Beranda Tiket Wisata

Pura GOA LAWAH: 4 Daya Tarik Unik - Juli 2021

Pura Goa Lawah Harga Tiket: Rp15.000 Jam Buka: 24 Jam No Telp: - Alamat: Jl. Raya Goa Lawah, Pesinggahan, Dawan, Klungkung, Bali, Indonesia, 80761.

Pura di Bali menjadi salah satu objek yang menarik untuk dikunjungi, tanpa mengurangi kesakralannya. Pura yang menjadi tujuan wisata adalah Pura Goa Lawah. Keunikannya tidak hanya berupa bangunan, tapi juga penghuni pura.

Pura ini terkenal dengan banyaknya kelelawar yang menghuni goa. Seperti Sangeh, dengan banyaknya monyet di sekitar pura. Di kawasan ini, terdapat dua tempat wisata, yaitu wisata religi dan wisata Pantai Goa Lawah.

Harga Tiket Masuk Pura Goa Lawah

Untuk masuk ke objek wisata ini diperlukan tiket yang cukup murah. Sehingga, siapapun dapat masuk ke sini tanpa alasan mahal.

Harga Tiket Masuk
Tiket masuk Rp15.000

Baca: Pura Besakih Tiket & Ragam Aktivitas

Jam Operasional Pura

Selain untuk beribadah, pura ini juga dibuka untuk umum. Dengan waktu dan jam operasional yang bebas.

Jam Operasional
Setiap hari 24 jam

Berkunjung ke pura ini wisatawan akan menemui beberapa keunikan yang menarik. Seperti Goa Kelelawar, pantai, serta fungsi pura ini bagi umat Hindu Bali. Berikut beberapa diantaranya.

1. Satu Dari 6 Pura Sad Khayangan

Tempat Persembahyangan Pura Goa Lawah
Tempat Persembahyangan Pura Goa Lawah. Foto: Gmap/Ralf Pirle

Dalam bahasa Bali, “lawah” artinya adalah kelelawar. Ini menggambarkan kondisi Pura Goa Lawah yang terdapat banyak kelelawarnya. Meski begitu, keberadaan kelelawar sama sekali tidak mengganggu kekhusyukan kegiatan peribadatan.

Sad Khayangan merupakan enam pura utama di Bali, dan Pura ini menjadi salah satunya. Pura Sthana Dewa Maheswara ini selalu ramai dikunjungi oleh orang untuk beribadah. Bahkan, orang – orang yang melewati pura pun menyempatkan diri untuk bersembahyang dari luar pura.

Baca: Pura Tanah Lot Tiket & Atraksi Wisata

Selain sebagai tempat ibadah, Pura Goa Lawa juga menjadi tempat upacara Nyegara Gunung / Nyekah. Tujuannya supaya roh atau atman yang telah meninggal setelah diaben, menjadi Dewa Pitara (leluhur). Dan pantai pun tak luput dari tempat yang disakralkan, sebagai tempat dari rangkaian ritual keagamaan.

2. Kelelawar dan Kegiatan Keagamaan di Pura Goa Lawah

Goa Kelelawar
Goa Kelelawar. Foto: Gmap/Pancoran Mas

Bagi pengunjung yang cukup takut dengan kelelawar, sebaiknya berpikir ulang untuk mengunjungi pura ini. Sebaliknya, bagi pengunjung yang tidak takut, dapat datang ke sini terutama saat sore hari. Kelelawar akan keluar dari goa dan siap untuk menyambut kehidupan malamnya.

Kelelawar ini sudah ada sejak dulu, dan pengunjung nyaman saja beribadah dengan keberadaan kelelawar. Suara kelelawar yang berdecit justru menambah kesan mistis di Pura Goa Lawah. Kelelawar di sini tidak mengganggu, dan masyarakat tidak berani mengusik kelelawar.

Baca: Pura Lempuyang Tiket & Atraksi Wisata

Masyarakat percaya jika kelelawar diganggu, maka akan terjadi bencana. Dan kabarnya, goa yang ada di sini jika ditelusuri dapat tembus hingga Pura Besakih. Namun, karena adanya gempa, membuat akses jalan ini tertutup.

3. Eksotisme Pura Goa Lawah

Pura ini memiliki arsitektur khas Bali dengan bangunan dari batu. Sehingga, keseluruhan warna bangunannya adalah hitam khas bebatuan. Dengan beberapa batuan lapuk tampak, yang justru membuat nilai estetiknya semakin terlihat.

Kain kuning dan putih membalut beberapa bagian batu. Dan tentunya, kain motif kotak berwarna hitam dan putih turut menghiasi area pura. Tak lupa, warna – warni sesaji dan wangi dupa yang turut melengkapi suasana pura.

Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi pura, diperbolehkan dengan peraturan tertentu. Pengunjung harus mengenakan baju adat sederhana, atau menutup kain bagian kaki, serta bahu hingga lengan. Pengunjung juga harus berlaku sopan dan tidak boleh melontarkan kata – kata kasar.

4. Dekat dengan Pantai Goa Lawah

Kegiatan Keagamaan di Pantai Goa Lawah
Kegiatan Keagamaan di Pantai Goa Lawah. Foto: Gmap/Sudirtha Van Genta

Hanya berjarak kurang lebih 400 meter, terdapat pantai dengan nama sama, yaitu Pantai Goa Lawah. Pantai Goa Lawah memiliki pasir hitam yang membuatnya terlihat sangat eksotis. Apalagi, air di sini begitu jernih dan ombaknya sangat tenang.

Bagi masyarakat sekitar, Pantai Goa Lawah didatangi untuk upacara melasti, yaitu penyucian di laut. Meski begitu, wisatawan juga dapat datang ke pantai ini untuk berwisata. Pengunjung juga dapat menyesuaikan waktu, yang jika bersamaan dengan kegiatan melasti akan menjadi pengalaman tersendiri.

Pura dan Pantai Goa Lawah memiliki hubungan yang erat dan saling melengkapi. Dalam kepercayaan umat Hindu, pura ini merupakan tempat memuja Dewa Laut. Bhatara Tengahing Segara, yang merupakan sebutan untuk Dewa Laut dalam mitologi Hindu.

Lokasi Pura Goa Lawah

Pura ini berlokasi di Jalan Raya Goa Lawah, Pesinggahan, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, Bali. Berjarak kurang lebih 50 Kilometer dari kawasan Bali Selatan. Bisa ditempuh dalam waktu satu setengah jam menggunakan kendaraan.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca