Beranda Tiket Wisata

Pesona TELUK HIJAU Tiket & Keindahan - April 2020

Teluk Hijau Harga Tiket: Rp7.500 Jam Buka: 08.00 - 17.00 No. Telepon: - Alamat: Dusun Krajan, Sarongan,Pesanggaran,Banyuwangi,Jawa Timur,Indonesia,68488.

Ujung timur Pulau Jawa, tepatnya di Kabupaten Banyuwangi, menyimpan keindahan alam yang luar biasa. Banyuwangi juga menjadi tujuan wisata yang sayang jika dilewatkan begitu saja. Kawasan taman nasional di Banyuwangi membuat alam di kabupaten ini begitu terjaga keasriannya. Salah satu wisata yang sangat alami adalah Teluk Hijau atau Green Bay.

Lokasinya berada jauh di dalam hutan, yang begitu alami. Apalagi, di sini masih berada di dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri. Keindahan Teluk Hijau dikatakan mirip dengan Phi Phi Island di Thailand. Tentu suatu keindahan bak surga yang tersembunyi di dalam hutan.

Harga Tiket Masuk Teluk Hijau Banyuwangi

Karena termasuk dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri, jadi hanya dikenakan tiket masuk taman nasional saja. Masuk ke kawasan teluk tidak dikenakan biaya masuk, hanya biaya parkir. Selain itu, biaya tambahan jika pengunjung menyewa perahu untuk sampai di Teluk Hijau.

Harga Tiket Masuk
Masuk Taman Nasional Meru Betiri Rp7.500
Masuk Teluk Hijau Gratis
Sewa sepeda Rp 5.000
Parkir sepeda Rp 5.000
Sewa perahu Rp 35.000

Baca: 8 Tempat Wisata Pilihan di Banyuwangi

Jam Operasional

Untuk menikmati objek wisata ini, disarankan datang ketika hari cerah. Mengingat medan yang harus dilalui menuju lokasi bukanlah jalan biasa. Melainkan hutan atau lautan. Sehingga pagi hingga sore hari adalah waktu yang tepat untuk berkunjung.

Jam Operasional
Setiap hari 08.00-16.00 WIB

Pesona Keindahan Pantai Tersembunyi

Perpaduan Warna Hijau dan Biru Teluk Hijau
Perpaduan Warna Hijau dan Biru. Foto: Gmap/Bramastyo Sadewo

Baca: TN ALAS PURWO Tiket & Ragam Aktivitas Wisata

Teluk Hijau menjadi objek wisata yang begitu mempesona. Keberadaannya di dalam hutan membuatnya begitu asri. Menginjakkan kaki di sini, pengunjung akan langsung disambut pemandangan yang menakjubkan. Pesona pantai dengan pasir putih dan air laut jernih bergradasi, serta perbukitan hijau.

Deburan ombak memecah kesunyian teluk, membawa air laut yang biru ke tepi pantai. Air laut di sini bergradasi, mulai dari tosca di bibir pantai hingga biru di lautan. Pasir pantai yang putih pun begitu lembut, menemani setiap langkah kaki pengunjung. Tidak banyak batu karang di tepi pantai, sehingga nyaman untuk berjalan-jalan santai.

Di sekeliling pantai terdapat perbukitan dan tebing karang yang hijau berselimut pepohonan. Merupakan kolaborasi pemandangan yang sangat menawan. Ditambah lagi, suasana pantai yang begitu tenang. Akan memanjakan wisatawan yang datang untuk mencari ketenangan.

Trekking di Hutan Menuju Teluk Hijau

Pemandangn Indah Tepi Pantai Teluk Hijau
Pemandangn Indah Tepi Pantai . Foto: Gmap/YE37 Project

Baca: Pantai PULAU MERAH Banyuwangi Tiket & Ragam Aktivitas Wisata

Keberadaan Teluk Hijau yang masih dikelilingi hutan membuat pengunjung harus trekking untuk menuju lokasi. Pengunjung dapat melakukan trekking dengan start poin di Taman Nasional Meru Betiri. Kemudian, perjalanan trekking di hutan selama kurang lebih satu jam. Tidak perlu khawatir tersesat, karena terdapat jalan setapak yang jelas dan mudah diikuti.

Jika memilih trekking di hutan, pengunjung akan bertemu dengan pemandangan yang indah. Selain rimbunnya pepohonan, pengunjung juga akan menemui aliran sungai jernih yang airnya dapat diminum langsung.

Ada juga air terjun, meskipun alirannya tidak terlalu deras. Selain itu, tidak ketinggalan Pantai Batu yang akan lebih dahulu didapat sebelum Teluk Hijau. Namun, pengunjung harus menyiapkan stamina jika ingin melakukan trekking. Karena lintasan yang akan berupa ratusan anak tangga naik dan turun.

Berperahu Menuju Teluk Hijau

Ada dua cara menuju lokasi teluk, yaitu trekking dan naik perahu mengarungi lautan. Kebanyakan wisatawan memilih trekking ketika berangkat, kemudian pulang naik perahu. Tidak menjadi masalah, karena ini opsi dan pilihan masing-masing.

Baca: PANTAI PLENGKUNG Banyuwangi Paduan Keindahan Alam Memukau

Jika memilih melewati lautan dengan naik perahu, pemandangan yang ditawarkan pun tak kalah indahnya. Batuan karang besar siap menjadi penghibur selama perjalanan 20 menit ini. Ombak Samudera Hindia pun turut menghibur dengan menghantamkan diri ke karang-karang ini. Adrenalin akan semakin meningkat karena guncangan pada perahu ini.

Air Terjun Bidadari di Teluk Hijau

Air Terjun Bidadari Teluk Hijau
Air Terjun Bidadari. Foto: Gmap/Hendrozt Budikusuma

Berada di dalam hutan tak jauh dari bibir pantai, terdapat air terjun yang begitu menawan. Masyarakat sekitar menyebutnya Air Terjun Bidadari. Air terjun setinggi 8 meter yang memiliki aliran air yang jernih. Alirannya tidak terlalu deras, mengalir dengan elok melewati batuan di dekatnya.

Baca: KAWAH IJEN Tiket & 6 Pilihan Aktivitas Wisata

Penamaan Air Terjun Bidadari bukanlah tanpa dasar. Karena, tempat ini dipercaya sebagai tempat mandi para bidadari. Konon, setiap musim hujan akan tampak pelangi yang membentang indah di langit. Alkisah, ada seorang warga yang penasaran dan mencari hulu pelangi tersebut.

Setelah ketemu, ternyata hulu pelangi berada di air terjun yang ada di Teluk Hijau. Menurut cerita, orang tersebut memiliki kemampuan melihat sosok perempuan cantik yang dipercaya adalah bidadari. Namun, percaya atau tidak ini adalah legenda yang berkembang di masyarakat. Air Terjun Bidadari ini seringkali digunakan pengunjung untuk membilas badan setelah beraktivitas di sekitar teluk.

Pantai Batu yang menjadi Pembuka Teluk Hijau

Indahnya Kombinasi Lautan dan Hijaunya Perbukitan
Indahnya Kombinasi Lautan dan Hijaunya Perbukitan. Foto: Gmap/Fauziah Rachmawati

Sebelum sampai, pengunjung akan terlebih dahulu menjumpai Pantai Batu. Disebut demikian karena banyaknya batuan yang ada di bibir pantai. Batuan ini merupakan batu yang terbawa dari laut akibat tsunami pada tahun 1994 silam. Jangan terkecoh, karena sebagian pengunjung mengira inilah Teluk Hijau.

Pantai Batu seolah menjadi pembuka petualangan. Sekitar 300 meter dari Pantai Batu, terdapat Teluk Hijau yang menjadi surga tujuan wisatawan.

Lokasi Teluk Hijau Banyuwangi

Objek wisata ini berada di kawasan Taman Nasional Meru Betiri. Tepatnya di Dusun Krajan, Desa Sarongan, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Very PoorPoorAverageGoodExcellent5,00 | 1 Pembaca

Beri Komentar

Silahkan ketik komentar
Please enter your name here