Beranda Tiket Wisata

TAMAN LANGSAT 5 Daya Tarik Wisata Desember 2021

Taman LangsatHarga Tiket: GratisJam Buka: 06.00 - 18.00No Telp: -Alamat: Jl. Barito, RT.1/RW.1, Kramat Pela, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Indonesia, 12130

Kota besar seperti Jakarta memang dipadati dengan berbagai bangunan. Namun siapa sangka, di kawasan Jakarta Selatan yang padat sekalipun memiliki taman kota yang nyaman. Taman Langsat adalah salah satu di antaranya.

Letaknya tak jauh dari Pasar Mayestik dan Pasar Burung Barito. Lebih mudah menemukannya jika berpatokan pada Taman Ayodya yang berada di seberangnya. Taman yang cukup luas ini menghadirkan suasana alam di tengah hiruk-pikuk kota. Jika ingin mencari udara segar di kawasan Jakarta Selatan maka Taman Langsat bisa menjadi pilihan.

Tiket Masuk Taman Langsat

Taman Langsat ini merupakan taman kota yang menjadi bagian dari fasilitas umum. Publik boleh memanfaatkan sarana ini tanpa harus membayar biaya apapun. Siapa saja boleh mengunjungi taman ini.

Tiket Masuk
Harga Tiket MasukGratis

Baca: 6 Taman Kota Terbaik di Jakarta

Jam Buka

Taman Langsat terbuka untuk umum setiap hari. Jam operasionalnya mulai pagi hari hingga menjelang maghrib. Kawasan taman biasanya tutup pada malam hari. Kunjungan di malam hari sangat jarang karena taman ini masih lekat dengan kisah-kisah mistis.

Jam Operasional
Setiap Hari06.00 – 18.00 WIB

Rekreasi Teduh di Tengah Kota

Plasa di Taman langsat
Taman Langsat sering disebut ‘The Hidden Park’ alias taman tersembunyi – Foto: Google Maps/Ari Wibowo

Taman Langsat adalah taman kota yang berada di Jalan Gandaria Tengah III. Posisinya tepat di seberang Taman Ayodya. Taman yang peresmiannya oleh Gubernur DKI Fauzi Bowo di tahun 2010. Luasnya mencapai 3,6 hektare dan memiliki berbagai fasilitas rekreasi yang memadai.

Dibandingkan Taman Ayodya, Taman Langsat memang agak tertutup dan terkesan tersembunyi. Pepohonan yang tinggi dan rimbun jadi salah satu ciri khasnya. Ini juga yang membuatnya sering dikaitkan dengan kisah misteri. Terlepas dari kebenarannya, taman ini tetap nyaman dan menyenangkan sebagai tempat rehat sejenak.

Baca: 5 Aktivitas Menarik di TAMAN SUROPATI

Rimbun Tanaman

Bunga teratai mekar memenuhi sungai
Sungai yang berisi penuh tanaman bunga teratai jadi salah satu ciri khas Taman Langsat – Foto: Google Maps/Séverine Bambang

Area Taman Langsat yang mencapai 3,6 hektare menawarkan lahan yang luas untuk tumbuhnya pepohonan. Taman ini memang identik dengan rimbun aneka tanaman dan pohon yang menghiasinya. Terdapat lebih dari 500 jenis tanaman yang tumbuh di sini. Mulai dari tanaman hias hingga pohon langka.

Sejak lama kawasan taman memang berfungsi sebagai lumbung bibit pohon. Berbagai jenis pohon untuk kebutuhan penghijauan kota dikembangkan di sini. Gedung Bina Taman adalah salah satu fasilitas di dalam taman ini. Di sinilah tempat pengunjung bisa mendapatkan wawasan seputar pembibitan tanaman.

Di taman ini juga banyak didapati lahan berumput yang terbuka dan luas. Sebuah danau kecil dan sungai buatan mengalir di dalamnya. Puluhan bunga teratai putih dan merah muda menutupi sebagian besar permukaannya. Pemandangan cantik yang langka serta sulit ditemui di tengah kota besar, bukan?

Baca: 5 Aktivitas Seru di TAMAN SITU LEMBANG

Ramah Keluarga

Wahana bermain anak-anak di salah satu sudut taman
Selain area bermain untuk anak-anak area taman juga memiliki sarana olahraga sederhana yang memadai – Foto: Google Maps/ishaktongtong

Taman Langsat memiliki sejumlah fasilitas rekreasi yang bisa dinikmati semua kalangan usia. Salah satunya yaitu area bermain untuk anak-anak dengan wahana permainan. Wahana ini terdiri dari ayunan dan tangga panjat.

Di samping itu, banyaknya lahan berumput membuat taman ini jadi lokasi piknik yang nyaman. Banyak area yang terlindung di bawah pepohonan rindang. Tidak sedikit pengunjung yang sengaja menggelar tikar di area taman. Tempat favorit biasanya berada di sekitar danau yang penuh dengan teratai.

Baca: 5 Daya Tarik TAMAN MENTENG

Area Berolahraga

Jogging Track yang terlindung rimbunnya pepohonan
Suasana Taman langsat yang teduh serta dilengkapi fasilitas yang baik membuatnya sering dimanfaatkan sebagai arena olahraga sederhana seperti jogging atau bulutangkis – Foto: Google Maps/Dwithea Putri

Taman kota juga lekat dengan fungsi sebagai area berolahraga. Begitu juga Taman Langsat yang menawarkan sejumlah sarana olahraga gratis. Taman ini mempunyai jalur jogging sepanjang 750 meter yang mengelilingi taman. Jalur dari paving block ini juga terapit pepohonan rindang sehingga terlindung dari terik matahari.

Di sudut lain, dapat ada juga lapangan bulutangkis dan jalur refleksi. Jalur refleksi ini merupakan jalan yang berlapis batu kali dengan permukaan halus. Kalangan dewasa dan manula dapat memanfaatkannya sebagai spot pijat kaki.

Spot Foto Alami

Sungai di Taman Langsat
Banyak sudut yang teduh dan dipenuhi rimbunnya tanaman hias – Foto: Google Maps/Ari Wibowo

Kesan angker ternyata cukup santer disematkan pada Taman Langsat. Bisa jadi karena penampilannya yang dipenuhi pepohonan besar seperti beringin. Di malam hari, area pepohonan taman ini memang tampak lebih sepi dan gelap.

Namun, di pagi hingga sore hari taman ini hanyalah taman kota sederhana. Fungsinya sebagai tempat rekreasi masyarakat ibukota sekaligus paru-paru kota. Banyak juga spot menarik di Taman Langsat yang bisa menjadi latar berfoto. Salah satunya yaitu sungai dengan terowongan tanaman yang ciamik.

Fasilitas Taman Langsat

Fasilitas umum yang ada di taman ini antara lain toilet, gazebo, bangku taman, jaringan wifi, dan area parkir. Terdapat sarana olahraga berupa jogging track, peralatan outdoor gym, lapangan bulutangkis, dan jalur refleksi. Ada juga arena bermain anak-anak dengan wahana seperti ayunan, seluncuran, dan jungkat-jungkit.

Lokasi Taman Langsat

Taman kota ini berlokasi di Jalan Gandaria Tengah III, Kramat Pela, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Selain kendaraan pribadi, pengunjung juga bisa menggunakan transportasi umum seperti bus, metromini, dan transportasi online. Angkutan umum yang melewati taman ini yaitu Metromini jalur 69, 72, dan 74. Bisa juga menggunakan bus Transjakarta hingga Halte Mayestik atau Halte Blok M, kemudian lanjut berjalan kaki.

Tanggapan:

5 / 5. dari 1

Kasi Bintang