PANTAI PASIR PUTIH PANGANDARAN Tiket & Daya Tarik April 2024

  • Harga Tiket Masuk Pantai Pasir Putih Pangandaran: Rp17.000
  • Jam Buka: 06.00 - 17.00 WIB
  • Nomor Telepon: -
  • Alamat: -, -, Pangandaran, Jawa Barat, Indonesia , 46596

Pantai Pasir Putih Pangandaran adalah salah satu kawasan pantai di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Pangandaran memang populer karena keindahan laut dan pantainya.

Begitu juga dengan Pantai Pasir Putih yang menawarkan suasana pantai yang asri dan terjaga. Wisatawan bisa menikmati pesona pasir putih, keindahan terumbu karang, hingga monumen bangkai kapal yang langka dijumpai di kawasan pantai.

Harga Tiket Masuk Pantai Pasir Putih Pangandaran

Tiket masuk resmi ke Pantai Pasir Putih Pangandaran sebesar Rp17.000 rupiah per orang. Wisatawan yang masuk ke kawasan pantai menggunakan perahu perlu menyiapkan ongkos sebesar Rp25.000 rupiah. Jika masuk melalui kawasan cagar alam, maka tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan.

Jenis TiketHarga
Tiket MasukRp17.000
Tiket Perahu PP per orang atau per kapalRp25.000 atau Rp100.000 – Rp150.000
Sewa Alat Snorkeling per set (kacamata dan jaket pelampungRp50.000 – Rp65.000
Sewa TikarRp10.000
Harga Tiket Masuk Pantai Pasir Putih Pangandaran dan Biaya Sewa

Baca: PANTAI PANGANDARAN Tiket dan Aktivitas

Jam Buka Pantai Pasir Putih Pangandaran

Pantai ini memiliki jam operasional yaitu pukul 6 pagi hingga pukul 5 sore. Tidak ada penginapan di sekitar pantai sehingga pengunjung tidak bisa bermalam di kawasan ini.  

Pantai Pasir Putih Pangandaran

perahu menuju Pantai Pasir Putih Pangandaran
Akses melalui laut ke lokasi pantai – Foto: Gmaps/Dhanny Kusnadi

Ada dua pilihan akses untuk mencapai Pantai Pasir Putih Pangandaran. Pertama, akses melalui laut. Wisatawan tinggal menyewa perahu nelayan dan bernegosiasi untuk mendapatkan harga yang pas. Patokan ongkos yang perlu dibayar berkisar 25 ribu per orang hingga 150 ribu per perahu pulang-pergi.

Meski mengeluarkan uang, namun sebanding dengan waktu tempuh yang singkat. Hanya sekitar 10 menit berlayar dari kawasan pantai ke lokasi. Selain itu, beberapa penyewa perahu menawarkan harga paket. Pengunjung bisa menyewa perahu antar-jemput sekaligus mendapat tikar dan alat snorkeling selama di lokasi.

Akses kedua adalah dengan menembus kawasan hutan cagar alam. Pengunjung yang kuat berjalan kaki dan suka sedikit berpetualang bisa memilih jalur ini. Waktu tempuh sekitar 30 menit berjalan kaki santai. Jalurnya tidak terlalu berat karena mendatar dan teduh. 

Jalur melalui hutan cagar alam cukup menarik karena menawarkan petualangan kecil. Pengunjung akan melewati beberapa gua yang menjadi tempat persembunyian pada zaman perang. Ada juga sejumlah gua yang menjadi tempat petilasan dan memiliki legendanya sendiri. Perjalanan ini akan menyajikan suasana alam sekaligus napak tilas sejarah yang menarik.

Baca: Pantai Timur Pangandaran Tiket & Ragam Wahana

Suasana Pantai

Sunset di Pantai Pasir Putih Pangandaran
Pemandangan matahari terbenam – Foto: Gmaps/Eti Fitriati

Kawasan Pantai Pasir Putih Pangandaran, sesuai namanya, memiliki hamparan pasir yang putih. Lokasinya yang terpisah seolah membedakannya dengan pantai di kawasan Pangandaran lainnya yang berpasir kecokelatan. Namun, pantai ini garisnya lebih pendek dan areanya tidak terlalu luas.

Area tepi pantainya berbatasan langsung dengan barisan pepohonan di kawasan cagar alam. Meski sempit, area pantainya landai dan nyaman sebagai tempat bermain. Lautnya bersih dan ombaknya cukup bersahabat. 

Di sekitar pantai ini tidak terdapat bangunan maupun fasilitas umum yang berpotensi mengganggu pemandangan. Sebagai bagian dari cagar alam, kawasan ini sangat dijaga kelestariannya. Meski tidak ada tempat sampah, pengunjung wajib menjaga kebersihan selama beraktivitas di sini.

Baca: PANTAI BARAT Pangandaran Tiket & Ragam Aktivitas

Piknik dan Bermain Ombak

bermain ombak, bermain pasir pantai
Pengunjung menikmati rekreasi di pantai – Foto: Gmaps/Eman Suherman

Dengan area pantainya yang landai, kawasan sekitar pantai sering menjadi tempat menggelar piknik. Wisatawan boleh membawa tikar sendiri maupun menyewa dari penyewaan yang tersedia. Tinggal mencari area teduh untuk berlindung dari pancaran sinar matahari.

Akan tetapi, wisatawan perlu berhati-hati di sini. Kawasan yang lestari juga berarti habitat hewan yang terjaga. Di sini, pengunjung mungkin sesekali akan disambangi oleh kawanan kera. Wisatawan perlu menjaga perbekalan dan tidak sembarangan membuka makanan agar tidak mengundang kera datang.

Beberapa titik di pantai ini berbatasan dengan barisan batu karang. Di musim kemarau, angin laut di sini bisa cukup kencang. Ombak mungkin tidak terlalu tinggi, namun tetap bisa menyeret siapa saja yang kurang berhati-hati. Pengunjung hanya boleh bermain ombak di sekitar pantai.

Baca: PANTAI KARAPYAK Tiket, Jam Buka dan Aktivitas

Bangkai Kapal Viking Norwegia

bangkai kapal, Kapal MV Viking Lagos
Bangkai kapal yang jadi pusat perhatian – Foto: Gmaps/Jithesh G

Pemandangan bangkai kapal raksasa yang terbaring di pantai ini menjadi hal yang menarik. Bangkai ini merupakan bangkai Kapal MV Viking Lagos dari Norwegia asli yang sudah ada sejak tahun 2016. Kapal inilah yang diledakkan oleh mantan Menteri Perikanan dan Kelautan, Susi Pudjiastuti. 

Keberadaan kapal ini jadi keunikan tersendiri bagi Pantai Pasir Putih Pangandaran. Bangkai ini menjadi semacam monumen dan bagian dari pantai. Tidak sedikit wisatawan yang sengaja datang untuk berfoto berlatarkan bangkai tersebut. Meski sudah berkarat, namun kerangka berukuran besar itu tetap terlihat mengagumkan dari dekat. 

Pesona Terumbu Karang

Snorkeling, terumbu karang
Menikmati keindahan terumbu karang dengan snorkeling – Foto: Gmaps/Bennie Yulianto Iskandar

Laut jernih merupakan habitat bagi terumbu karang cantik. Pengunjung pantai bisa menikmati pesona terumbu karang ini dengan kegiatan snorkeling. Pengunjung boleh membawa dan menggunakan peralatan snorkeling pribadi. Jika tidak ada, wisatawan bisa menyewa dengan harga mulai dari 50 ribu per setnya. 

Fasilitas

Fasilitas umum di pantai ini sangat terbatas. Tidak ada toilet, kamar mandi bilas, tempat sampah, ataupun musala di sekitar pantai. Toilet dan musala terdekat berada di gerbang masuk cagar alam. Namun, terdapat sejumlah penjaga pantai yang menjaga kawasan ini. Fasilitas hiburan yang tersedia yaitu penyewaan alat snorkeling. 

Lokasi Pantai Pasir Putih Pangandaran

Pantai Pasir Putih Pangandaran terletak di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Lokasinya agak terpisah dari kawasan pantai di Pangandaran lainnya. Untuk mencapainya, wisatawan bisa memilih melewati kawasan hutan cagar alam atau menyewa jasa perahu nelayan.

Berikan Rating

4.5 - 21 Pembaca

Berikan Nilai

Harga dapat berubah sewaktu-waktu terutama pada saat peak season seperti Hari Raya Lebaran, Musim Liburan serta Natal dan Tahun Baru. Oleh karena itu ada baiknya pembaca langsung menghubungi kontak tempat wisata atau akomodasi terkait. Meskipun begitu kami juga secara berkala melakukan pembaruan harga.
Bagikan konten ke:

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *