Beranda Tiket Wisata

GUNUNG GAJAH Purworejo Tiket & Ragam Pesona – Desember 2022

0
Harga Tiket Masuk Gunung Gajah : Rp5.000Jam Buka: 06.00 WIB - 18.00 WIBNo. Telepon: -Alamat: Dusun Klepu, RT.02/RW.02, Pendem, Pandanrejo, Kaligesing, Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia, 54175

Salah satu yang cukup unik dan menarik perhatian belakangan di Purworejo yaitu wisata Gunung Gajah. Meski namanya gunung namun sejatinya tempat ini adalah sebuah bukit dengan keindahan bentang alamnya. Memiliki ketinggian 884 Mdpl areanya masih termasuk ke dalam rangkaian perbukitan Menoreh.

Obyek wisata alam ini menawarkan pemandangan hijaunya bukit dan hutan yang menyegarkan mata. Dari puncak bukit juga bisa melihat cantiknya Waduk Sermo dari kejauhan. Suasananya masih asri. Di bawah puncak terhampar area hutan pinus yang sangat teduh. Karena berada di ketinggian tak jarang menjadi tujuan untuk menikmati sunset maupun sunrise.

Harga Tiket Masuk Gunung Gajah

Untuk menikmati panorama perbukitan Menoreh dari Gunung Gajah, wisatawan perlu membayar tiket masuk. Harga tiketnya masih murah meriah dan terjangkau. Kemudian ada biaya tambahan untuk parkir kendaraan.

Harga Tiket Masuk
Tiket Masuk Rp5.000
Parkir
Motor Rp2.000
Mobil Rp5.000

Baca:

Jam Buka Gunung Gajah

Wisatawan bisa datang kapan saja ke tempat ini. Obyek wisata Gunung Gajah buka setiap hari dengan jam operasional yang panjang. Waktu terbaik untuk berkunjung ke tempat ini adalah ketika cuaca cerah dan tidak hujan. Karena harus mendaki maka akses menuju ke puncak akan sulit dan licin pada saat hujan.

Jam Buka
Setiap Hari 06.00 WIB  – 18.00 WIB

Keindahan Kawasan Perbukitan Menoreh dari Gunung Gajah

Puncak gunung dengan spot foto
Dari puncak wisatawan bisa melihat hijaunya kawasan perbukitan Menoreh. Foto: Gmaps/Ahmad Bagus

Terletak di perbatasan Kulon Progo-Purworejo, Gunung Gajah masih termasuk ke dalam desa wisata Pandanrejo. Desa wisata ini sendiri masuk ke dalam 50 besar desa wisata terbaik di Indonesia. Bagi masyarakat sekitar tempat ini juga terkenal dengan sebutan Argoliman. Resmi berdiri di pertengahan tahun 2017, kawasan wisata ini langsung menjadi primadona di Purworejo. Sebab di sini wisatawan bisa melakukan banyak aktivitas yang menarik.

Memiliki tinggi hampir 1000 Mdpl, Gunung Gajah menjadi salah satu yang tertinggi di Perbukitan Menoreh. Maka dari itu pemandangan luar biasa bisa terlihat dari puncaknya. Bahkan ketika pagi wisatawan bisa menikmati sensasi berada di atas awan. Ketika cuaca cerah akan terlihat juga lima gunung besar di Jawa Tengah dan Jogjakarta. Misalnya Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing dan Slamet.

Baca: Pantai Jetis Purworejo Tiket Gratis Banyak Wahana

Rasakan Sensasi Mendaki Menuju Puncak

Pemandangan yang masih asri
Untuk mencapai puncak wisatawan harus melewari jalur tanah dengan pepohonan rindang di kanan kirinya. Foto: Gmaps/Dian Eka Puspitasari

Untuk bisa menikmati pemandangan dari puncak Gunung Gajah perlu terlebih dahulu melakukan pendakian. Meski tidak terlalu tinggi namun fisik dan stamina tetap menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Untuk mencapai ke puncak membutuhkan perjalanan sekitar 30 menit. Aksesnya pun sudah cukup baik berupa jalan tanah. Jalurnya tidak terlalu curam sehingga sangat ramah untuk yang belum pernah mendaki sekalipun.

Di sepanjang perjalanan wisatawan akan ditemani pemandangan dan suasana asri di dalam hutan. Barisan pohon pinus dengan burung-burung berkicau menjadi perpaduan yang menentramkan jiwa. Pepohonan pinus yang tinggi dan lebat membuat suasana terasa teduh meski di siang hari yang terik sekalipun.

Baca: Pantai Ketawang Tiket & Ragam Wahana

Pemandangan Indah di Puncak

Pesona perbukitan dan hutan hijau di puncak Gunung Gajah
Panorama indah di area puncak dengan Waduk Sermo yang nampak dari kejauhan. Foto: Gmaps/Indri Bidari

Setelah lelah mendaki wisatawan akan disambut dengan pemandangan megah Perbukitan Menoreh. Barisan bukit yang membentang dari setiap penjuru mendominasi kawasannya. Ditambah dengan hutan-hutan di bawahnya yang tampak begitu asri dan terjaga. Dari kejauhan pesona Waduk Sermo yang ada di Kulon Progo ikut menyemarakkan bentang alam.

Area puncak ini juga dipercantik dengan aneka wahana untuk berfoto. Salah satunya adalah berupa gardu pandang yang terbuat dari bambu. Jika naik ke atas maka pemandangan akan semakin cantik lagi. Kemudian ada pula jembatan kayu yang menjorok dengan ujungnya berbentuk seperti pintu. Di depan jembatan tersebut terlihat gagahnya Gunung Merbabu dan Merapi.

Tugu Triangulasi di Puncak Gunung Gajah

Bangunan tugu di puncak area pebukitan
Di tempat ini juga terdapat sebuah bangunan tugu bersejarah dan sudah ada sejak masa kolonial Belanda. Foto: Gmaps/Dian Eka Puspitasari

Di puncak Gunung Gajah ini ada satu hal yang menarik perhatian. Yaitu sebuah batu yang tersusun dan diperkirakan sudah ada sejak lama. Tumpukan batu tersebut adalah Tugu Triangulasi. Konon tugu ini dibuat oleh pemerintah Kolonial Belanda untuk menandai salah satu puncak tertinggi di Perbukitan Menoreh.

Selain itu di puncak ada juga sebuah prasasti yang merupakan penghargaan yang diberikan kepada Desa Pandanrejo. Merupakan prasasti Anugrah Desa Wisata Terbaik 2021 yang bertandatangan Sandiaga Uno.

Menikmati Sunrise dan Sunset

puncak gunung tinggi seperti berada di atas awan
Ketika pagi wisatawan bisa menikmati momen sunrise dan merasakan sensasi berada di atas awan. Foto: Gmaps/Natsir Asrafi

Gunung Gajah sangat cocok untuk menikmati momen sunrise maupun sunset. Jika ingin menikmati pesona sunrise maka wisatawan bisa berkemah dan mendirikan tenda. Di Gunung Gajah banyak area dataran yang luas dan rata untuk mendirikan tenda. Ketika pagi hari wisatawan bisa merasakan sensasi berada di atas awan. Gumpalan lautan awal yang berarak menjadi keindahan yang sangat mengagumkan.

Sementara panorama sunset di tempat ini pun juga tak kalah istimewa. Hamparan bukit dan hutan yang tersorot cakrawala jingga menciptakan momen yang romantis. Momen-momen seperti ini sangat cocok dinikmati bersama dengan orang-orang tersayang.

Fasilitas di Gunung Gajah

Diusung sebagai wisata unggulan di Purworejo membuat tempat ini memiliki fasilitas yang sangat memadai. Fasilitas yang tersedia seperti area parkir luas, toilet, gazebo, mushola, warung kuliner hingga area oleh-oleh dan cendera mata. Kemudian sekitar area juga sudah tersedia free Wifi serta tempat isi ulang baterai HP.

Lokasi Gunung Gajah

Obyek wisata ini beralamat di Dusun Klepu, RT.02/RW.02, Pendem, Pandanrejo, Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Berjarak sekitar 18 Km dari pusat kota Purworejo dan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 30-45 menit. Akses menuju ke tempat ini sudah sangat baik dan bisa dilalui dengan motor maupun mobil.

Tanggapan:

4.6 / 5. dari 27

Berikan Rating