PANTAI PANGANDARAN Tiket Masuk, Aktivitas dan Fasilitas - Juli 2024

Pantai Pangandaran

Pananjung, Pangandaran, Ciamis, Jawa Barat, Indonesia, 46396
  • Harga: Rp20.000
  • Jam Buka: 24 Jam
  • Nomor Telepon: -

Pantai Pangandaran merupakan wisata tepi laut yang berada di daerah Ciamis tepatnya di Desa Pananjung. Pantai ini pernah mendapat penghargaan oleh AsiaRooms sebagai pantai terbaik di provinsi Jawa Barat. Selain itu pernah diajukan menjadi Unesco Global Geopark untuk menjadikannya wisata berkelas dunia.

Pantainya landai dengan hamparan pasir putih dan air yang jernih. Jarak antara pasang dan surut relatif lama sehingga memungkinkan untuk berenang dengan aman. Destinasi wisata ini memungkinkan wisatawan untuk menikmati terbit dan tenggelamnya matahari dari tempat yang sama.

Harga Tiket Masuk Pantai Pangandaran

Untuk memasuki kawasan wisata pantai pengunjung akan perlu menyiapkan biaya tiket masuk. Harga tiket masuk Pantai Pangandaran sebesar Rp20.000.

Baca: Pantai Timur Pangandaran Tiket Masuk & Ragam Wahana

Jam Buka Pantai Pangandaran

Pantai ini terbuka untuk umum 24 Jam. Bagi yang tidak ingin berenang bisa berkunjung lebih sore untuk menikmati suasana pantai yang lebih tenang.

Aktivitas dan Wahana

Objek wisata Pantai Pangandaran merupakan primadona pantai di Jawa Barat. Kawasannya juga memiliki taman laut dengan ikan-ikan dan kehidupan laut yang memesona. Pantai ini selalu menjadi incaran wisatawan dari berbagai daerah terutama puncaknya pada perayaan pergantian tahun.

Wisatawan dapat menyaksikan matahari terbit di Pantai Timur Pangandaran dan matahari tenggelam di Pantai Barat. Beragam aktivitas seperti berenang, berperahu pesiar, memancing, hingga menyusuri pantai dilakukan di sini. Berbagai acara pun sering berlangsung seperti upacara Hajat Laut dan festival layang-layang internasional.

Menelusuri Sepanjang Pantai

wisatawan dapat menyusuri garis pantai dengan berkuda
Wisatawan dapat melakukan aktivitas berkuda untuk menyusuri garis pantai. Foto : Google Maps/Juli Astuti

Di Pantai Pangandaran wisatawan dapat menikmati horison Samudera Hindia dengan sensasi angin lautnya.  Pantai ini terkenal dengan keindahan pasir hitam dan pasir putihnya.

Wisatawan dapat berjalan-jalan menelusuri sepanjang pantai merasakan tekstur pasirnya. Dengan berkeliling, wisatawan akan bisa menikmati keindahan alam dan sejuknya udara pantai. Dapat juga mengayuh sepeda sewaan atau berkuda untuk menyusuri garis pantainya.

Baca: Pantai Santolo Tiket Masuk & 9 Ragam Aktivitas Wisata Seru

Berenang di Pantai Berpasir Putih

Pangandaran merupakan bagian dari pantai selatan Pulau Jawa yang terkenal mempunyai ombak besar. Namun pantainya landai dengan rentang waktu antara pasang-surut air lautnya yang relatif lama. Hal ini memungkinkan wisatawan untuk berenang di tepian dangkal yang berombak tenang.

Wisatawan juga banyak yang bermain di pasir pantai karena suasananya yang sejuk.

Wahana Water Sport di Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran memiliki berbagai fasilitas yang mendukung aktivitas watersport bagi wisatawan. Salah satunya wahana Banana Boat  dan Jet Ski yang sekaligus menjadi sarana berkeliling perairan pantai.

Wisatawan juga dapat menikmati keindahan bawah laut serta karang-karang di pasir putih. Dapat juga melakukan hopping beach, ‘melompat’ dari pantai ke pantai sepanjang garis pantai.

Pemandangan Bawah Laut Pantai Pangandaran

Panorama bawah laut yang indah juga merupakan salah satu daya tarik utama. Pemandangan bawah lautnya lengkap dengan terumbu karang serta aneka ragam ikan warna-warni.

Untuk menyaksikan alam bawah air tersebut, wisatawan dapat pergi ke Pantai Pasir Putih. Lokasi ini memang terkenal dengan keindahan pasir putihnya. Sebagai alternatif menuju ke sana, wisatawan dapat berjalan melalui cagar alam atau menggunakan perahu.

Keanekaragaman biota di taman laut dapat dijelajahi dengan ber-snorkeling maupun menggunakan perahu pesiar. Wisatawan dapat juga menikmati keindahan pasir putih dan segarnya keasrian hutan cagar alam.

Sunset dan Sunrise

sunset dan sunrise di pantai pangandaran
Pada bagian barat Pantai Pangandaran di sore hari, wisatawan dapat melihat indahnya matahari terbenam. Foto : Instagram/pnd_fotografi

Pesona Pantai Pangandaran yang selalu menjadi buruan wisatawan yaitu momen sunrise dan sunset. Istimewanya, kedua momen tersebut bisa dinikmati dari satu tempat. Di sini, wisatawan dapat menyaksikan sekaligus mengagumi indahnya matahari terbit dan terbenam.

Jika wisatawan datang pagi hari, maka akan mendapatkan kesempatan melihat pemandangan matahari terbit di timur. Sedangkan pada bagian barat pantai di sore hari akan terlihat indahnya matahari terbenam.

Mengangkut Ikan Hasil Tangkapan Para Nelayan

berlayar dan menjaring ikan bersama nelayan
Wisatawan dapat merasakan sensasi berlayar dan menjaring ikan di Pantai Pangandaran. Foto : Google Maps/juna 168

Pantai Pangandaran terkenal sebagai dermaga para nelayan karena banyak terdapat nelayan yang berlayar mencari ikan. Di selatan pantai juga ada tempat pelelangan ikan hasil tangkapan langsung dari nelayan selepas melaut. Selain itu wisatawan pun dapat merasakan sensasi berlayar dan menjaring ikan di pantai ini.

Salah satu kegiatan rutin di pantai ini yaitu bersama-sama warga lokal mengangkut ikan ke pinggir pantai. Jaring Arad/Ered/Tarik adalah alat penangkap ikan yang jaringnya ditarik dari sisi kanan dan kiri. Masing-masing sisi terdiri dari 6-10 orang yang menarik jaring dari pesisir pantai.

Wisatawan pun dapat ikut serta dalam aktivitas membantu menarik hasil tangkapan para nelayan Pangandaran ini. Saat satu kapal nelayan hendak merapat ke pantai, puluhan orang datang berduyun-duyun menarik kapal. Suasana begitu riuh, saling membantu satu sama lain para nelayan yang baru pulang melaut.

Berbagai Event Nasional & Internasional

Pangandaran International Kite Festival di Pantai Pangandaran
Pangandaran International Kite Festival ini biasa berlangsung setiap bulan Juni atau Juli.
Foto : Instagram/crazy_art_photography

Pada momen tertentu, beberapa event berlangsung di Pantai Pangandaran. Berbagai perayaan dan festival-festival tahunan diadakan pemerintah setempat melalui pengelola maupun warga masyarakat. Hal tersebut menambah daya tarik Pantai Pangandaran dan meningkatkan lebih banyak lagi wisatawan.

Gelaran acara tradisional seperti Hajat Laut sebagai upacara melarung sesajen ke laut lepas. Nelayan Pangandaran mengadakannya sebagai perwujudan rasa terima kasih mereka terhadap kemurahan Tuhan YME. Acara ini biasanya berlangsung setiap tahunnya di bulan Suro pada penanggalan kalender Jawa.

Sedangkan event pariwisata bertaraf internasional di Pantai Pangandaran yaitu Festival Layang-layang Internasional. Pangandaran International Kite Festival ini biasa terselenggara setiap bulan Juni atau Juli. Puluhan ribu wisatawan lokal dan mancanegara memadati festival dengan pertunjukan konser musik dan ronggeng.

Wisata Kuliner di Tepi Pantai Pangandaran

Di Pantai Pangandaran, wisatawan dapat mencoba berbagai macam olahan hasil laut. Beraneka ragam olahan ikan, cumi-cumi, kepiting, udang dan hasil laut lainnya merupakan santapan wajib. Aneka menu hidangan laut tersedia di restoran maupun di warung-warung makan sekitar kawasan pantai.

Dengan harga ekonomis, Pantai Timur menjadi surganya para penikmat makanan khas laut atau seafood.

Berkunjung ke 3 Spot Primadona

  1. Pantai Pananjung, berada di sisi barat dengan ombak akrab berlatar hutan perbukitan. Daerah dengan sebuah goa alami dan bunker Jepang ini merupakan santunan satwa kera dan rusa. Dengan menempuh pendakian bukit, dapat terlihat riam cantik dan hamparan keindahan Pantai Pananjung.
  2. Pantai Timur, memanjakan wisatawan dengan kelezatan hidangan laut. Mulai dari warung makan hingga restoran menyajikan menu andalan berbahan hasil laut. Dilengkapi dengan pasar ikan, lokasi ini menjadi pilihan wisatawan berbelanja ikan segar untuk oleh-oleh. Wahana air seperti Jet Ski dan Banana Boat juga ditawarkan di sini.
  3. Belanja Souvenir, makanan khas pangandaran, yaitu ikan asin Jambal Roti menjadi oleh-oleh incaran wisatawan. Untuk pecinta karya seni, tersedia pernak-pernik berbahan dasar kerang dan lainnya. Selain itu juga ada kaos, topi, celana pendek, dan baju renang.

Fasilitas

Fasilitas penunjang obyek wisata Pantai Pangandaran tergolong lengkap. Seperti tersedianya area parkir yang cukup luas, penjaga pantai, pemandu wisata dan pusat informasi. Selain itu terdapat pelayanan pos, telekomunikasi dan money changer, kafe, hingga berbagai penginapan.

Penyewaan sepeda santai atau kendaraan bermotor roda empat dapat ditemukan di sepanjang kawasannya. Delman atau dokar wisata dan perahu wisata juga digunakan untuk menikmati panorama pantai dengan nyaman.

Lokasi Pantai Pangandaran

Destinasi wisata primadona Jawa Barat ini terletak di Desa Pananjung Kecamatan Pangandaran Kabupaten Ciamis.

Ulasan Pembaca

4.7 - 52 Pembaca

Berikan Nilai

Harga dapat berubah sewaktu-waktu terutama pada saat peak season seperti Hari Raya Lebaran, Musim Liburan serta Natal dan Tahun Baru. Oleh karena itu ada baiknya pembaca langsung menghubungi kontak tempat wisata atau akomodasi terkait. Meskipun begitu kami juga secara berkala melakukan pembaruan harga.
Bagikan konten ke:

3 Komentar

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  1. pantai terbaik di Jabar. pokoknya uwoow wehhh, fresh and rileks weleh welehhh 🥰

  2. pantai pengandaran memang memiliki keseruan sendiri. kita bisa menyaksikan penarikan jaring nelayan secara langsung. pengen pergi kesana lagi…mantap