Jalur Hijau Kosambi: Tiket Gratis, Daya Tarik, Wahana dan Fasilitas Maret 2024

JALUR HIJAU KOSAMBI

  • Harga Tiket Masuk: Gratis
  • Jam Buka: 24 Jam
  • Nomor Telepon: -
  • Alamat: Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat, DKI Jakarta, Indonesia, 11750

Dekat Kelurahan Duri Kosambi Jakarta Barat terdapat RTH bernama Jalur Hijau Kosambi. Ini bukanlah ruang terbuka biasa yang umum terdapat di kota Jakarta. Pemerintah setempat memberikan beragam fasilitas yang membuat RTH ini bak destinasi wisata keluarga. Fasilitas standar di sini berupa jogging track yang mengelilingi taman dengan pepohonan rindang.

Ada beragam wahana yang bisa dinikmati keluarga. Di antaranya ada perosotan, jungkat-jungkit, dan ayunan yang bikin anak-anak betah di sini. Para remaja bisa bersantai sambil berfoto-foto dengan latar belakang fasilitas yang ada. Sementara itu, para orang tua bisa bercengkerama sambil mengawasi anak-anak yang bermain wahana.

Ada hal lain yang membuat Jalur Hijau Kosambi berbeda dengan ruang terbuka lainnya. Sebuah aviary berdiri di taman ini. Selain itu, terdapat semacam mini zoo yang pasti disukai anak-anak yang berkunjung taman ini.

Baca: TEBET ECO PARK Tiket Masuk & 5 Aktivitas Menarik

Harga Tiket

Untuk menikmati taman dan fasilitas lainnya, pengunjung tidak dikenakan biaya apa pun, baik tiket masuk maupun parkir.

Jam Buka

Jalur Hijau Kosambi buka mulai pukul 07.00 dan tutup pada pukul 17.00 WIB.

Daya Tarik Jalur Hijau Kosambi

Jalur Hijau Kosambi dibuat berdasarkan konsep bioflik. Ada empat bagian dalam penataannya, yaitu taman interaktif, taman kebugaran, eduwisata, dan jelajah. Inilah yang membedakan taman ini dengan RTH lainnya. Banyak pohon kayu ditanam di sini agar udara menjadi sejuk. Tidak heran banyak warga yang datang ke sini untuk sekedar beristirahat menghilangkan penat.

Biasanya warga datang berkelompok dan mengadakan kegiatan secara kolektif. Jalur Hijau Kosambi memiliki luas 2 ha. Suasana di sini begitu asri dengan warna-warni berbagai perdu berbunga. Taman ini telah direnovasi dan pemerintah menambahkan fasilitas baru bagi warga. Fasilitas tersebut di antaranya adalah playground dan mini zoo.

Fungsi lain yang digunakan warga ketika berada di taman ini adalah sebagai fasilitas berolah raga. Jogging track dari conblock yang juga dipakai sebagai jalur jalan kaki. Tidak jarang pula warga menggunakan taman untuk melakukan senam bersama di hari libur. Di bagian lain taman juga ada lapangan futsal yang bisa dipakai siapa saja.

Playground dan Aviary

Area bermain anak dengan berbagai wahana seperti perosotan dan ayunan di Jalur Hijau Kosambi
Seorang ibu mengawasi anaknya yang sedang bermain seluncuran, Foto: Google Map, Ika Tri Wahyuni

Ada berbagai wahana mainan anak-anak di playground. Si kecil bisa bermain ayunan, seluncuran, atau jungkat-jungkit. Ada juga wahana yang dapat melatih keberanian dan ketangkasan anak. Contohnya jembatan dan bidang persegi dengan tali-temali sebagai wahana berpijak. Para balita akan merasakan sedikit tantangan melintasi wahana ini.

Setelah lelah bermain di playground, anak-anak bisa beralih ke aviary yang terdapat lebih ke dalam di taman. Beraneka burung warna-warni beterbangan dari satu dahan ke dahan lain. Selain keindahan warna bulunya, pengunjung pun bisa menikmati kicauan burung hias tersebut.

Baca: TAMAN LANGSAT 5 Daya Tarik Wisata

Mini Zoo

Area taman unggas dengan berbagai satwa seperti ayam, bebek dan unggas di Jalur Hijau Kosambi
Beberapa koleksi unggas di mini zoo Jalur Hijau Kosambi. Foto: Google Maps, Indra Tjahyana

Dinas Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan sebagai pengelola menyediakan banyak kandang hewan. Dalam area berpagar, kandang-kandang tersebut menjadi rumah bagi beberapa jenis hewan. Beberapa di antara hewan tersebut ialah kelinci, ayam, bebek, angsa, dan marmut. Untuk melengkapi fasilitas mini zoo, terdapat beberapa kolam retensi di sekitar mini zoo.

Anak-anak bisa menyaksikan bebek dan angsa sesekali berenang di kolam. Tujuan kolam retensi sebenarnya untuk mengendalikan banjir. Di sekitar Jalur Hijau Kosambi terdapat banyak rawa. Karena itulah sering terjadi banjir ketika turun hujan lebat.

Mini zoo disediakan sebagai fasilitas edukasi. Para pengunjung bisa mempelajari gerak-gerik hewan dan menyayanginya. Hewan-hewan minum, bermain air, dan berenang di kolam ini. Area mini zoo ini berpagar, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Tetapi, pengunjung tetap dapat berinteraksi dengan hewan-hewan tersebut.

Baca: HUTAN KOTA GBK Tiket Masuk dan Daya Tarik

Kolam Ikan dan Tempat Interaksi Keluarga

Berinteraksi langsung dengan hewan tentunya merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan bagi anak-anak. Biasanya, balita akan sangat bersemangat memberi makan ikan-ikan yang ada di kolam ikan. Ada berbagai jenis ikan hias dan tentu saja, dengan ragam warna yang memikat.Sambil mengawasi anak-anak, para orang tua biasanya saling bercengkerama.

Tempat-tempat duduk dan saung tersedia di seluruh taman. Tempat ini pun cocok sebagai lokasi piknik dengan keluarga dan teman-teman. Pegiat media sosial, terutama remaja, pasti tidak akan melewatkan spot-spot menarik dan unik. Tempat ini menjadi surga kecil bagi yang suka berpose untuk postingan media sosial.

Baca: URBAN FOREST CIPETE Tiket Masuk, Menu dan Daya Tarik

Berbagai Spot Foto dan Sarana Olahraga

Danau dengan jembatan estetik berbentuk lambang cinta di Taman Jalur Hijau Kosambi
Seorang anak berpose di jembatan yang membelah kolam retensi. Gambar: Google Maps, Puu Puu

Ada sebuah kolam dengan tempat duduk beton melingkar di tengahnya. Foto diambil dari bagian luar kolam, sehingga obyek seolah berpose dalam kolam. Ada juga tenda bertiang bambu berbentuk kerucut dengan bangku kayu warna-warni di bawahnya. Tembok dengan mural pas untuk yang menyukai seni graffiti.

Ada juga taman kecil dengan pajangan guci keramik di tepi kolam. Ini jadi spot foto dengan latar belakang rumah-rumahan beratap rendah. Selain jogging track, terdapat lapangan futsal, lapangan basket, dan lapangan serbaguna. Banyak yang menggunakan lapangan sebaguna ini sebagai tempat berkumpul dan beracara.

Setiap hari Sabtu dan Minggu, Jalur Hijau Kosambi menyediakan lahan bagi pengusaha kecil setempat. Pengunjung bisa wisata kuliner sambil berolah raga, atau sekedar piknik keluarga. Selain jogging, akhir pekan biasanya juga dipakai grup ibu-ibu untuk mengadakan senam. Jadi, Jalur Hijau Kosambi memang menjadi bak destinasi wisata keluarga di tengah kota.

Fasilitas

Meskinpun hanya sebuah fasilitas RTH, Jalur Hijau Kosambi memiliki fasilitas sebagaimana detinasi wisata keluarga. Spot gratis ini menyediakan sarana parkir untuk kendaraan, meskipun tidak terlalu luas. Toilet dan musala juga tersedia, sehingga pengunjung tidak perlu bingung jika harus ke kamar kecil atau beribadah.

Tempat ini memfasilitasi pelaku UMKM setiap akhir pekan. Para pedagang itu menjajakan makanan dan minuman dengan harga yang pantas. Tempat duduk, saung, dan fasilitas untuk berfoto dan selfie pun relatif banyak. Bahkan, disediakan pula sarana berolah raga dan berkumpul untuk warga.

Lokasi

Jalur Hijau Kosambi terletak di Duri Kosambi, RT1/RW10, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat. Jaraknya hanya sekitar 1 km dari kelurahan Duri Kosambi. Dari Puri Indah Mall, pengunjung hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit menggunakan kendaraan bermotor melalui Jalan Raya Duri Kosambi.

Berikan Rating

4.7 - 11 Pembaca

Berikan Nilai

Bagikan konten ke: