purworejo menuju ke Grabag. Kemudian, untuk melanjutkan perjalanan, dari Grabag bisa menggunakan ojek menuju ke pantai.

Tanggapan:

4.1 / 5. dari 19

Berikan Rating