Beranda Tiket Wisata

RINDU ALAM Singkawang Tiket & 9 Aktivitas Seru - Oktober 2022

0
Harga Tiket Masuk Rindu Alam : Rp30.000-Rp50.000Jam Buka: 07.00 - 17.00No Telp: -Alamat: Sedau, Singkawang Selatan, Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia, 79163

Rindu Alam merupakan objek wisata alam berupa kawasan perbukitan yang berada dekat pantai. Dari atas bukit ini, terlihat suguhan perpaduan panorama laut, pegunungan, dan lanskap kota. Sudah berdiri pada tahun 2009, lokasi ini populer karena berada tak jauh dari pusat kota Singkawang.

Harga Tiket Masuk Rindu Alam Singkawang

Biaya Masuk
Harga Tiket Hari BiasaRp30.000
Harga Tiket Hari KerjaRp50.000

Baca: BAJAU BEACH Singkawang: Tiket, Wahana & Aktivitas

Jam Buka

Waktu OperasionalJam Buka
Setiap hariPk. 07.00  – 17.00

Ragam Aktivitas Wisata di Rindu Alam Singkawang

Wisata Rindu Alam menjadi incaran banyak wisatawan terutama di akhir pekan dan masa liburan. Lokasinya berada dalam Sinka Island Park yang mencakup beberapa objek wisata dalam satu kawasan. Puncak bukit ini merupakan bagian tertinggi dari kawasan wisata Sinka Island Park.

Baca: Destinasi Wisata Terbaik di Singkawang

Trekking

Mendaki jalur trekking menuju puncak Rindu Alam Singkawang
Menyusuri anak tangga jalur treking menuju puncak Rindu Alam Singkawang – Foto : Instagram/delvin93_project93

Untuk mencapai puncak bukit, wisatawan harus berjalan kaki mendaki anak tangga. Jalur trekking tersebut berkelok dan panjang namun telah dibangun sehingga mulus dan nyaman dilalui.

Di sepanjang jalur pendakian, wisatawan dapat menemukan banyak patung hewan yang tersebar. Adanya patung-patung hewan karena termasuk dalam Sinka Island Park dengan Sinka Zoo di dalamnya. Wisatawan biasanya mampir sejenak untuk berfoto bersama patung-patung tersebut, terutama yang datang bersama keluarga.

Baca: TAMAN BOUGENVILE Singkawang: Tiket & Aktivitas

Pada kiri kanan jalan setapak juga banyak terdapat kursi yang tersedia untuk beristirahat. Tempat ini sekaligus menjadi lokasi untuk duduk-duduk dan bersantai bagi wisatawan. Di antara pepohonan, wisatawan dapat merasakan suasana alami dengan udara yang bersih dan sejuk.

Panorama dari Puncak Bukit Rindu Alam Singkawang

Panorama laut dan pegunungan dari puncak rindu alam
Panorama laut dan pegunungan dari puncak Bukit Rindu Alam Singkawang – Foto : GoogleMaps/Tukang Jepret

Berada pada ketinggian 400 meter di atas permukaan laut, wisatawan dapat menikmati pemandangan memukau. Pantai Baju di kaki bukit tampak indah dengan bentang pasir dan hamparan lautnya. Pantai Simping, Pasir Panjang, Pantai Tanjung Gondol, dan pantai-pantai dekat bukit juga terlihat.

Pemandangan lanskap Kota Singkawang yang sekelilingnya perbukitan Pasi, Sakok, Poteng dan Selat Karimata. Panorama indah yang terbingkai rangkaian Gunung Kota, Gunung Besar, dan Gunung Lapis. Ditambah dengan hijau dan rimbunnya tiga puncak pegunungan yang subur tersebut terlihat seolah menyatu.

Baca: TAMAN BURUNG Singkawang Tiket & Ragam Atraksi

Selanjutnya dari area bukit wisatawan dapat menyaksikan seluruh kemewahan panorama pariwisata alam Kota Singkawang. Pemandangan kota dengan hiasan warna-warni seribu kelenteng tampak indah dari ketinggian bukit. Pada saat malam tiba, wisatawan dapat melihat indahnya kelap-kelip lampu kota yang tampak dari kejauhan.

Menikmati Suasana Berkabut

Kabut mulai turun diiringi awan mendekat jelang hujan di atas bukit
Kabut mulai turun diiringi awan mendekat jelang hujan di atas bukit – Foto : Instagram/aanc.eicontreray

Dengan ketinggiannya, kawasan puncak Bukit Rindu Alam sering berselimut awan pada musim hujan. Pada saat menjelang turunnya hujan, wisatawan dapat merasakan sensasi bersentuhan langsung dengan kabut. Momen ini tentu dapat menjadi pengalaman unik yang tak terlupakan bagi wisatawan.

Menikmati Suasana Tenang Bukit Rindu Alam

Hawa dingin langsung dapat dirasakan wisatawan saat memasuki kawasan wisata Bukit Rindu Alam. Suhu dingin khas pegunungan terasa sejak sore hingga pagi hari, terutama bulan Agustus–Februari. Berbagai tumbuhan dan tanaman bunga ditanam untuk mempercantik kawasan wisata ini.

Baca: MIMI LAND Bengkayang Tiket & Ragam Aktivitas

Nuansa bukit yang menyajikan ketenangan menjadi daya tarik bagi wisatawan. Di sepanjang jalur treking hingga kawasan di sekeliling puncak bukit dipadati pepohonan. Hal ini membuat udara bukit di ketinggian ini terasa bersih, segar, dan sejuk.

Di area wisata ini tersedia gazebo sebagai tempat untuk beristirahat santai. Sambil bersantai, wisatawan dapat menikmati paduan keindahan alam dari hutan dan laut Natuna. Selain itu suasana asri dengan udara yang sejuk serta panorama alam yang indah memberikan efek relaksasi.

Piknik Santai

Piknik santai bersama rekan dan keluarga di pondok yang tersedia di puncak bukit
Piknik santai bersama rekan dan keluarga di pondok yang tersedia pada puncak Rindu Alam Singkawang – Foto : Instagram/richardsuwendy

Akhir pekan dan masa liburan merupakan waktu favorit kunjungan wisatawan. Destinasi ini juga menjadi lokasi wisata bersama keluarga untuk melepas penat dari rutinitas.

Beberapa pondok dimanfaatkan wisatawan untuk beristirahat santai dan makan bersama rekan maupun keluarga. Wisatawan biasanya melakukan piknik santai dengan membawa perbekalan makanan dan minuman.

Aneka Objek Foto Cantik

Berfoto bersama patung Iguana di area objek wisata
Berfoto bersama patung Iguana di kawasan Bukit Rindu Alam Singkawang – Foto : Instagram/lena_niu_niu

Bukit Rindu Alam menyajikan berbagai sudut dengan keindahannya masing-masing. Mulai dari latar alami hutan di sepanjang jalur trekking hingga panorama dari puncak bukit.

Baca: PANTAI SAMUDRA Bengkayang Tiket & Aktivitas

Hamparan laut dengan sebaran pulau-pulau kecil dan bentang pantai terangkai cantik. Perbukitan dan puncak-puncak gunung membingkai keindahan lanskapnya juga tak luput dari bidikan kamera wisatawan.

Selain pesona alamnya, beberapa spot foto juga terdapat di kawasan Bukit Rindu Alam. Seperti misalnya ornamen dan patung-patung hewan yang terdapat pada jalur pendakian menuju puncak bukit. Banyak titik pilihan disajikan untuk mengabadikan momen berlibur di bukit indah ini.

Santap Kuliner

Kawasan wisata Bukit Rindu Alam memiliki banyak warung makan yang dapat menjamu wisatawan. Sebuah restoran yang cukup terkenal di kalangan wisatawan juga terdapat di area ini. Restoran tersebut selalu ramai wisatawan untuk menikmati makanan dan minuman sambil menikmati indahnya pemandangan.

Sunset Indah Dari Bukit Rindu Alam

Pada saat sore hari, jumlah wisatawan yang datang ke Bukit Rindu Alam akan bertambah banyak. Momen sunset yang memukau dari atas bukit menjadi magnet tersendiri.

Paduan warna-warni merah, putih, kuning, ungu langit senja laksana lukisan nan menakjubkan. Perubahan warna langit yang terpantul pada permukaan laut menebar pesonanya dan memberikan suasana dramatis.

Menginap di Rindu Alam Singkawang

Sederet penginapan dapat menjadi pilihan bagi wisatawan jika ingin bermalam di sini. Vila-vila tersebut dapat disewa bagi yang ingin bermalam dan menikmati waktu lebih leluasa.

Sementara lokasinya berada di lingkungan bukit yang asri, penginapan tersebut menyajikan nuansa yang tenang. Tak luput, wisatawan dapat menyaksikan indahnya momen matahari terbit maupun terbenam.

Lokasi dan Akses Wisata Bukit Rindu Alam

Wisata alam bukit ini berada di Sedau, Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat 79163. Objek wisata alam perbukitan ini berjarak hanya sekitar 20 kilometer dari pusat Kota Singkawang. Lokasinya cukup mudah diakses dengan menggunakan transportasi umum maupun kendaraan pribadi. Sedangkan bagi yang memilih transportasi umum dapat menggunakan taksi, bus ataupun minibus menuju lokasi.

Dari jalan raya Pontianak-Singkawang, masuk dari samping kawasan wisata pantai bersisian dengan tepi laut. Kemudian menyusuri jalan beraspal sejauh 18 kilometer, wisatawan pun akan sampai ke lokasi bukit. Kondisi jalan mendekati bukit berliku dan menanjak sehingga perlu dipastikan kendaraan pribadi cukup prima.

Tanggapan:

4.5 / 5. dari 24

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini