Taman Tirtagangga Harga Tiket: Rp40.000 Jam Buka: 08.00 - 18.00 No. Telepon: - Alamat: Jalan Raya Abang Desa Adat, Ababi,Abang,Karangasem,Bali,Indonesia,80852.

Istana Air Tirta Gangga merupakan salah satu situs bersejarah yang menawan di Karangasem. Warisan budaya ini dibangun oleh Raja Karangasem, Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem pada tahun 1946. Taman air ini digunakan juga sebagai tempat ibadah dan pemandian.

Nama Tirta Gangga terinspirasi dari Sungai Gangga, sungai suci umat Hindu di India. Air di tempat ini pun dianggap suci karena merupakan sumber mata air yang alami dari tanah.

Harga Tiket Masuk Tirta Gangga

Untuk bisa berkeliling di kawasan asri istana air ini pengunjung akan dibebankan biaya tiket masuk. Harga tiket masuk tempat wisata ini masih relatif terjangkau, berlaku untuk semua usia dan periode kunjungan.

Harga tiket masuk Tirta Gangga
Senin – Minggu Rp40.000

For International Tourist please read this article for complete information about this water palace (Foreign Entrance Fee and Top Activities).

Baca: Pura Besakih Tiket & Ragam Aktivitas

Jam Buka

Taman rekreasi istana air ini bisa didatangi setiap hari baik hari biasa maupun akhir pekan. Buka dari pagi hingga sore hari.

Waktu operasional
Senin – Minggu 08.00 – 18.00

Ragam Aktivitas Wisata

Tirta Gangga semakin banyak dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara. Rata-rata kunjungan wisatawan mencapai 1.000 orang per hari, dengan sebagian besar wisatawan asing.

Gerbang masuk istana air ini berbentuk gapura dijuluki wisatawan sebagai ‘The Heaven Gate‘. Digunakan sebagai tempat beribadah, wisatawan tetap harus menjaga etika memasuki wisata pemandian Raja Karangasem ini.

Menikmati Keindahan Panorama Taman

Keindahan area taman istana air tirta gangga
Keindahan area taman istana air tirta gangga semakin lengkap dengan patung-patung dan ornamen batu di atas kolam. Foto: Google Maps/Alin Herlana

Terletak di tengah persawahan dan dikelilingi perbukitan hijau, Tirta Gangga terlihat sangat asri dengan panorama alami. Suhu lokasi wisata ini dingin dengan udara yang sejuk karena berada di ketinggian.

Memasuki gerbang utama, wisatawan disambut indah dan megahnya tempat pemandian yang terawat ini. Sebagai petirtaan raja-raja kuno Karangasem, pengelola dan masyarakat sekitar sangat menjaga kebersihan lokasi.

Baca: Pura Lempuyang Tiket & Atraksi Wisata

Wisatawan juga disuguhi pemandangan Gunung Agung karena jaraknya yang cukup dekat. Dalam kondisi aktif, Gunung Agung justru memberikan daya tarik yang mengundang naiknya jumlah kunjungan. Wisatawan pada umumnya ingin melihat visual Gunung Agung dengan percikan lava dan abu panasnya.

Pesona Kompleks Taman Petirtaan

area komplek isatana air
Bangunan Tirta Gangga berbentuk memanjang dengan aneka kolam, ornamen hiasan, arca, dan tanaman yang asri. Foto : Instagram/itamita15

Bangunan Tirta Gangga berbentuk memanjang seluas 1,2 hektar yang terdiri dari tiga tingkatan. Bagiannya meliputi tempat suci, mata air, bangunan pelindung mata air, dan menara air. Terdapat aneka kolam besar dan kecil, arca, tempat pemeliharaan ikan hias, dan aneka tanaman.

Elemen Taman di area taman merupakan wujud keharmonisan hubungan manusia, alam dan budaya. Hal tersebut menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung. Terutama arsitekturnya yang merupakan gaya khas Bali.

Baca: Pura Tanah Lot Tiket & Atraksi Wisata

Di kompleks yang dibangun Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem ini juga terdapat pura yang berdiri kokoh. Tirta Gangga dibangun sebagai bentuk penghargaan bagi masyarakat Hindu di Bali. Bagi pemeluk agama Hindu, tempat ini juga digunakan sebagai tempat beribadah.

Air Tirta Gangga yang Disucikan

Taman Istana Air Tirta Gangga
Taman Istana Air Tirta Gangga Karangasem.
Foto : Instagram/simonebusi88

Menginjakkan kaki di pelataran taman istana air ini, suasana sejuk dan indah menyapa wisatawan. Di sisi kanan taman, terdapat kolam yang dihiasi bebatuan setapak dekoratif berbentuk koin dan arca dewa-dewi. Batuan setapak yang dibuat untuk berkeliling kolam membuat wisatawan dapat berjalan-jalan sampai area tengahnya.

‘Tirta’ memiliki arti air, sedangkan ‘Gangga’ merupakan sungai suci bagi umat Hindu di India. Air Tirta Gangga jernih dan bersih karena berasal dari mata air alami pegunungan sekitarnya. Mata air ini digunakan sebagai air minum dan air suci yang disakralkan masyarakat Hindu Bali.

Di taman ini terdapat kolam dengan banyak ikan mas berukuran jumbo. Selain itu, terdapat juga kolam yang digunakan sebagai tempat pemandian. Sempat terdampak letusan Gunung Agung tahun 1963, pemerintah setempat merenovasi sesuai struktur arsitektur awalnya.

Berenang

Taman rekreasi ini juga menyediakan beberapa jenis kolam renang untuk wisatawan. Kolam renang tersebut tersedia untuk wisatawan dewasa dan anak-anak.

Airnya berasal dari mata air alami pegunungan di sekitar lokasi wisata. Kejernihan air yang bersih membuat aktivitas renang terasa alami dan menyegarkan.

Naik Perahu

berkeliling istana air menggunakan perahu
Perahu berkapasitas 3-5 orang ini akan membawa wisatawan menelusuri area perairan Tirta Gangga yang menyerupai sungai dan melewati area bawah jembatan.
Foto : Instagram/bagusbaliardhi

Kompleks Tirta Gangga dengan kolam yang memanjang membentuk jalur untuk wisatawan berkeliling. Wisatawan dapat mengarungi kolamnya dengan menggunakan perahu.

Berkapasitas 3-5 orang, perahu ini akan membawa wisatawan menelusuri area perairan yang menyerupai sungai. Wisatawan juga akan diajak melewati perairan bawah jembatan yang menghubungkan areanya.

Berfoto

Bebatuan setapak dekoratif berbentuk koin menjadi spot foto unik dan merupakan favorit wisatawan Tirta Gangga Karangasem
Bebatuan setapak dekoratif berbentuk koin menjadi spot foto unik dan merupakan favorit wisatawan Tirta Gangga. Foto : Instagram/tirtaganggaa

Bagian tengah kolam dilengkapi dengan berbagai arca dewa-dewi dan ornamen penghias taman. Di sekeliling taman tertata rapi aneka tanaman dan bunga-bungaan.

Di dalam kolam juga terdapat ikan-ikan hias yang sisiknya terlihat berkilau oleh pantulan cahaya. Ikan-ikan tersebut akan menghampiri wisatawan karena biasa diberi makan.

Berlatar tatanan taman yang asri tersebut, wisatawan dapat berfose di setiap sudutnya yang fotogenik. Salah satu lokasi menarik di Tirta Gangga untuk berfoto adalah pijakan batu uang berada di tengah kolam. Wisatawan dapat berfose di atasnya yang memberikan efek mengapung di atas air.

Fasilitas

Objek wisata ini dilengkapi pula dengan fasilitas khas lokasi wisata. Seperti area parkir, penginapan, restoran, serta kedai penjaja hidangan.

Akses Ke Lokasi Istana Air Tirta Gangga

Istana air bisa ditempuh dari beberapa lokasi. Memang lokasi terdekat dari kota Amlapura yang merupakan Ibukota Karangasem.

Dari Seminyak : Dari kawasan Seminyak, istana air ini berjarak kurang lebih 80 kilometer ke utara dengan jarak tempuh kurang lebih 2,5 jam berkendara. Melalui jalan Bypass DR. Ida Bagus Mantra.

Dari Ubud: Sedangkan jika wisatawan dari kawasan Ubud jaraknya lebih dekat kurang lebih 60 kilometer ke arah timur. Bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi dengan waktu 1,5 Jam.

Kontak dan Lokasi Taman Tirta Gangga

Wisata taman rekreasi istana air ini berada di Jalan Raya Abang Desa Adat, Ababi, Abang, Kabupaten Karangasem, Bali 80852. Dari pusat kota Amlapura berjarak kurang lebih 6 kilometer saja.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.

Beri Komentar

Silahkan ketik komentar
Please enter your name here