Beranda Tiket Wisata

7 Aktivitas Seru di Pantai Wates Karangasem - November 2020

Pantai Wates Karangasem
Harga Tiket: Gratis Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Antiga Kelod,Manggis,Karangasem,Bali,Indonesia,80761.

Pantai Wates Karangasem menjadi salah satu ikon objek wisata terbaru di kawasan Bali Timur. Kawasan pantai di Yeh Malet ini ditata dengan cantik sehingga menambah daya tariknya. Nama pantai Wates berarti batas, karena terletak di perbatasan Kabupaten Klungkung dan Karangasem.

Setelah penataan usai pada 2018 lalu, destinasi wisata ini makin ramai dikunjungi. Wisatawan yang datang pun tak hanya lokal, melainkan juga wisatawan mancanegara. Wisatawan juga datang dari kalangan pelajar yang datang secara berkelompok bersama pihak sekolah.

Harga Tiket Masuk

Menikmati eksotisme pantai ini tidak perlu berbiaya mahal. Karena wisatawan tidak dikenakan biaya tiket untuk bermain di pantai.

Harga Tiket Masuk
TiketGratis

Baca: 5 Tempat Wisata Seru di Karangasem Bali

Jam Buka

Kawasan wisata pantai ini buka selama 24 jam. Namun waktu terbaik untuk berkunjung pada sore hari. Selain udara yang cukup teduh, wisatawan juga bisa menyaksikan sunset.

Jam Buka
Senin – Minggu24 Jam

Ragam Aktivitas & Daya Tarik Pantai Wates Karangasem

Suasana pantai Yeh Malet sangat mendukung untuk dijadikan tempat berlibur bersama keluarga. Banyak wisatawan yang rutin memanfaatkan waktu liburan di objek wisata ini. Selain ideal untuk beristirahat, tempat ini menyuguhkan pemandangan yang instagramable.

Yang paling menarik adalah adanya landmark bertuliskan Pantai Wates Yeh Malet. Wisatawan juga dapat menikmati deburan ombak serta bentangan laut dan langit yang biru. Ditambah dengan keindahan pulau Nusa Penida yang nampak di kejauhan.

1. Swafoto di Landmark Pantai Wates

Landmark bertuliskan nama Pantai Wates Yeh Malet menjadi spot atraktif untuk swafoto
Landmark bertuliskan nama Pantai Wates Yeh Malet menjadi spot atraktif untuk swafoto – Foto : GoogleMaps/Ismi Julianti

Baca: 16 Pantai Eksotis Di Bali

Penataan area pantai membuat kawasan ini lebih menarik minat wisatawan. Salah satuyang menjadi daya tariknya yaitu sebuah landmark bertuliskan Pantai Wates Yeh Malet.

Spot ini sangat cocok digunakan sebagai latar berlakang untuk berfoto. Papan nama yang didesain cantik dan ikonik ini berada di tepi jalan raya utama Karangasem – Klungkung. Nama pantai tersebut terlihat jelas oleh para pengguna jalan, sehingga menjadi daya tarik sendiri.

Sebagian besar pengunjung menyempatkan diri berfoto di depan landmark Pantai Wates ini. Dengan banyaknya foto berlatar tulisan ini, kawasan wisata inipun menjadi objek swafoto. Hal ini pula yang menambah jumlah wisatawan yang datang ke Yeh Malet.

2. Bersantai Menikmati Panorama Pantai

area pedetrian untuk berjalan kaki di tepi pantai
Pantai Wates Yeh Malet ditata cantik dengan pepohonan palem di sepanjang jalur pedestrian dengan lampu-lampu taman menghiasi – Foto : GoogleMaps/Anden Sedana

Baca: Tirta Gangga Karangasem Tiket & Ragam Aktivitas

Wilayah pesisir di kawasan Bali Timur atau Karangasem lebih didominasi dengan pantai berpasir hitam. Begitu juga dengan pantai Wates Yeh Malet yang pasir pantainya berwarna hitam. Pada siang harinya, kerlip pasir memantulkan cahaya matahari terlihat cantik.

Deburan ombak di pantai yang landai dengan bentang laut yang biru. Panorama langit pun biru bersih dan cemerlang. Wisatawan juga dapat menikmati keindahan pulau Nusa Penida yang terlihat di kejauhan.

Wisatawan dapat duduk bersantai meluangkan waktu bersama keluarga menikmati panorama pantai. Bangku-bangku taman yang berjajar rapi tersedia di jalur pejalan kaki. Wisatawan juga dapat berjalan-jalan santai di sepanjang garis pantainya sambil berbincang dengan rekan dan sahabat.

3. Sunset di Pantai Wates

sunset di tepi pantai wates karangasem
Siluet puing perahu pada Bias sinar matahari terbenam – Foto : GoogleMaps/Hell town Stones

Baca: Taman Edelweis Karangasem Pesona Pegunungan Menawan

Pada senja hari, saat menjelang petang, daya tarik pantai Yeh Malet menjadi lebih istimewa. Bias sinar matahari terbenam atau sunset di langit menjadi suguhan menarik. Dengan tulisan Pantai Wates Yeh Malet diisi cahaya lampu, pemandangan senja terlihat lebih cantik dan spektakuler.

Pada bibir pantainya terdapat sebuah puing perahu. Saat senja tiba, siluet puing kapal ini akan melengkapi lanskap pantai yang meredup.

Mayoritas wisatawan yang datang adalah remaja dan kaum muda. Waktu kunjungan tertinggi adalah pada akhir pekan. Kebanyakan mereka justru baru datang saat sore untuk menikmati indahnya sunset Pantai Wates.

4. Wisata Kuliner Pantai Wates Karangasem

Selain menikmati keindahan pantai dan berswafoto, wisatawan juga dapat menikmati sajian kuliner di kawasan Pantai Wates. Di sini terdapat puluhan tempat makan sederhana, dengan pemandangan langsung ke laut selatan Bali. Sajian yang menjadi favorit wisatawan biasanya yakni kuwud (kelapa muda) isi gula merah, es, dan perasan jeruk nipis.

Baca: Pura Besakih Karangasem Tiket & Ragam Aktivitas

Sambil menikmati santapannya, wisatawan dapat bersantai sambil memandang keindahan laut Pantai Wates Yeh Malet. Pada akhir pekan dan hari libur, jumlah wisatawan akan bertambah banyak. Jumlah makanan dan minuman yang dinikmati wisatawan naik hingga tiga kali lipat hari biasa.

5. Menyambangi Patung Surya Candra

Patung Surya Candra setinggi tiga meter
Patung Surya Candra setinggi tiga meter di Yeh Malet Karangasem Bali diharapkan menjadi ikon pariwisata Karangasem – Fot : Instagram/adriianamade

Kawasan Pantai Wates Yeh Malet berada persis di gerbang masuk Kabupaten Karangasem. Di tempat ini dibangun Patung Surya Candra setinggi tiga meter bersanding dengan Dewi Candra. Keduanya berdiri di atas Naga Ananta Boga sebagai lambang dari kemakmuran serta kesejahteran masyarakat Karangasem.

Pembangunan Patung Surya Candra ini yang diharapkan menjadi ikon pariwisata Karangasem. Wisatawan seringkali menjadikan patung ini sebagai latar berfoto bersama. Hal ini membuatnya viral dan memberi dampak positif untuk kepariwisataan.

Di dekat Patung Surya Candra juga dibangun padmasana (tempat umat Hindu bersembahyang dan menaruh sajian). Selain itu juga dilengkapi dengan candi bentar yang menjadi gapura pintu masuknya.

6. Memancing

Banyak di antara wisatawan sengaja membawa peralatan pancing saat datang ke Pantai Wates Yeh Malet. Para wisatawan yang hobi memancing ini biasanya berada di kawasan berpasir di bibir pantai. Joran akan ditancapkan di pasir dan wisatawan bisa bersantai menunggu umpannya mendapatkan sasaran.

Umpan yang digunakan biasanya adalah udang atau ‘awan’ (umpan apung). Jenis ikan yang diperoleh antara lain Tuna, Langoan, dan ikan Jangki. Namun kebanyakan yang terdapat di kawasan perairan pantai adalah ikan lumba-lumba.

Wisatawan menyukai Pantai Wates Yeh Malet untuk memancing karena aksesnya yang sangat mudah. Letaknya yang berada di pinggir jalan raya utama Karangasem – Klungkung membuatnya mudah dijangkau. Bahkan lokasi memancing pun dapat langsung terlihat dari jalan raya utama tersebut.

7. Berolahraga

Siswa sekolah dasar melakukan gerak jalan di pedestrian Pantai Wates Karangasem Bali
Siswa sekolah dasar melakukan gerak jalan di pedestrian – Foto : Instagram/hendruew

Penataan kawasan Pantai Wates Yeh Malet juga meliputi pedestrian atau jalur pejalan kaki yang telah ditata rapi. Di sepanjang jalan pun ditanami jajaran pohon palem di sisi kiri dan kanannya. Lampu-lampu taman pun menghiasi area pedestrian tersebut.

Baca: Pura Lempuyang Tiket & Atraksi Wisata

Di sepanjang area pejalan kaki tersebut, banyak wisatawan yang sengaja datang untuk berolahraga. Kebanyakan mereka berlari maupun berjalan santai.

Tak sedikit pula pihak sekolah menjadikan kawasan ini sebagai tempat untuk gerak jalan bagi para siswa. Siswa-siswi yang datang pun beragam, mulai dari sekolah dasar hingga menengah.

Fasilitas

Pantai Wates Yeh Malet telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas wisata.Tersedia lahan parkir, toilet, rumah garam dan jalur pejalan kaki untuk kenyamanan wisatawan.

Kontak dan Lokasi Tempat Wisata

Wisata pantai ini berlokasi di Desa Yeh Malet ini terletak sekitar 40 kilometer timur Kota Denpasar. Posisinya berada di 33 kilometer arah barat Kota Amlapura Karangasem. Tepatnya di banjar Yeh Malet, Desa Antiga Kelod, Kec. Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali 80761.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 2 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini