Beranda Tiket Wisata

Ragam Aktivitas Seru di PANTAI LAMPON Banyuwangi - Mei 2020

Pantai Lampon Harga Tiket: Gratis Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Jl. Pantai Lampon, Desa Pesanggaran, Lampon,Pesanggaran,Banyuwangi,Jawa Timur,Indonesia,68488.

Pantai Lampon Banyuwangi berlokasi tidak jauh dari Pantai Pulau Merah yang sudah lebih dahulu terkenal. Sama cantiknya, namun pantai ini menawarkan suasana yang cukup berbeda. Hal ini dikarenakan Pantai Lampon memiliki lebih sedikit pengunjung sehingga atmosfirnya pun cenderung lebih lengang.

Harga Tiket Masuk Pantai Lampon Banyuwangi

Wisatawan tidak perlu mengkhawatirkan biaya masuk ke pantai ini. Karena pengunjung tidak akan dikenai biaya tiket masuk alias gratis. Tapi, pengunjung tetap perlu membayar biaya parkir kendaraan yang dibawa dengan tarif seikhlasnya.

Harga Tiket Masuk Pantai Lampon
TiketGratis

Baca: 11 Tempat Wisata Pilihan di Banyuwangi

Jam Buka

Pantai ini tidak memiliki jam buka tertentu. Hal ini dikarenakan pantai ini memang pada dasarnya tidak dikelola secara khusus sebagai tempat wisata.

Jam Buka
Setiap Hari24 Jam

Daya Tarik utama Pantai Lampon Banyuwangi

Deretan kapal nelayan di sekitar pantai. Foto: Google Maps / Awan Dena
Deretan Kapal Nelayan, Dilihat dari Atas Bukit di Pantai Lampon. Foto: Google Maps / Awan Dena

Deretan pohon kelapa dan hamparan pasir berwarna hitam menghiasi bibir Pantai Lampon. Kebanyakan pengunjung datang di sore hari untuk berjalan santai menyusuri garis pantai yang cukup panjang.

Baca: Pantai Cemara Banyuwangi Tiket & Ragam Aktivitas

Ombak di pantai ini relatif tenang, namun pengunjung harus tetap berhati-hati. Di periode tertentu, gelombang laut bisa jadi cukup tinggi karena pantai ini menghadap Samudra Hindia yang luas. Walaupun terlihat sangat sederhana, Pantai Lampon Banyuwangi memiliki beberapa keunikan yang patut untuk dijelajahi.

Melihat Naga Sasra

Ombak yang Menghantam Bukit Karang di Pantai Lampon. Foto: Google Maps / Jujjuu
Ombak yang Menghantam Bukit Karang. Foto: Google Maps / Jujjuu

Naga Sasra di sini adalah sebutan untuk semburan air pantai yang timbul dari celah batu karang yang sempit saat ombak besar datang. Di bawah sinar matahari yang cerah, semburan ini bisa menimbulkan efek cahaya pelangi.

Baca: Pantai Teluk Hijau Banyuwangi Tiket & Ragam Aktivitas Wisata

Untuk mendapati pemandangan ini, pengunjung harus berjalan melewati tebing curam terlebih dahulu. Oleh karena itu, pengunjung sebaiknya berhati-hati dan menggunakan alas kaki yang tidak licin.

Suasana Kemiliteran yang Kental

Papan Penanda Area Kemiliteran di Pantai Lampon. Foto: Google Maps / Barra 110117
Papan Penanda Area Kemiliteran di Pantai Lampon. Foto: Google Maps / Barra 110117

Pada dasarnya, pantai Lampon Banyuwangi merupakan markas militer dan pusat pelatihan Korps Marinir TNI Angkatan Laut. Pantai ini dikelola oleh TNI Angkatan Laut Bersama dengan Dinas Perikanan setempat, namun utamanya bukan sebagai tempat wisata. Inilah mengapa pengunjung tidak akan menemukan loket tiket masuk di pantai ini.

Baca: PANTAI PLENGKUNG Banyuwangi Paduan Keindahan Alam Memukau

Di pantai ini pengunjung akan menemukan beberapa monumen yang berkaitan dengan kemiliteran. Di waktu tertentu, pengunjung juga bisa melihat para anggota tentara yang sedang berlatih di area ini.

Penggemar drama Korea mungkin akan tertarik dengan pemandangan ini karena mirip dengan salah satu cuplikan drama Korea yang cukup terkenal, berjudul Descendant of The Sun. Atmosfir militer inilah yang membedakan pantai ini dengan pantai lainnya.

Memancing di Pantai Lampon

Aktivitas Para Nelayan di sekitar pantai
Aktivitas Para Nelayan di Pantai Lampon Banyuwangi. Foto: Google Maps / semangat banyuwangi

Muara sungai dekat pantai ini merupakan spot memancing favorit bagi warga setempat dan para pengunjung. Tempat ini tergolong aman dan cukup banyak ikan yang bisa ditangkap. Kuantitas ikan yang hilir mudik di area ini tidak banyak berubah sepanjang tahun. Wisatawan bisa duduk-duduk santai di tumpukan batu karang sambil menunggu mata kail mereka disambar oleh ikan-ikan.

Baca: Pantai PULAU MERAH Banyuwangi Tiket & Ragam Aktivitas Wisata

Jika tidak terlalu menyukai kegiatan memancing, pengunjung bisa langsung membeli ikan segar dari nelayan. Biasanya kapal nelayan akan bersadar di pantai setiap pagi. Kapal nelayan ini akan disambut oleh ibu-ibu warga setempat untuk dibeli. Hal ini karena harga yang relatif terjangkau, serta ikan yang baru saja ditangkap masih sangat segar.

Menaiki Bukit di Pantai Lampon

pemandangan laut dari atas bukit lampon
Pemandangan Laut Luas dari Atas Bukit . Foto: Google Maps / Alex pello

Pengunjung bisa menikmati hamparan laut yang lebih lapang dengan menaiki bukit. Karang yang cukup tajam dan terjal bisa mejadi tantangan tersendiri bagi para penjelajah.

Baca: Pesona TELUK HIJAU Banyuwangi Tiket & Keindahan

Sesampainya di puncak bukit, ada bangunan kecil yang dibangun oleh warga setempat sebagai tempat berteduh. Pengunjung juga bisa melihat cekungan air jernih yang yang berisi beberapa biota laut di balik bukit ini.

Pantai ini tak hanya memiliki satu bukit, melainkan beberapa bukit sekaligus. Di bukit sisi barat dan timur pantai ini pengunjung bisa menemukan goa peninggalan masa penjajahan Jepang. Goa ini dulunya digunakan sebagai bunker pertahanan militer.

Fasilitas yang Tersedia

Pengunjung bisa mengisi perut di warung-warung sederhana yang didirikan oleh warga setempat. Namun jangan harap untuk menemukan restoran atau kafe-kafe cantik di di dalam area pantai karena lahan ini merupakan markas militer TNI. Pantai ini juga dilengkapi dengan toilet umum untuk keperluan mandi dan bilas. Mushola juga lahan berkemah juga tersedia di pantai ini.

Akses atau Rute Menuju Pantai Lampon Banyuwangi

Dari pusat kota Banyuwangi, wisatawan bisa memulai perjalanan dari kawasan Jajag, kemudian jalan ke arah Pasar Pedotan. Kemudian ambil arah Siliragung, lalu pengunjung akan mendapati perempatan pasar.

Ambil ke arah Pesanggrahan hingga sampai di Pantai Lampon. Jalan menuju pantai ini telah dilengkapi oleh beberapa papan penunjuk jalan untuk membantu para wisatawan.

Ada peraturan yang cukup unik  ketika memasuki Kawasan pantai. Pengendara sepeda motor harus matikan mesin dan mendorong kendaraannya saat melintas depan pos keamanan. Sedangkan pengunjung dengan mobil harus memarkirkan mobil mereka di luar gerbang masuk pantai.

Lokasi Pantai Lampon Banyuwangi

Objek wisata pantai ini berada di sebelah selatan Kota Banyuwangi. Tepatnya terletak di Desa Pesanggaran, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Jaraknya sekitar 74 km dari Kota Banyuwangi atau 35 km dari kota Genteng. Jika ditempuh dengan kendaraan pribadi, waktu tempuh yang diperlukan bisa mencapai satu setengah jam dari Kota Banyuwangi.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini