AIR TERJUN SEGANING Tiket Masuk dan Keindahan Februari 2024

AIR TERJUN SEGANING

  • Harga Tiket Masuk: Gratis
  • Jam Buka: 24 Jam
  • Nomor Telepon: -
  • Alamat: Bunga Mekar, Nusapenida, Klungkung, Bali, Indonesia, 80771

Air Terjun Seganing merupakan objek wisata yang berada di Nusa Penida, Klungkung, Bali. Air terjun ini berada di area bibir pantai dengan pesona panorama keindahan laut. Destinasi ini mulai populer di kalangan wisatawan sejak awal tahun 2018.

Air Terjun ini biasa juga terkenal dengan Air Terjun Sebuluh oleh warga setempat. Suasananya masih sangat alami dengan aliran airnya yang langsung jatuh ke laut. Di sekeliling air terjun terdapat batu-batu cadas berwarna kuning kecokelatan.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Seganing

Pengunjung yang datang ke air terjun ini tidak akan dikenakan biaya tiket.

Harga Tiket Masuk
TiketGratis

Baca: 8 Tempat Wisata Terbaik di Nusa Penida

Jam Buka

Waktu operasionalJam Buka
Senin – Minggu24 Jam

Aktivitas Wisata

Air Terjun Seganing Klungkung Bali dikelilingi batu-batu cadas berwarna kuning kecoklatan - Bliyan Aryana
Air Terjun Seganing dengan batu-batu cadas berwarna kuning kecokelatan – Foto : GoogleMaps/Bliyan Aryana

Kondisi destinasi wisata Air Terjun Seganing masih tergolong sangat alami. Hal inilah yang menjadi daya tariknya bagi wisatawan. Dengan akses dan suguhan panorama yang memukau, Air Terjun ini menyuguhkan keunikannya. Aktivitas wisata di sini pun tak terbatas pada fasilitas yang tersedia.

Baca: Pantai Atuh Nusa Penida Pasir Putih Berpagar Tebing

Treking Menuju Air Terjun

Akses anak tangga di tebing untuk turun menuju lokasi Air Terjun Seganing Klungkung Bali - Marcel Sinn
Akses anak tangga di tebing untuk turun menuju lokasi Air Terjun Seganing – Foto : GoogleMaps/Marcel Sinn

Untuk mencapai lokasi Air Terjun, wisatawan harus menempuh perjalanan dengan berjalan kaki. Perjalanan ke bawah menuju air terjun menjadi daya tarik tersendiri. Karena wisatawan harus menuruni jalan di tepi tebing yang menantang dan menguji adrenalin.

Sedangkan jalurnya berupa anak tangga tanah dan berbatu, dengan pegangan kayu di sela-sela bebatuan. Menuju lokasi air terjun, wisatawan dapat menikmati keindahan pemandangan laut dan tebingnya yang terbentang. Birunya Samudra Hindia yang tampak dari kejauhan membuat wisatawan tidak akan jenuh saat menyusuri tebing.

Pemeliharaan anak tangga selama ini dilakukan secara swadaya oleh masyarakat. Dinas Pariwisata Klungkung memang sedang melakukan penataan berbagai objek wisata. Harapannya ke depan akses tangga dapat dibuat permanen berpagar baja untuk mempermudah wisatawan.

Baca: Keindahan Spektakuler Angel’s Billabong Nusa Penida

Kolam Alami Di Air Terjun Seganing

Berendam di jernihnya kolam di bawah aliran Air Terjun Seganing Klungkung Bali - brahim_ik78
Berendam di jernihnya kolam di bawah aliran air terjun – Foto : Instagram/brahim_ik78

Sesampainya di lokasi air terjun, rasa lelah setelah menuruni anak tangga pada tebing akan terbayar. Air Terjun Seganing yang berada di bibir pantai ini begitu unik dan terlihat eksotis.

Di bagian belakang air terjun adalah tebing dengan pepohonan dan rerumputan menghijau yang asri. Sedangkan di hadapannya membentang lautan lepas yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia dengan deburan ombaknya.

Di balik tebing, mata air Seganing mengalir tiada henti dan langsung menuju ke laut. Airnya yang sangat jernih dan bersih alami terasa begitu menyegarkan. Menikmati guyuran air terjun, wisatawan juga dapat berendam sambil melihat indahnya pemandangan laut.

Baca: Pantai Kelingking Keindahan Tebing Dan Pasir Putih

Keindahan Panorama Alam

Panorama bentang alam perbukitan dan laut di sekitar air terjun
Panorama keindahan alam berpadu dengan tebing di tepian lautnya – Foto : GoogleMaps/kadek tina

Suguhan perpaduan keindahan alam di sini begitu memanjakan mata. Indahnya pemandangan areal perbukitan di Nusa Penida sudah mulai menyambut wisatawan pada saat menuruni tebing.

Suasana di sekitar air terjun yang begitu asri memberikan efek relaksasi bagi wisatawan. Hijaunya pepohonan membingkai dengan tebing tinggi di baliknya. Kemudian sejuknya embusan angin berpadu dengan percik air terjun yang memberi kesegaran.

Di samping air terjunnya yang menawan, air laut di hadapannya pun jernih. Wisatawan juga bisa menikmati pesona panoramanya yang memukau sambil bersantai bersama di batas pantainya.

Baca: 5 Aktivitas Seru di Air Terjun Peguyangan Nusa Penida

Sumber Air Tirta

Air Terjun Seganing bersumber dari mata air Seganing yang mengalir dari balik tebing di belakangnya. Mata air tersebut mengalir tiada henti dan langsung menuju ke laut.

Air Terjun ini dulunya merupakan sumber air utama untuk memenuhi kebutuhan air bersih sehari-hari. Saat ini, mata air Seganing ini juga disakralkan oleh masyarakat, khususnya umat beragama Hindu di Bali. Air dari sumber mata airnya hanya diambil untuk keperluan upacara keagamaan dan ritual seperti mendak tirta.

Di sepanjang jalur mata air terdapat tanda untuk menjaga kesucian sumber air untuk upacara keagamaan tersebut. Tanda tersebut juga merupakan batas area yang boleh dijangkau oleh wisatawan.

Memancing

Air Terjun Seganing memiliki ekosistem alami yang sangat terjaga. Hal ini membuat ikan-ikan mudah ditemukan di area objek wisata air ini.

Lokasi ini kerap kali menjadi lokasi memancing favorit wisatawan. Memancing juga memberikan kesempatan wisatawan untuk bersantai menikmati pemandangan dari tepi laut.

Lokasi Air Terjun Seganing

Objek wisata air terjun ini berjarak sekitar 20 kilometer dari Pelabuhan Sampalan. Atau dapat ditempuh selama sekitar satu jam dengan kendaraan. Tepatnya di Bunga Mekar, Nusapenida, Kabupaten Klungkung, Bali 80771.

Rating Pembaca

4.5 - 21 Pembaca

Berikan Nilai

Bagikan Konten ke: