Beranda Tiket Wisata

Pantai Timur Pangandaran Tiket & Ragam Wahana Oktober 2021

Pantai Timur PangandaranHarga Tiket: Rp6.000 - Rp250.000Jam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Jl Pantai Timur, Pangandaran, Pangandaran, Jawa Barat , Indonesia, 46396

Pantai Timur Pangandaran adalah bagian dari kawasan pantai wisata Pangandaran. Pantai ini populer sebagai salah satu spot terbaik untuk menikmati sunrise di Pangandaran. Berbagai keseruan wahana watersport juga bisa tersedia di sini. Destinasi yang sempurna untuk mendapatkan pengalaman wisata bahari bersama keluarga maupun orang terkasih.

Harga Tiket Masuk Pantai Pangandaran

Berikut adalah tiket masuk kawasan Pantai Pangandaran. Tiket masuk berlaku baik untuk pantai timur maupun pantai barat.

Harga Tiket Masuk
Jenis TiketHarga
Pejalan KakiRp6.000/orang
MotorRp14.000
Jeep/SedanRp37.500
Mini Bus KecilRp65.000
Mini Bus BesarRp92.500
BusRp126.000 – Rp310.000
Biaya Rekreasi & Wahana
PerahuRp25.000 – Rp50.000
Sewa motorRp50.000 – Rp150.000
Odong-Odong/Mobil GowesRp75.000
Sepeda TandemRp15.000 – Rp35.000
Banana BoatRp50.000
SnorkelingRp25.000 – Rp50.000
JetskiRp250.000

Baca Juga: 7 Destinasi Wisata Terbaik di Pangandaran

Jam Buka

Pantai ini sebenarnya selalu terbuka untuk umum setiap hari selama 24 jam. Namun, waktu rekreasi di kawasan pantai terbuka sejak pagi hingga sore hari saja. Hal ini mengingat adanya fenomena laut pasang.

Jam Operasional
Setiap Hari 24 Jam
Rekreasi 06.00 – 17.00 WIB

Pantai Timur Pangandaran

Lanskap pantai timur
Pantai Timur Pangandaran – Foto: Gmap/Dindin Sabarudin

Siapa tidak kenal dengan Pangandaran? Daerah ini punya sejarah panjang sebagai destinasi wisata pantai tersohor di Jawa Barat. Kawasan Pantai Pangandaran selalu jadi pilihan favorit bagi warga Jawa Barat ketika musim liburan tiba.

Pantai Pangandaran adalah kawasan pantai dengan bentang alam yang unik. Lokasinya berada di ‘leher’ menuju sebuah teluk. Dengan setidaknya 2 pantai di 2 sisi, yaitu barat dan timur. Masing-masing pantai memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Sejauh ini pantai di sisi timur menyodorkan pesona wisata yang tak biasa. Dengan kondisi laut yang tenang dan pantai yang sempit, wisatawan dapat menikmati beragam kegiatan rekreasi menarik. Beberapa diantaranya adalah menikmati sunrise dan bermain aneka wahana watersport. Berikut adalah aktivitas rekreasi utama yang bisa dinikmati di Pantai Timur Pangandaran.

Sunrise View

Menyaksikan matahari terbit
Memburu bidikan sunrise terbaik di Pantai TImur Pangandaran – Foto: Gmap/Supriyati Frans

Posisinya yang berada di sisi timur memang menjadi salah satu kelebihan pantai ini. Di sinilah lokasi di mana wisatawan dapat menyaksikan matahari terbit. Menghadap langsung ke timur, panorama sunrise tampak jelas dari sini.

Pengunjung bisa memilih spot yang disukai untuk menunggu matahari terbit. Di sepanjang garis pantai terdapat dinding pemecah ombak dengan taman cantik di atasnya. Bisa juga menonton sunrise dari Plaza Air Mancur, salah satu fasilitas terbaru di Pangandaran.

Pantai ini juga terdapat deretan tempat makan. Mulai dari warung sederhana hingga kafe lucu bisa ada di sini. Pilih tempat favorit dan nikmati kebersamaan yang hangat bersama orang terkasih.

Watersport Arena

Serunya bermain banana boat di Pantai Timur Pangandaran
Beragam opsi watersport yang bisa dijajal di Pantai Timur Pangandaran – Foto: Gmap/Pantai Timur Pangandaran

Perbedaan paling mencolok antara Pantai Timur dengan Pantai Barat yaitu jarak bibir pantainya. Pantai Timur memiliki jarak yang lebih pendek. Masih tersisa area berpasir, namun tidak terlalu luas. Kebanyakan area pantai ini terdiri dari dinding dan batu pemecah ombak.

Meski begitu, hal ini membuat laut di Pantai Timur lebih luas dan terbuka. Ombaknya pun cenderung lebih tenang dibandingkan Pantai Barat Pangandaran. Ini menjadikannya lokasi yang sempurna untuk menikmati wahana watersport.

Sejumlah wahana yang tidak pernah sepi peminat yaitu Banana Boat dan Big Mable. Ada juga Water Jumper, di mana wisatawan bisa merasakan meluncur dan terlempar dari perosotan langsung ke laut.

Masih banyak wahana permainan air lainnya yang bisa dinikmati bersama-sama. Hampir semua permainannya mengajak wisatawan untuk menguji adrenalin. Jika ingin menikmati laut dengan lebih tenang, masih ada snorkeling dan diving.

Seafood Fiesta

Menu seafood khas Pangandaran
Pantai timur memiliki banyak restoran dan warung makan olahan hasil laut terbaik Pangandaran – Foto: Gmap/Sisca lesmana

Wisata bahari di Pangandaran belum lengkap jika belum mencicipi aneka kulinernya. Pusat kuliner Pangandaran mayoritas berada di Pantai Timur. Maka di sinilah wisatawan dapat menemukan puluhan tempat makan aneka olahan seafood.

Berbagai tipe tempat makan tersedia mulai dari warung makan sederhana hingga restoran besar. Semuanya menyajikan menu olahan hasil laut yang segar dengan bumbu khas. Wajar saja, hal ini karena terdapat tempat pelelangan ikan di sini. Beberapa menu olahan yang sudah populer yaitu udang dan kerang dengan bumbu asam-manis.

Kenikmatan hasil laut Pangandaran juga bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Buah tangan Pantai Pangandaran yang selalu ludes diserbu adalah ikan asin. Asin jambal roti jadi jenis yang paling banyak menjadi pilihan. Selanjuntya wisatawan tidak akan sulit menemukan toko yang menjajakan produk khas ini.

Plaza Air Mancur

Plasa Air Mancur
Menikmati suasana malam pesisir Pangandaran di Plaza Air Mancur – Foto: Gmap/Kang Ogie

Plaza Air mancur merupakan fasilitas terbaru yang hadir di Pantai Timur Pangandaran. Fasilitas ini memberikan sentuhan baru bagi wajah Pangandaran sebagai primadona pariwisata pantai. Plaza ini terdiri dari teras luas yang dibuat menjorok ke laut. Tak lupa juga adanya air mancur berbentuk lingkaran berukuran cukup besar.

Area sekitarnya sering menjadi spot berkumpul yang paling menarik minat sejak diresmikan. Pengunjung dapat menikmati suasana laut dan pantai dengan nuansa yang berbeda. Adanya air mancur memberi suasana yang segar sekaligus modern. Ditambah dengan lampu sorot hias yang menambah gemerlap suasana Pangandaran di malam hari. 

Kegiatan sederhana seperti jalan-jalan menyusuri pantai jadi lebih menarik dengan adanya spot ini. Selain jadi tempat bersantai, spot ini juga menyajikan panorama sekitar yang Instagrammable. Tidak heran jika wisatawan muda selalu memenuhi area plaza tersebut

Fasilitas Pantai Timur Pangandaran

Fasilitas di Pantai Timur Pangandaran sudah tidak perlu diragukan lagi kelengkapannya. Toilet umum, masjid, restoran, hingga aneka jenis penginapan berjajar di sini. Pantai ini juga menghadirkan berbagai watersport, seperti banana boat dan diving.

Lokasi Pantai Timur Pangandaran

Pantai Timur Pangandaran berada di Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran. Ada beberapa alternatif transportasi yang bisa digunakan untuk menuju kemari. Jika menggunakan kendaraan pribadi, baik dari Jawa Barat maupun Jawa Timur melewati Banjar dan Banjarsari.

Untuk transportasi umum, wisatawan bisa menggunakan bus jurusan Terminal Pangandaran dilanjutkan dengan ojek. Bisa juga dengan Kereta Pangandaran hingga Stasiun Banjar, dilanjutkan dengan bus hingga Pangandaran. Pilihan lainnya yaitu pesawat dengan penerbangan Susi Air.

Tanggapan:

5 / 5. dari 2

Kasi Bintang

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini