TAMAN SAMBAS Taman Unik Banyak Wahana Februari 2024

TAMAN SAMBAS

  • Harga Tiket Masuk: Gratis
  • Jam Buka: 24 jam
  • Nomor Telepon: -
  • Alamat: Jl. Sungai Sambas I No.10, RT.3/RW.5, Kramat Pela, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, DKI Jakarta , Indonesia, 12130

Taman Sambas sebuah taman yang terletak di Jakarta Selatan. Ukurannya memang tidak terlalu luas namun cukup teduh dikelilingi pepohonan rindang. Areanya memang cocok sebagai tempat bersantai dan menikmati suasana alam yang asri di tengah keramaian kota.

Selain itu di area taman terdapat beragam fasilitas dan wahana. Baik untuk anak-anak maupun dewasa. Misalnya tersedia lapangan basket, area bermain anak, bangku-bangku untuk bersantai, lintasan joging, dsb. Tak heran jika taman ini sering menjadi pilihan rekreasi singkat warga sekitar.

Harga Tiket

Seperti taman kota pada umumnya tidak ada biaya tiket untuk masuk ke taman ini. Hal ini juga berlaku untuk pemakaian fasilitas yang tersedia secara gratis.

Harga Tiket
TiketGratis

Baca: Taman Ranggon Wijaya Kusuma Ruang Hijau Fasilitas Lengkap

Jam Buka Taman Sambas

Taman Sambas ini terbuka untuk umum selama sepanjang hari. Dengan kata lain, buka selama 24 jam setiap harinya.

Jam Buka
Jam Buka24 Jam

Ragam Aktivitas di Taman Sambas

Taman sambas
Desain taman yang rapi dan modern. Foto: google maps/Noviandri Lukman Hakim

Taman Sambas dirancang dengan konsep berbukit-bukit, mirip seperti bukit teletubbies. Terlihat beberapa gundukan tanah hijau yang ditumbuhi rumput subur. Beberapa pohon juga ditanam sebagai peneduh. Area taman terlihat cantik cocok untuk yang ingin sekadar cuci mata.  Selain itu terdapat beragam aktivitas yang bisa dilakukan, beberapa di antaranya:

Wahana Permainan Anak di Taman Sambas

Area Bermain anak di Taman Sambas
Area Bermain anak di Taman Sambas. Foto: google maps/Mochammad Neil Aksara

Meskipun ukuran taman agak kecil, namun cukup banyak menyediakan wahana. Terutama wahana permainan untuk anak-anak yang suka bermain. Desainnya terlihat sangat kreatif dan penuh warna cerah yang menarik. Sehingga mampu menjadi magnet tersendiri bagi anak untuk bermain di sana.

Si kecil bisa bermain perosotan dan wahana mangkok putar yang seru. Kemudian ada lapangan basket yang multifungsi karena sekaligus bisa menjadi lapangan sepak bola. Selain itu, tersedia juga wahana panjat jaring bagi si kecil yang aktif dan suka tantangan. Semua permainan tersebut gratis untuk umum.

Baca: HUTAN KOTA GBK Tiket, Jam Buka & Daya Tarik

Area Keluarga

Tempat duduk di sekitar area taman
Tempat duduk untuk berkumpul dan bersantai. Foto: google maps/Emil TV

Bagi yang mengajak keluarga tidak usah khawatir. Karena di Taman Sambas sudah ada tempat khusus yang cocok untuk kumpul sekeluarga. Areanya berbentuk lingkaran berisi meja batu bundar di tengahnya, terletak di sebelah wahana permainan. Di taman ini juga sangat banyak tersedia area duduk-duduk nyaman sambil menikmati sore.

Penuh Ornamen Instagramable

Semua hal yang ada di Taman Sambas memiliki unsur seni. Mulai dari bentuk taman, tata letak, bahkan pulasan catnya memiliki nilai seni. Misalnya tong sampah yang dibuat menyerupai kayu yang berwarna coklat kalem dan estetis.

Selain itu bentuk tamannya juga tak biasa. Dengan kontur berundak-undak beralas rumput hijau terlihat unik. Wahana anak-anak pun dicat penuh warna menambah semarak area taman.

Baca: SENAYAN PARK Tiket Gratis Wisata Danau & Skywalk

Taman Yang Ramah Bagi Lansia

Taman Sambas sangat ramah bagi pengunjung yang sudah lansia. Beberapa bagian alas taman terpasang batu sikat. Sehingga permukaannya yang kasar berkerikil cocok bagi lansia yang ingin terapi refleksi kaki.

Ruang Kantor Petugas Berdesain Unik

Kantor petugas Taman Sambas
Kantor petugas keamanan memiliki desain unik yang mirip dengan rumah Hobbit. Foto: google maps/Emil TV

Di area taman terdapat ruangan bagi petugas keamanan. Kantornya memiliki desain yang sangat unik dan beda dari ruangan pada umumnya. Ruangan agak masuk ke bawah tanah sehingga hanya terlihat jendela kaca saja dari luar. Atap ruangan juga berupa gundukan tanah berumput hijau. Sekilas ruangan kantor tersebut tampak mirip seperti rumah Hobbit.

Biasanya petugas keamanan akan meminta pengunjung mengisi buku tamu. Selain petugas keamanan, ada juga petugas kebersihan yang rajin membersihkan area taman. Nah, hal yang tidak kalah keren yaitu kantor petugasnya.

View Transportasi MRT

Taman berada di bawah lintasan kereta MRT
Pemandangan jalur MRT dari sekitar taman. Foto: google maps/Kusumo B.N.

Taman Sambas terletak di bawah lintasan transportasi umum kereta MRT. Jika sedang berada di sekitar taman maka pengunjung bisa menyaksikan pemandangan kereta dari bawah. Kereta MRT akan lewat setiap 10 menit sekali. Mungkin pemandangan ini tidak bisa didapatkan di taman-taman yang lain.

View tersebut semakin menambah kesan taman modern khas kota metropolitan. Di sekeliling juga banyak latar belakang gedung tinggi Kota Jakarta. Menambah keindahan kawasan taman ini.

Kuliner di Area Taman Sambas

Saat malam hari taman ini semakin ramai dengan kehadiran pedagang makanan. Pengunjung juga dapat menemukan pedagang sate Madura yang bisa menjadi pilihan mengisi perut. Pengunjung bisa menemukan pedagang mi ayam yang enak di sana pada siang atau malam. Lalu jika haus ada pula pedagang minuman keliling dengan harga terjangkau tentunya.

Fasilitas

Selain dari wahana permainan anak, Taman Sambas sudah mempunyai fasilitas parkir untuk kendaraan. Yakni mulai dari parkir sepeda, motor, hingga parkir untuk mobil. Kemudian bagi yang ingin berteduh sudah ada gazebo dengan kanopi beratap transparan.

Ada pula fasilitas pos jaga yang memberi keamanan bagi pengunjung. Serta tidak melupakan toilet untuk pengunjung. Kesimpulannya, segala fasilitas cukup untuk mendukung aktivitas pengunjung berekreasi di Taman Sambas.

Lokasi Taman Sambas

Taman Sambas berlokasi di Jalan Sungai Sambas I No.10, RT.3/RW.5, Kramat Pela, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, DKI Jakarta. Letaknya mudah ditemukan karena terletak di jalan raya dan aksesnya gampang.

Rating Pembaca

4.5 - 21 Pembaca

Berikan Nilai

Bagikan Konten ke: