Malang Night Paradise
Malang Night Paradise. img: instagram

Malang Night Paradise menjadi destinasi pilihan warga lokal maupun wisatawan sejak pertengahan tahun 2017. Taman wisata ini merupakan pengembangan dari taman air Hawai Waterpark. Sehingga keduanya masih berada dalam satu lokasi. Tepatnya di Jalan Graha Kencana Raya No. 66 Karanglo, Balearjosari, Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur.

Taman ini memiliki konsep serupa dengan Taman Pelangi di Monumen Jogja Kembali, Yogyakarta. Pada siang hari, tempat wisata ini adalah Hawai Waterpark. Kemudian di malam hari, menjadi Malang Night Paradise. Hawai Waterpark dan Malang Night Paradise dikelola oleh PT. Adikarya Citra Abadi.

Malang Night Paradise memadukan aspek edukasi, seni dan teknologi dalam menjadikannya obyek wisata. Banyaknya sarana edukasi menjadi satu keunggulan tersendiri bagi taman ini. Konsep yang diusung taman ini adalah Lantern and Dinosaur. Dipadukan dengan teknologi, tempat ini menjadi sangat interaktif.

Baca: Hawai Waterpark Salah Satu Taman Air Terbesar di Malang

Salah satu lampion berbentuk angsa dengan lampu hias warna-warni

Jam Buka Malang Night Paradise

Pengunjung yang berencana datang ke tempat wisata ini bisa datang mulai sore hari. Karena Malang Night Paradise dibuka mulai pukul 18.00 WIB hingga 23.00 WIB.

Jam Buka Malang Night Paradise
Setiap Hari 18.00 – 23.00 WIB

Baca: Wisata Kuliner Malang 39 Resto & Cafe Terpopuler

Harga Tiket Malang Night Paradise

Untuk bisa menikmati berbagai wahana pengujung dibebankan biaya tiket. Harga tiket Malang Night Paradise ditawarkan mulai dari Rp50.000 untuk hari biasa. Sedangkan untuk akhir pekan harga tiket Malang Night Paradise dapat dibeli seharga Rp60.000.

Harga Tiket Malang Night Paradise
Senin – Kamis Rp50.000
Jumat – Minggu Rp65.000

Baca: BATU NIGHT SPECTACULAR BNS Tiket, Atraksi & 10 Wahana Seru

Dengan harga ini pengunjung sudah dapat menikmati seluruh wahana kecuali Magic Journey.

Wahana Malang Night Paradise

Saat memasuki taman wisata, pengunjung akan disambut oleh kehadiran air terjun berwarna-warni. Dikenal dengan sebutan Dancing Water Fountain, air terjun ini menjadi salah satu daya tarik utama.

Ketinggian semburan air pada air mancur ini berbeda-beda. Semakin cantik dengan lampu-lampu yang dapat berganti warna mengikuti irama musik. Air mancur ini memiliki 10 jenis efek semburan air. Diantaranya adalah, rotating jets, waltz, dan rain curtain.

Wahana Taman Lampion

Dua tempat andalan dari tempat wisata ini adalah taman lampion dan taman dinosaurus. Di taman lampion, pengunjung akan disuguhi oleh lampion dengan beragam bentuk. Terdapat banyak lampion bunga yang dapat mekar dan menguncup dengan sendirinya. Semakin berjalan ke dalam, pengunjung dapat menyaksikan lampion burung merak yang bisa berputar.

Baca: Promo Hawai Waterpark Malang Diskon Hingga 50%

Selain taman bunga yang interaktif, pengunjung juga bisa menemukan lampion dengan bentuk rumah jamur. Diantara rumah jamur, terdapat taman kelinci. Tempat ini memang didekorasi agar pengunjung merasa bak sedang di negeri dongeng.

Ada pula lampion dengan bentuk ciri khas negara tertentu beserta bangunan sejarahnya. Salah satunya adalah lampion besar dengan bentuk Colloseum. Pengunjung yang gemar berswafoto dapat mendapatkan latar belakang menarik di Lighting Tunnel. Sesuai namanya, tempat ini merupakan terowongan dengan atraksi cahaya yang memikat mata.

Taman Lampion

Dalam terowongan ini terpasang ratusan lampu LED yang dapat berganti warna sesuai dengan musik yang dimainkan. Lighting Tunnel ini merupakan penghubung antara taman lampion dan taman dinosaurus. Meskipun sederhana, kegemerlapan lampu LED menjadikannya sangat artistik.

Wahana Taman Dinosaurus

Selanjutnya beralih ke taman dinosaurus terbesar di Jawa Timur. Di taman dinosaurus ini, pengunjung disajikan dengan beragam replika dinosaurus setinggi rata-rata 6 meter.

Kurang lebih ada 12 jenis replika dinosaurus dan beberapa replika manusia purba. Beberapa diantaranya dalah Tyrannosaurus Rex, Liopleurodon, Triceratops, hingga dinosaurus yang dapat terbang alias Pterosaurs.

Baca: Jatim Park 3 Tiket, Wahana & Aktivitas

Replika dinosaurus tersebut dilengkapi dengan teknologi robotik yang memberi kesan seperti hidup dan bersuara. Dengan menggunakan sistem sensor, replika dinosaurus ini dapat merespon jika ada pengunjung yang mendekat.

Respon yang diberikan adalah seperti menoleh dan mengedipkan mata. Tak hanya itu, beberapa dari replika tersebut dapat ditunggangi oleh pengunjung dan dibawa berkeliling.

Malang Night Paradise
Malang Night Paradise. img: instagram

Selain replika dinosaurus, pengunjung juga dapat menemukan replika telur dinosaurus raksasa. Replika telur ini berwarna kuning dengan bercak hitam di sekelilingnya. Bagian tengah dari telur ini didesain berlubang membentuk garis-garis keretakan. Bagian yang berlubang tersebut sangat lucu untuk dijadikan tempat berfoto.

Baca: Jatim Park 2 Tiket Semua Wahana

Di taman dinosaurus ini juga pengunjung dapat menikmati area khusus edukasi berupa Dino Science Center. Di tempat ini, pengunjung disuguhkan dengan segala informasi tentang dinosaurus.

Ada juga tempat penggalian fosil atau digging sites serta replika ruang kerja ahli paleontologi. Wahana-wahana lain yang berkaitan dengan dinosaurus juga masih tersedia, seperti Dino Race dan Dino Swinger.

Wahana Magic Journey

Yang terbaru di lokasi wisata ini adalah wahana Magic Journey. Wahana ini mengajak pengunjung untuk menyisir sungai dengan perahu selama kurang lebih 15 menit. Pengunjung akan menyusuri lorong-lorong untuk menikmati keindahan ornamen yang ada di sepanjang lorong tersebut.

Saat tengah menaiki perahu, pengunjung juga akan disuguhi sensasi bergoyang-goyang akibat arus buatan. Wahana sungai ini dikendalikan oleh operator yang handal sehingga pengunjung tidak perlu khawatir.

Ada sembilan wahana tematik di Magic Journey. Yaitu terdiri atas Rumah Sihir, Jungle, Avatar, Flower Garden, Kota Venesia, Jepang, Thailand, dan Pulau Kalimantan. Sementara lorong terakhir hanya berupa Lighting Tunnel.

Baca: Batu Secret Zoo Tiket & Beragam Aktivitas Seru

Setiap tema-tema tersebut dihiasi oleh lampu-lampu yang indah dan efek suara yang disesuaikan. Contohnya di rumah sihir, pengunjung dapat mendengar efek audio berupa suara-suara hantu.

Di tema Jepang, pengunjung akan disuguhkan dengan lampion merah menyala sepanjang lorong. Diiringi dengan music khass jepang. Sementara di tema Thailand, pengunjung disajikan dengan patung Budha.

Perjalanan penuh kajaiban di wahana magic journey

Saat berada di tema ini, pengunjung bagaikan sedang menyusuri sungai Cao Phraya, di Thailand. Magic Journey ini dapat dinikmati pengunjung dengan membayar biaya sebesar Rp30.000.

Wahana Twister & Robotic

Selain wahana yang disebutkan di atas, ada juga tambahan wahana serperti Twister Robotic, dan Flying Car. Twister Robotic merupakan permainan dengan teknologi virtual reality (VR). Dengan mengenakan kacamata VR, pengunjung akan dibawa serasa menaiki roller coaster.

Ada lima level tingkatan keekstriman yang bisa disesuaikan dengan usia. Tidak kalah dengan Twister Robotic, Flying Car juga merupakan wahana ekstrim yang dapat membuat jantung berpacu.

Baca: COBAN RONDO Malang Tiket & Aktivitas Wisata

Fasilitas Malang Night Paradise

Fasilitas yang ada di Malang Night Paradise ini sudah cukup lengkap. Pengunjung tidak perlu khawatir akan permasalahan parkir karena tempat parkirnya sudah cukup luas. Tempat wisata ini juga dilengkapi dengan toilet dan mushola yang bersih dan nyaman.

Tidak lupa juga pusat kuliner dan toko souvenir yang bervariatif. Bagi yang membutuhkan uang tunai mendesak, gerai ATM juga sudah tersedia disini. Tidak perlu khawatir jika pengunjung ingin tetap eksis di social media meski kuota minim. Taman wisata juga menyediakan koneksi wifi berkecepatan tinggi untuk pengunjung secara gratis.

Malang Night Paradise memiliki aula luas yang bisa disewakan untuk acara besar. Tidak hanya itu, pihak pengelola juga sudah menyediakan event organizer untuk setiap acara yang diadakan di aula ini.

Transportasi Ke Malang Night Paradise

Perjalanan menuju tempat wisata ini dari bandara dengan menggunakan angkutan kota sebenarnya cukup panjang. Dimulai dengan menaiki angkutan kota dengan kode CK untuk turun di Jalan Letnan Jenderal Sunandar Priyo Sudarmo 74. Dilanjut dengan angkutan kota dengan kode AMG/AMH untuk turun di Jalan Simpang Suroso.

Baca: Surabaya Night Carnival Wisata Malam Keluarga

Selanjutnya, wisatawan perlu menaiki angkutan kota dengan kode KA hingga Jalan Raya Karanglo. Dari sini, pengunjung hanya perlu berjalan kaki sejauh 120 m untuk sampai di Malang Night Paradise. Jika dari Stasiun Kereta Api Kota Baru Malang, perjalanan memakan waktu selama 30 menit.

Dari stasiun, wisatawan perlu berjalan kaki ke Jalan Trunojoyo untuk menaiki angkutan kota dengan kode AMG/AMH. Kemudian, wisatawan turun di Jalan Simpang Panji Suroso 708 untuk dilanjut dengan angkutan kota dengan kode KA/LA. Selanjutnya wisatawan turun di Jalan Raya Karanglo dan berjalan kaki ke Malang Night Paradise sejauh 120 m.

Sedangkan dari Terminal Arjosari, wisatawan dapat menempuhnya hanya dengan 10 menit. Dari terminal, wisatawan dapat langsung menaiki angkutan kota dengan kode KA/LA. Kemudian wisatawan turun di Jalan Raya Karanglo. Dari sini, wisatawan tinggal berjalan kaki menuju Malang Night Paradise.

Baca: Taman Selecta Malang Tiket & Aktivitas

Alamat & Lokasi Malang Night Paradise

Malang Night Paradise berlokasi di Hawai Waterpark Malang di alamat Jalan Graha Kencana Raya, Karanglo, Balearjosari, Malang City, East Java, Indonesia.

Perhatian: Harga Tiket Bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Very PoorPoorAverageGoodExcellent 4,36 / 33 pembaca