Pantai Teluk Hijau Harga Tiket: Rp5.000 - Rp7.500 Jam Buka: 07.00 - 16.30 No. Telepon: - Alamat: Dusun Krajan, Sarongan,Pesanggaran,Banyuwangi,Jawa Timur,Indonesia,68488.

Pengunjung yang pernah pergi ke Taman Nasional Meru Betiri pasti pernah mendengar nama pantai ini. Pantai Teluk Hijau atau sering juga disebut greenbay. Pantai ini masih berada satu kawasan dengan Taman Nasional Meru Betiri.

Pantai ini dinamakan Teluk Hijau bukan tanpa alasan. Pantai ini memiliki warna air laut yang hijau, menyebabkan tempat wisata ini berbeda dengan pantai lain. Dasar laut di pantai ini dipenuhi alga hijau dan air lautnya cukup dangkal jika dibandingkan pantai lain. Hal inilah yang menyebabkan warna dari alga tersebut terpantul oleh cahaya sehingga air laut terlihat hijau.

Harga Tiket Masuk

Karena satu lokasi dengan Taman Nasional Meru Betiri, maka tiket masuk ke Teluk Hijau sama dengan tiket masuk ke taman nasional.

Harga Tiket Masuk Pantai Teluk Hijau
Senin hingga JumatRp5.000
Sabtu, Minggu dan hari libur nasionalRp7.500

Baca: Pantai PULAU MERAH Tiket & Ragam Aktivitas Wisata

Jam Buka

Untuk jam buka pantai ini mengikuti jam buka taman nasional. Dimulai dari pukul 07.00 hingga 16.30.

Jam buka
Senin hingga Minggupukul 07.00 hingga 16.30

Ragam Aktivitas di Pantai Teluk Hijau

Pemandangan teluk hijau
Air laut yang terlihat hijau inilah yang menjadi penyebab pantai ini disebut Teluk Hijau – Google maps/ teluk hijau

Ada berbagai macam kegiatan yang bisa dilakukan pengunjung di area wisata ini, yaitu :

Berenang

Berenang disini hanya bisa dilakukan di sekitar tepian pantai. Hal ini dikarenakan ombak yang cukup besar. Selain itu tempat ini juga terletak lumayan jauh dari rumah penduduk jika terjadi hal yang tidak diinginkan akan sulit mendapatkan pertolongan.

Baca: Pilihan Tempat Wisata Pantai Di Banyuwangi

Bermain di Air Terjun Pantai Teluk Hijau

Air terjun Bidadari
Air terjun inilah yang sering digunakan untuk bilas oleh para pengunjung – google maps/hendrozt budikusuma

Di Teluk Hijau juga memiliki hal menarik lainnya. Ada air terjun setinggi 8 meter dan letaknya tidak jauh hanya sekitar 200 meter. Air terjun ini dikenal dengan nama Air Terjun Bidadari. Konon katanya air terjun ini merupakan tempat mandi para bidadari pada waktu-waktu tertentu.

Banyak yang memanfaatkan air tawar yang mengalir dari air terjun ini. Misalnya saja dengan menggunakan air terjun sebagai air bilas alami setelah berenang di laut.

Bermain Di Tepi Pantai

bermain di tepi pantai teluk hijau
Wisatawan sedang bermain di tepi pantai. Foto: Google Maps/abrianto bayu

Pasir pantai yang putih dan bersih serta terbebas dari sampah, menggoda pengunjung untuk bermain pasir. Terutama pengunjung anak-anak yang sangat suka berlari-lari di pantai. Pengunjung juga bisa membangun istana pasir disini.

Bila ingin berpiknik di tempat wisata ini juga diperbolehkan. Hanya saja pengunjung harus membawa bekal sendiri. Hal ini dikarenakan tidak adanya tempat makan di area wisata ini. Begitu pula dengan tikarnya, pengunjung harus membawa sendiri.

Baca: PANTAI PLENGKUNG Paduan Keindahan Alam Memukau

Pengunjung juga diharapkan untuk berhati-hati terhadap monyet hutan yang ada di area pantai. Selain itu pengunjung dilarang memberi makan hewan-hewan liar yang ada. Dan juga membawa pulang sampah yang ada.

Berkemah

Berkemah di area pantai ini sekarang sudah diperbolehkan. Asal harus dengan seijin pengelola. Tapi sangatlah jarang pengunjung yang berani mendirikan kemah disini. Karena masih banyaknya satwa liar yang berkeliaran terutama di malam hari tentunya akan membahayakan pengunjung.

Selain satwa liar, terkadang jika cuaca tidak baik akan terjadi badai. Tentu saja tidak akan ada tempat berlindung yang memadai jika terjadi badai saat sedang berkemah.Begitu pula dengan ombak yang bisa tiba-tiba berubah menjadi besar.

Baca: Berbagai Pilihan Tempat Wisata di Banyuwangi

Pihak pengelola area wisata tidak menyediakan penyewaan perlengkapan untuk berkemah. Pengunjung harus membawa dari rumah segala perlengkapan yang dibutuhkan. Mulai dari tenda hingga makanan.

Berkunjung ke Pantai Batu

Saat akan menuju ke Teluk Hijau, pengunjung yang menuju ke sana dengan jalan kaki akan melewati sebuah pantai. Pantai ini tidak sama dengan pantai-pantai lainnya. Jika biasanya pantai berpasir putih dan halus, tidak demikian dengan pantai ini. Pantai ini beralaskan batu-batu yang seperti tertata rapi.

Di pantai ini, warna air laut tidak terlalu biru karena sudah tercampur dengan aliran air dari atas gunung. Pengunjung yang lelah bisa mengistirahatkan diri sejenak di Pantai Batu ini. Jarak Teluk Hijau dengan pantai ini hanya sekitar 5-10 menit saja. Pantai ini tidak bisa digunakan untuk berenang karena ombaknya yang lumayan besar.

Fasilitas

Karena letaknya yang jauh dari pemukiman penduduk, maka fasilitas yang ada hanya ala kadarnya seperti :

  • Toilet
  • Mushola
  • Ruang sekretariat green bay

Lokasi Pantai Teluk Hijau

Pantai Teluk Hijau terletak di Dusun Krajan, Sarongan, Pesanggran, Kabupaten Banyuwangi. Berjarak sekitar 90 km dari kota Banyuwangi. Akses menuju Teluk Hijau tidak hanya bisa dilalui melalui akses darat. Akses dari lautpun bisa dilalui melalui jalur pantai Rajagwesi dengan menyewa perahu.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.

Beri Komentar

Silahkan ketik komentar
Please enter your name here