Beranda Tiket Wisata

SINKA ZOO Tiket Murah Beragam Aktivitas - Oktober 2022

0
Harga Tiket Masuk Sinka Zoo : Rp10.000Jam Buka: 08.00 - 17.00No Telp: -Alamat: Sedau, Singkawang Selatan, Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia, 79163

Sinka Zoo adalah satu-satunya kebun binatang yang ada di Singkawang, Kalimantan Barat. Kebun binatang ini terletak di kawasan Sinka Island dan memiliki topografi yang berbukit-bukit. Terdapat aneka jenis hewan yang ada kebun binatang ini, seperti rusa dan kerbau albino. Selain itu, ada juga orangutan, gajah, beruang madu, ular, sampai burung merak.

Keunikan kebun binatang ini salah satunya yaitu dekat dengan Pantai Bajau. Pantai dengan pemandangan bebatuan berombak tenang. Selain Pantai Panjau, kebun binatang ini juga dekat dengan Pantai Panjang dan Pantai Simping. Tidak hanya pantai dari area kebun binatang terdapat jembatan yang langsung terhubung ke pulau terkecil di dunia, yaitu Pulau Simping. Di pulau ini terdapat hutan yang rimbun dan kelenteng mini.

Harga Tiket Masuk ke Sinka Zoo

Tiket masuk untuk menikmati Sinka Zoo cukup terjangkau. Harga Tiket masuk tersebut belum termasuk biaya masuk kolam renang dan pantai yang ada di sekitarnya. Biaya lain yang harus disiapkan oleh pengunjung yaitu untuk parkir dan membeli makanan di sini.

Harga Tiket Masuk
Sinka ZooRp10.000
Pantai BajauRp20.000
Pantai SimpingRp15.000
Sewa Wahana Permainan Air
Banana boatRp600.000/6 orang
Perahu bebek (15 menit)Rp20.000

Baca: BAJAU BEACH Singkawang: Tiket, Wahana & Aktivitas

Jam Buka Sinka Zoo

Kebun binatang ini buka setiap hari mulai dari pukul 08.00 sampai 17.00. Apabila ingin berkunjung ke sini, sebaiknya datang saat cuaca cerah. Di saat tersebut pengunjung akan merasa nyaman saat berkeliling kebun binatang. Selain itu, keindahan pemandangan di sini juga akan terlihat dengan jelas.

Jam Operasional
Setiap hari08.00-17.00

Menjelajahi Kebun Binatang Sinka Zoo

Kawasan kebun binatang Sinka Zoo
Sinka Zoo menawarkan wisata kebun binatang dimana pengunjung yang berkeliling menggunakan mobil atau jalan kaki, bisa berinteraksi langsung dengan satwa yang dipelihara di sini, Foto: Google Map/Febi Riawan

Singkawang memiliki sebuah kebun binatang yang menarik untuk sebagai tujuan liburan. Lokasinya di Sinka Island Park. Kebun binatang ini berdiri di atas lahan seluas 20 hektare dengan topografi berbukit. Dengan topografi tersebut, sambil melihat aneka satwa, pengunjung juga akan merasakan wisata naik dan turun bukit.

Bernama Sinka Zoo dengan koleksi sekitar 287 jenis satwa yang terbagi menjadi beberapa kategori. Kategori tersebut yaitu 137 jenis burung, 117 jenis mamalia, dan 30 jenis reptil. Beberapa jenis satwa yang ada diantaranya harimau, kerbau albino, beruang madu, ular sanca jaring, rusa, orangutan, gajah, dan burung merak. Untuk berkeliling kawasan kebun binatang ini dilakukan dengan menaiki mobil pribadi atau berjalan kaki. Selama perjalanan pengunjung boleh  untuk memberi makan satwa yang ada.

Baca: TAMAN BURUNG Singkawang Tiket & Ragam Atraksi

Menikmati Pemandangan Laut di Pantai Banjau

Pantai Bajau yang ada di dekat Sinka Zoo
Selain kebun binatang, pengunjung juga bisa mengunjungi Pantai Bajau yang terletak tak jauh dari Sinka Zoo. Foto: Google Map/Mas Yok Yoyok

Sinka Zoo terapit beberapa tempat wisata, salah satunya yaitu Pantai Banjau. Lokasi Pantai Bajau terletak di samping Pantai Pasir Panjang, hanya terpisahkan sebuah parit kecil. Pantai ini memiliki pemandangan pantai yang unik, yaitu terdapat bebatuan besar sampai kecil, yang tersebar di area pantai. Selain itu, pantai ini juga memiliki pasir yang putih dan ombak yang tenang. Pemandangan pantai akan semakin indah saat matahari terbenam dan sangat sayang jika terlewat.

Untuk menikmati pemandangan pantai, pengunjung bisa berkeliling sambil berjalan kaki. Tak hanya berjalan kaki, bisa juga dengan menunggang kuda atau naik delman. Di sini pengunjung juga bisa berenang dan bermain pasir. Terdapat juga wisata air dengan beberapa wahana, di antaranya yaitu banana boat, perahu bebek, dan jet ski. Untuk perahu bebek, hanya bisa di danau yang berada dekat dengan pantai. Setelah lelah bermain di pantai, beristirahat di gazebo di tepi pantai bisa menjadi pilihan.

Baca: PANTAI PASIR PANJANG: Tiket & 20 Aktivitas Seru

Wisata ke Pulau Simping

Jembatan menuju Pulau Simping
Pada sore hari, di jembatan menuju Pulau Simping biasanya banyak pengunjung yang duduk-duduk dan memancing ikan laut. Foto: Google Map/Bunda Rara

Di dalam area Sinka Island Park, tepatnya di pantai Simping, terdapat sebuah jembatan yang terhubung dengan Pulau Simping. Pulau ini dulunya bernama Pulau Kelapa dua dan merupakan pulau terkecil yang ada di dunia. Statusnya sebagai pulau terkecil juga sudah diakui PBB. Pemandangan di pulau ini tergolong indah. Laut dengan air yang biru dan jernih bisa terlihat dengan jelas dari sini.

Pulau Simping memiliki hutan yang cukup rimbun. Selain itu, di sini juga terdapat sebuah klenteng mini. Klenteng yang ada di sini masih aktif sebagai tempat beribadah. Dari pulau ini, terdapat jembatan yang menghubungkan pantai dengan kawasan batu burung. Jembatan ini menjadi tempat favorit bagi pengunjung yang ingin memancing. Biasanya kawasan ini akan ramai saat sore hari. Sambil memancing, pemandangan matahari terbenam juga bisa disaksikan dari sini.

Fasilitas di Sinka Zoo

Fasilitas yang tersedia di Sinka Zoo tergolong cukup lengkap. Tersedia toilet, musala, dan lahan parkir yang luas. Lalu, jika tidak membawa bekal makanan dari rumah, di sini juga tersedia beberapa restoran dan café. Di sini juga dibangun gazebo apabila pengunjung ingin beristirahat sejenak. Pada kawasan Pantai Bajau, terdapat beberapa wahana permain air seperti banana boat, perahu bebek, dan jet ski.

Lokasi Sinka Zoo

Sinka Zoo berlokasi di Jalan Malindo Teluk Karang, Kelurahan Sedau, Kecamatan Singkawang Selatan, Singkawang, Kalimantan Barat. Lokasinya juga dekat dengan Teluk Ma’jantuh atau yang terkenal dengan Teluk Karang. Jika berangkat dari pusat kota Singkawang, pengunjung harus menempuh jarak sejauh 8 kilometer. Lalu, jika datang dari luar pulau, dari Bandara Supadio Pontianak, pengunjung harus menempuh perjalan selama 3 jam.

Tanggapan:

4 / 5. dari 14

Berikan Rating