Kota Batu, Malang, merupakan salah satu destinasi terbaik untuk dikunjungi ketika musim liburan. Selain banyak menawarkan berbagai macam kuliner, kota Batu juga menawarkan banyak tempat wisata. Salah satunya adalah Pasar Parkiran. Tempat dengan berbagai wahana ini menjadi nilai plus untuk kota Batu sendiri.

Ya, pasar ini berada di parkiran Jawa Timur Park 1. Disebut Pasar Parkiran karena saat siang hari, pasar tersebut merupakan area parkir. Ketika malam area ini dijadikan pasar kuliner dan wisata malam. Selain berburu kuliner, pengunjung juga bisa menikmati beberapa wahana yang ada.

Harga Tiket Masuk Pasar Parkiran

Pengunjung yang datang ke sini ini tidak dibebani biaya, alias gratis. Cukup menyiapkan beberapa ribu rupiah untuk biaya parkir jika membawa kendaraan peribadi. Tiket hanya dikenakan jika ingin memainkan berbagai wahana.

Harga Tiket Masuk Pasar Parkiran
Tiket Masuk Gratis
Tiket Wahana Rp12.000 – Rp15.000

Baca: Batu Night Spectacular Tiket & 10 Wahana Keren

Jam Buka Pasar Parkiran

Tempat wisata ini buka setiap hari dari sore hingga malam. Bahkan jika akhir pekan area wisata ini buka hingga tengah malam. Karena tempat ini merupakan pasar malam, maka semakin malam pengunjung akan semakin ramai.

Jam Buka
Hari Biasa 15.00 – 23.00 WIB
Akhir Pekan 15.00 – 24.00 WIB

Aktivitas Dan Wahana Pasar Parkiran Jatim Park

Beragam aktivitas dan wahana bisa ditemukan di taman hiburan ini. Seperti museum 3 dimensi, rumah kaca, komidi putar dan masih bayak lagi. Berikut beberapa diantaranya:

1. 3D Art Trick

3D Art Trick di Pasar Parkiran Batu
3D Art Trick di Pasar Parkiran Batu – Foto:instagram/@pasarparkiran

Wahana ini adalah yang menjadi daya tarik bagi para pengunjung Pasar Parkiran. Di museum 3D Trick Art pengunjung bisa mengambil gambar sepuasnya. Yang menariknya, spot-spot foto di dalam dibuat dengan konsep 3 dimensi yang bisa menipu penglihatan. Karena lukisannya terlihat nampak nyata, pasti pengunjung merasa terlibat langsung dengan lukisan di sini.

Tidak ada batas waktu dalam mengunjungi wahana ini. Namun harus tetap bersabar dan mengantre dengan bijak. Mengingat wahana ini banyak diminati oleh para pengunjungnya.

2. Rumah Kaca

Wahana Rumah Kaca
Rumah Kaca di Pasar Parkiran Batu – Foto:instagram/@fennynat2612

Selain 3D Art Trick, wahana Rumah Kaca juga merupakan wahana primadona disini. Wahana ini adalah wahana yang berkonsep museum dipenuhi kaca. Pengunjung diberi tantangan untuk berjalan sampai ujung ruangan dengan rute yang berliku. Tidak hanya berliku, ruangan ini pun dikelilingi kaca di sekitarnya

Wahana ini akan lebih seru jika dimainkan bersama teman atau saudara. Tidak ada salahnya untuk mencoba. Dan berlombalah untuk segera menyelesaikannya.

Baca: Malang Night Paradise Tiket & 4 Wahana Top

3. Wahana Komidi Putar

Wahana Bermain di Pasar Parkiran Batu
Wahana Bermain di Pasar Parkiran Batu – Foto:google.maps/Irwan Rudiyanto

Setelah mencoba 3D Art Trick dan Rumah Kaca, jangan lupa mencoba wahana lain. Seperti Bumper Car, 4D Cinema, Sepeda Udara, Mini Swinger, Bouncy Castle, dll. Wahana tersebut tidak kalah menarik dengan 3D Art Trick dan Rumah Kaca.

Namun, ada harga yang dipatok untuk meniaki wahana tersebut. Dan setiap wahana, berbeda-beda harganya. Karena banyaknya wahana untuk berbagai umur, Pasar wisata malam ini cocok dikunjungi oleh semua kalangan.

4. Wisata Kuliner

area restoran wisata kuliner pasar parkiran
Wisata kuliner di Pasar Parkiran terbilang lengkap dengan gerai-gerai makanan yang menawarkan bermacam menu masakan. Foto: Google Maps/Manuel Budijono

Bagi para pecinta kuliner, di sini ini adalah jawabannya. Bagaimana tidak, tempat wisata ini mendatangkan para PKL untuk berjualan disini. Para PKL sengaja dipindahkan ke sini untuk mendapatkan tempat yang lebih memadai.

Makanan yang dijual pun bermacam-macam. Dari mulai makanan ringan, makanan berat, hingga berbagai minuman. Pengunjung harus mencoba kuliner khas Malang. seperti baso malang, baso bakar, ketan susu, dan aneka minuman hangat.

Baca: Alun-Alun Kota Wisata Batu Ini 6 Aktivitas Pilihan

5. Pertunjukan Live Music

Live Music di Pasar Parkiran Batu
Live Music di Pasar Parkiran Batu – Foto:instagram/@ennenemo

Live Music di pasar wisata ini sengaja digelar untuk menghibur para pengunjung. Jadi sembari bermain wahana, ada suara-suara merdu yang menemani. Bagi pengunjung yang berminat untuk bernyanyi pun bisa. Tinggal menghubungi panitia yang ada di sekitar panggung saja, pasti diberi izin.

6. Berbagai Event

Festival Durian
Berbagai event juga sering digelar di sini seperti tahun ini diadakan festival durian di sini  – Foto:instagram/@pasarparkiran_kotabatu

Di Pasar Parkiran ini juga sering sekali diadakan event. Jika beruntung, pengunjung bisa ikut menikmati event tersebut. Contoh event yang paling terbaru adalah Kontes Miniatur Truk dan Festival Durian.

Festival Durian diadakan bagi para penggemar durian yang ingin makan durian sepuasnya. Harga durian dipatok mulai dari Rp. 20.000. Sedangkan Kontes Minatur Truk adalah parade truk yang memamerkan kerlap kerlip lampu. Selain itu, truk itu juga harus memamerkan body dan kedahsyatan sound system.

Fasilitas

Fasilitas di Pasar Parkiran Batu ini terbilang cukup lengkap. Ada kamar mandi, tempat cuci tangan, dan meja juga kursi yang tidak sedikit. Jadi bagi pengunjung yang akan makan disini tidak usah khawatir karena semuanya lengkap. Kebersihan dan keamanannya pun cukup terjaga.

Kontak dan Lokasi Pasar Parkiran Batu

Pasar wisata malam ini terletak di Batu, Malang. Alamat lengkapnya di Area Parkir B2 Jawa Timur Park 1, Jl. Sultan Agung No. 25, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65314. Atau info lebih lengkapnya bisa mengunjungi laman Instagram @pasarparkiran_kotabatu. Dan bisa menghubungi nomor telepon  (0341) 5102294.

Perhatian: Harga Tiket Bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Very PoorPoorAverageGoodExcellent 4,70 / 27 pembaca