Beranda Tiket Wisata

PULAU LEMUKUTAN: 14 Aktivitas Wisata Menarik - Desember 2020

Pulau Lemukutan
Harga Tiket: Rp229.000-Rp380.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: -,Sungai Raya Kepulauan,Bengkayang,Kalimantan Barat,Indonesia,-.

Lemukutan merupakan destinasi wisata pulau yang digadang-gadang sebagai yang terbaik di Kalimantan Barat. Pulau Lemukutan Singkawang terkenal di kalangan wisatawan karena keindahan bawah lautnya yang memukau.

Lokasinya yang berjarak tidak terlalu jauh dari kota Pontianak membuatnya menjadi wisata favorit. Pulau ini termasuk dalam kabupaten Bengkayang dengan luas wilayah mencapai sekitar 12.520 hektar.

Harga Tiket & Biaya

Tidak ada biaya tiket yang harus dikeluarkan wisatawan untuk berkunjung ke pulau ini. Hanya biaya-biaya tambahan seperti sewa kapal dan biaya untuk beraktivitas seperti snorkeling, kano, dll.

Daftar Harga
Paket Irit/OrangRp229.000
Paket Hemat 2D1N/OrangRp260.000
Paket Ekonomis 2D1N/orangRp330.000
Paket Standar 2D1N/orangRp380.000

Baca: Tempat-tempat Wisata Menarik di Singkawang

Jam Buka

Waktu OperasionalJam Buka
Setiap Hari24 Jam

Ragam Aktivitas Wisata di Pulau Lemukutan

Nama pulau diambil dari nama Desa Lemukutan dengan cerita rakyat bahwa bentuknya menyerupai lembu. Kondisi hutan tropis yang masih dijaga masyarakat setempat menjadikannya lokasi yang cantik alami. Wilayah ini memiliki banyak tanjung dan teluk, yang memungkinkan wisatawan melakukan berbagai aktivitas seru.

Naik Perahu Menuju Pulau

Naik perahu menuju Pulau Lemukutan Bengkayang Kalimantan Barat - hevi_putri
Menikmati perjalanan naik perahu melewati gugusan pulau-pulau menuju Pulau Lemukutan – Foto : Instagram/hevi_putri

Keindahan panorama telah mulai tersaji saat wisatawan melakukan perjalanan laut menuju pulau. Melintasi aliran gelombang, wisatawan akan melewati gugusan pulau-pulau dengan pemandangan yang sangat mempesona. Ditemani burung yang berkicauan, terik matahari, serta udara sejuk yang masih bersih dan segar.

Warna air luat yang biru kehijauan menjadi panorama yang memanjakan wisatawan. Gulungan ombak menghempas batu karang di sepanjang pesisir pulau-pulau yang dilewati. Tak jarang lumba-lumba muncul ke permukaan air mengiringi perjalanan kapal.

Semakin mendekati wilayah daratan, air laut akan terlihat semakin jernih. Beragam ikan dan terumbu karang pun dapat terlihat dari balik permukaan air. Setelah bersadar di dermaga, wisatawan dapat melihat pantai berpasir putih berlatar bukit hutan tropis.

Panorama Pesisir Pulau Lemukutan

Menikmati panorama alam Pulau Lemukutan Bengkayang Kalimantan Barat - joniharvand
Menikmati panorama alam Pulau Lemukutan yang asri dibingkai perbukitan hijau – Foto : Instagram/joniharvand

Tiba di pulau, wisatawan akan disambut dengan air laut yang jernih kebiruan. Pesona pantai yang dibingkai dengan hijaunya perbukitan hutan tropis menjadi daya tarik alaminya.

Pulau ini memiliki udara yang masih segar dan bersih alami. Suasanya tenang dan jauh dari keriuhan kota menjadi nilai tambah dari pulau ini. Pulau Lemukutan menyimpan surga yang begitu menakjubkan.

Pesona Bawah Laut Pulau Lemukutan

Pulau Lemukutan terkenal dengan keindahan bawah lautnya yang memukau. Wisatawan yang tidak pandai berenang dapat menikmati keindahannya dari atas permukaan air.

Kondisi alam sangat terjaga membuat air laut di sekitarnya begitu jernih. Hal tersebut memudahkan wisatawan yang datang untuk menikmati pemandangan bawah lautnya.

Wisatawan dapat melihat keindahan alam bawah laut dengan jelas dari atas perahu. Karena begitu jernih, wisatawan seolah melihat aquarium raksasa meskipun ketinggian air cukup dalam. Di dalam laut terihat berbagai satwa laut seperti ikan-ikan beraneka warna, kura-kura, maupun kepiting.

Piknik Santai

wisatawan bersantai di tepi pantai dan berpiknik
Piknik santai bersama sahabat di Pulau Lemukutan – Foto : Instagram/eska_ayunda

Pulau Lemukutan merupakan lokasi yang ramah untuk lokasi berlibur bersama keluarga dan sahabat. Aktivitas wisata seperti piknik santai dan makan bersama keluarga cocok dilakukan di tempat ini.

Wisatawan juga dapat membuat acara bersama seperti pertemuan keluarga, arisan, ataupun reuni. Pada masa liburan panjang seperti akhir tahun, lokasi ini menjadi destinasi favorit wisatawan.

Berenang

Kejernihan air luat wilayah perairan pulau selalu menggoda wisatawan. Berenang dan bermain air menjadi aktivitas pilihan untuk merasakan langsung kesegaran airnya. Wisatawan dapat berenang bebas di sekitar dermaga kayu dan perairan dangkal di sekitar pulau.

Snorkeling di Pulau Lemukutan

Snorkeling di Pulau Lemukutan Bengkayang Kalimantan Barat - junjunsss_
Snorkeling menikmati keindahan alam bawah laut Pulau Lemukutan – Foto : Instagram/junjunsss_

Spot Bungaron merupakan titik terbaik untuk menikmati keindahan alam bawah laut Pulau Lemukutan. Spot tersebut memiliki panorama bawah laut yang paling epik dengan sajian keindahan terumbu karangnya. Spot handal lainnya yaitu Pantai Teluk Melanau dan Pantai Teluk Cina.

Pada lokasi-lokasi tersebut, wisatawan dapat melakukan snorkeling untuk menyapa langsung kekayaan laut. Deretan terumbu karang dan ratusan ikan aneka warna warni akan menemani wisatawan melakukan snorkeling. Selain itu, wisatawan juga dapat menemukan teripang, bulu babi, hingga kerang Kima yang dilindungi.

Diving

Mengunjungi Pulau Lemukutan, banyak wisatawan yang melakukan aktivitas diving. Wisatawan dapat menyelami laut sekitar pulau dan menjelajah kedalaman wilayah perairannya.

Keindahan pesona bawah laut sekitar pulau menyimpan surga yang memanjakan para wisatawan. Air lautnya yang sangat jernih membuat gugusan karang berwarna-warni di dasar laut tampak jelas.

Bermain Kano

Bermain kano mengelilingi perairan sekitar Pulau
Bermain kano mengelilingi perairan sekitar Pulau Lemukutan – Foto : Instagram/yovinta_eti

Selain menikmati keindahan bawah lautnya, di sini wisatawan juga dapat bermain kano. Selain melatih kekuatan fisik, dengan bermain kano wisatawan dapat menikmati pemandangan di sekitar. Wisatawan akan disuguhi panorama laut yang indah saat berkeliling di sekitar pulau.

Bersepeda Keliling Pulau

Menikmati waktu berlibur, wisatawan dapat naik sepeda berkeliling pulau. Mengayuh sepeda menelusuri wilayah pesisir, wisatawan dapat melihat langsung kondisi pulau yang alami. Selain itu, wisatawan dapat menyaksikan langsung aktivitas keseharian warga lokal.

Santap Kuliner Laut

Kuliner pantai menjadi ciri khas sajian hidangan di pulau ini. Wisatawan dapat menyantap aneka hidangan laut pilihan pada tempat-tempat makan di sekitar pantai. Ikan-ikan yang segar membuat citarasa olahan menu seafood terasa semakin nikmat.

Wisata Budaya

Pulau Lemukutan juga menyimpan pesona dari keramahan  dan kehangatan sambutan penduduk setempat. Memasuki area pulau, wisatawan dapat melihat rumah-rumah pemukiman penduduk yang ada di sana. Bentuk rumahnya sederhana yang dilengkapi oleh tanaman, bunga-bunga dan juga berbagai jenis pohon.

Wisatawan dapat menikmati kearifan lokal warga setempat seperti mencari serta memancing ikan. Menjemur ikan asin hingga jalan-jalan keliling desa menjadi daya tarik tersendiri bagi pantai ini.

Sunset dan Sunrise di Pulau Lemukutan

Keindahan area pulau telah dimulai sejak sajian pemandangan sunrise di awal hari. Suasana hangat menyapa wisatawan menyaksikan keindahan matahari terbitsaat pagi di pulau ini.

Sore hari, wisatawan dapat duduk santai di dermaga sambil menghantarkan matahari kembali ke peraduannya. Menatap lautan lepas berlangitkan jinga senja menjadi momen yang ditunggu wisatawan. Ditemani semilir angin dan ombak, wisatawan dapat menikmati romantisme senja sambil minum kelapa muda.

Berfoto Berlatar Pemandangan Pulau

Area dermaga merupakan spot favorit bagi wisatawan untuk berfoto. Matahari tenggelam menjadi latar primadona bagi para wisatawan untuk mengabadikan momen liburan. Bukit hijau di daratan dan lautan lepas juga menjadi latar khas yang diincar wisatawan.

Menginap di Homestay

Bermalam di pulau memberi pengalaman wisata dan waktu yang lebih leluasa bagi wisatawan. Di lokasi ini wisata hampir semua warga memiliki tempat penginapan berupa homestay maupun vila. Berbagai tempat penginapan di pulau ini didesain memiliki khas adat atau budaya Kalimantan Barat.

Saat malam tiba, wisatawan dapat duduk di teras vila sambil mendengarkan suara gelombang laut. Suasana berlibur terasa begitu damai dan tenang. Wisatawan akan diajak untuk menikmati malam sambil membakar ikan di tepi laut. Momen menyalakan api unggun dan bermain musik bersama sahabat dan keluarga menambah keseruan malam.

Wisatawan juga memiliki kesempatan emas untuk bisa berbaur dengan masyarakat lokal . Wisatawan dapat merasakan momen makan bersama, mengobrol dan berbagi cerita dengan warga setempat. Hal ini akan memberkan pengalaman yang berkesan bagi wisatawan.

Fasilitas

Meski belum tersedia hota dan restoran, Pulau Lemukutan memiliki fasilitas wisata yang cukup memadai. Bagi wisatawan yang ingin melakukan snorkeling, disarankan untuk menyiapkan perlengakapan dari titik keberangkatan.

Untuk mempermudah, wisatawan dapat menggunakan jasa tour operator yang biasanya menyediakan paket-paket wisata. Di kawasan pulau juga telah memiliki kios-kios yang menjajakan cinderamata khas pulau ini.

Lokasi dan Akses Wisata Pulau Lemukutan

Wisata Pulau Lemukutan berada di kecamatan Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. Dari kota Pontianak, lokasi ini berjarak sekitar 115 km atau sekitar tiga jam. Jika ditempuh dari Teluk Suak, dibutuhkan waktu tempuh sekitar satu jam. Untuk mencapai pulau ini, wisatawan harus menaiki kapal di dermaga Teluk Suak, Karimuntung. Jarak tempuhnya perjalanan laut ini sekitar satu jam.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 4,50 | 2 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini