Beranda Tiket Wisata

5 Aktivitas Seru di TAMAN SITU LEMBANG Desember 2021

Taman SitulembangHarga Tiket: GratisJam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Jl. Lembang Terusan No.D-59, RT.6/RW.5, Menteng, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 12910

Selain Taman Menteng, Jakarta memiliki taman lainnya yaitu Taman Situ Lembang. Letak kedua taman ini cukup berdekatan di kawasan Jakarta Pusat. Nama ‘Situ Lembang’ berasal dari adanya danau (situ) dan Jalan Lembang yang mengelilinginya.

Danau buatan di tengahnya memang menjadi daya tarik utama. Keberadaan danau di kawasan ibukota seperti ini jadi sesuatu yang langka. Sehingga, taman ini jadi alternatif yang baik bagi warga kota yang ingin mencari pemandangan berbeda. Rekreasi sejenak di taman ini bisa jadi pilihan berakhir pekan yang menyenangkan.

Tiket Masuk Taman Situ Lembang

Seperti halnya Taman Menteng taman Situ Lembang juga tidak menetapkan tiket masuk. Jadi siapa saja bisa menggunakan fasilitas umum ini secara cuma-cuma. Siapkan uang jika ingin mencicipi jajanan yang berderet di sekitar taman.

Tiket Masuk
Harga Tiket MasukGratis

Baca: 33 Tempat Wisata di Jakarta Terbaik

Jam Buka

Kawasan taman terbuka untuk umum setiap hari. Pengunjung maupun wisatawan bisa datang kapan saja kemari. Biasanya, waktu pagi dan sore hari ramai oleh pengunjung yang berolahraga.

Jam Operasional
Setiap Hari 24 Jam

Rekreasi di Taman Situ Lembang

Taman Situ Lembang adalah sebuah ruang terbuka hijau yang berada di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Taman ini bermula dari waduk Kali Cideng yang mengalami penataan agar lebih rapi. Danau ini sudah ada sejak tahun 1918, sehingga menjadikannya salah satu taman tertua di Jakarta. 

Sebelum berfungsi sepenuhnya sebagai ruang publik, taman ini penuh dengan pedagang kaki lima. Padahal, taman ini adalah bagian dari kawasan permukiman elit Menteng. Saat ini Taman Situ Lembang lebih banyak dimanfaatkan oleh warga yang berolahraga atau bersantai.

Baca: Taman Mini Indonesia Indah TMII Tiket & 10 Wahana Seru

Danau Multifungsi

Air mancur di tengah danau
Sinar matahari menyoroti air mancur di tengah danau Taman Situ Lembang pada pagi hari – Foto: Google Maps/Marror

Selaras dengan namanya, sebagian arealnya merupakan danau alias situ. Namun jangan tertukar dengan Situ Lembang yang berada di Lembang, ya. Danau ini sudah ada sejak masa pendudukan Belanda sebagai reservoir Kali Cideng. 

Luas taman mencapai 14.700 meter persegi dan sebagian besar merupakan danau. Di samping fungsi utamanya, danau ini juga jadi penyejuk. Di sekeliling danau, terdapat berbagai pepohonan rimbun yang menambah keteduhan.

Tahun 1984, penambahan tanaman bunga teratai dan air mancur semakin mempercantik danau ini. Spot khusus untuk memancing juga ada di beberapa titik. Dengan begitu, situ ini bisa jadi tempat rekreasi sederhana yang menyenangkan.

Baca: ISTANA ANAK TAMAN MINI Tiket & Wahana

Pemancingan di Pusat Kota

Duduk di tepi danau untuk memancing
Memancing adalah salah satu aktivitas favorit pengunjung Taman Situ Lembang – Foto: Google Maps/SARWO EDHIE

Memang sulit bagi para penggemar kegiatan memancing untuk mencari area pemancingan di pusat kota. Karenanya, danau ini menjadi semacam oasis. Di sekeliling danau sengaja dibuat spot untuk memancing. 

Danau di sini memiliki sejumlah koleksi ikan seperti ikan mujair hingga lele. Pengunjung cukup membawa alat pancing sendiri untuk kegiatan memancing. Banyak pengunjung yang sengaja menghabiskan waktu berjam-jam untuk memancing. Ditambah dengan suasana taman yang teduh akan membuat siapapun betah.

Baca: Taman Ismail Marzuki Tiket & Atraksi Wisata

Olahraga dan Bermain

Orangtua bisa menemani anak-anak bermain
Pengunjung dari seluruh kalangan usia bisa menghabiskan waktu dengan nyaman dan menyenangkan di taman ini – Foto: Google Maps/Ario Nugroho

Taman Situ Lembang memang tidak seluas Taman Menteng atau Taman Suropati. Namun, lokasinya cukup nyaman untuk jogging atau jalan santai. Hal ini karena adanya jalan dari paving blok yang nyaman mengelilingi area danau. Setidaknya butuh waktu sekitar 10 menit untuk mengelilingi keseluruhan taman dengan berjalan kaki. 

Selain itu di salah satu sudut taman juga terdapat ruang untuk outdoor fitness. Sejumlah peralatan fitness sederhana untuk melatih otot lengan atau kaki tersedia di sini. Fasilitas ini bisa digunakan oleh siapa saja yang ingin berolahraga. Sangat cocok jika menutup sesi lari pagi atau sore dengan berlatih otot di sini.

Selanjutnya di sudut lain, ada arena bermain untuk anak-anak. Arena ini memiliki wahana permainan seperti seluncuran dengan terowongan dan ayunan. Patung-patung hewan juga turut menghiasi area sekitarnya. Sementara lantainya berlantai bahan karet yang cukup empuk untuk menjaga keamanan anak selama bermain.

Bangku-bangku taman cukup banyak tersebar di area taman. Tempat ini jadi spot favorit untuk sekadar duduk bersantai sambil memandangi danau yang tenang. Jika butuh referensi tempat rekreasi hemat, taman ini bisa jadi pilihan tepat.

Baca: ECOPARK ANCOL Tiket & Wahana

Checkpoint Olahraga

Jogging mengelilingi danau Taman Situ Lembang
Nikmati aktivitas olahraga di ruang terbuka berbalut udara segar dan pepohonan rindang nan menyejukkan mata – Foto: Google Maps/Muhammad Azis

Luas taman mungkin tidak cukup memuaskan untuk olahraga lari. Namun, taman ini bisa menjadi checkpoint untuk rute olahraga di kawasan Menteng. Kawasan ini memang memiliki beberapa taman yang sejuk. 

Taman Menteng, Taman Suropati, dan Taman Kodok berada tak jauh dari Taman Situ Lembang. Cobalah untuk membuat rute khusus yang bisa melewati seluruh taman ini. Dengan begitu, kegiatan olahraga pagi atau sore pun tidak akan membosankan. Tentu menyenangkan mengitari kawasan ini dengan bersepeda atau berlari.

Fasilitas Taman Situ Lembang

Taman Situ Lembang memiliki sejumlah fasilitas umum untuk kenyamanan publik. Pengunjung tidak akan sulit mencari musala dan toilet di sini. Tempat sampah serta bangku taman juga tersebar di seluruh area taman. Sedangkan untuk kendaraan seperti mobil atau motor bisa memarkir di sekitar taman.

Lokasi Taman Situ Lembang

Taman kota ini terletak di Jalan Lembang Terusan No. D-59, Menteng, Jakarta Pusat. Pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum yang disambung berjalan kaki. Transjakarta atau Kopaja jurusan Senen – Lebak Bulus adalah beberapa yang bisa dipilih. Dari Taman Menteng, pengunjung bisa berjalan kaki dengan jarak sekitar 750 meter.

Tanggapan:

5 / 5. dari 3

Kasi Bintang