Beranda Tiket Wisata

Taman Kalijodo Jakarta Arena Bermain Seru – Desember 2022

0
Harga Tiket Masuk Taman Kalijodo : GratisJam Buka: 24 jamNo. Telepon: -Alamat: Penjagalan, Tambora, Jakarta Barat, DKI Jakarta, Indonesia, 11330

RTH Taman Kalijodo Jakarta seolah membawa wajah baru bagi wisata ruang terbuka hijau bagi masyarakat. Berbeda dengan wajah Kalijodo sebelumnya, yang terkesan kelam. Karena tempat ini dulu merupakan area lokalisasi dengan angka kriminalitas tinggi.

Kemudian pada tahun 2016, kawasan Kalijodo berubah menjadi taman yang ramah anak. Hingga kini, selain menjadi primadona warga ibukota. Wisatawan bisa menghabiskan waktu bersama keluarga, tersedia pula area bermain skateboard, bmx, yang sudah berstandar Internasional.

Harga Tiket Masuk Taman Kalijodo

Untuk memasuki kawasan ini, wisatawan tidak perlu membayar tiket masuk.

Harga Tiket Masuk
Tiket masuk Gratis

Baca: 5 Daya Tarik TAMAN MENTENG Jakarta

Jam Buka RTH Taman Kalijodo

Meskipun taman terbuka, objek wisata ini tetap menetapkan jam kunjungan bagi wisatawan. Taman Kalijodo sendiri terbagi menjadi dua, yaitu RTH dan RPTRA. RTH (Ruang Terbuka Hijau) Kalijodo berada di wilayah Penjaringan, Jakarta Utara. Sementara RPTRA (Ruang Publik Terpadu Ramah Anak) berada di wilayah Tambora, Jakarta Barat.

Jam Operasional
RTH Setiap hari 24 jam
RPTRA Setiap hari 06:00 – 20:00 WIB

Wisata Murah di Taman Kalijodo

Taman Kalijodo Jakarta Barat
Taman Kalijodo Jakarta Barat. Foto: Gmap/sukarti wulansari

Taman Kalijodo bisa menjadi tujuan rekreasi bagi warga Jakarta maupun luar Jakarta. Lokasinya mudah dijangkau, baik kendaraan pribadi ataupun umum. Bahkan, pemerintah juga telah menyediakan bis wisata gratis bagi wisatawan. Dengan memanfaatkan bus city tour, bus wisata tingkat yang membawa wisatawan keliling berbagai tempat wisata.

Taman Kalijodo menawarkan area hijau dengan rumput yang menyelimuti di setiap tempat. Pohon-pohon tak luput dari perannya sebagai peneduh di kala panas.

Berjalan kaki, jogging, street workout, dapat wisatawan lakukan sembari menikmati suasana. Selain itu tersedia area skateboard dan in line skate berstandar internasional. Serta ada juga arena untuk sepeda BMX, yang juga telah berstandar internasional. Ada juga ruang baca dan kedai makan yang dapat menjadi alternatif bersantai di taman ini.

Baca: TAMAN SUROPATI 5 Hal Ini Bikin Betah

Bermain di Arena Skateboard dan BMX

Kawasan Skatepark
Kawasan Skatepark. Foto: Gmap/hendri kristiyanto

Yang menarik di Taman Kalijodo yaitu adanya arena khusus untuk bermain skateboard dan sepeda bmx. Tepatnya di sisi utara tembok pembatas setinggi 24 meter, terdapat area skate park dan BMX. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa yang ahli di bidang ini, menjajal lintasan. Beradu ketangkasan dengan meluncur di atas lintasan dengan gaya masing-masing.

Arena skateboard di Taman Kalijodo dua kali lebih luas daripada skate park Cikokol. Di sini, fasilitas arena skatepark berupa box, atau lintasan yang berbentuk mirip bangku. Dilengkapi juga dengan tangga, pipa besi panjang, serta lintasan menurun berbentuk cekung. Ada juga tipe lintasan menurun berbentuk lurus yang jumlahnya lebih banyak.

Untuk lintasan sepeda bmx, di objek wisata ini memiliki tipe flat land. Ada juga bagian lintasan naik turun seperti bukit yang ukurannya kecil. Sehingga pemain akan dibawa naik turun sesekali melompati tanjakan. Para pemain juga bisa adu lompat di lintasan cekung sambil bergaya di atas sepeda.

Baca: 5 Aktivitas Seru di TAMAN SITU LEMBANG

Menambah Ilmu sambil Bermain di Perpustakaan

Di kawasan RPTRA Kalijodo, wisatawan dapat menemukan sebuah perpustakaan. Tak jauh dari lapangan futsal, bersebelahan dengan ruang laktasi. Perpustakaan ini tak begitu luas, dan bukan seperti perpustakaan kota dengan suasana tenang. Di sini justru suasananya cukup ramai karena dikhususkan bagi anak-anak.

Meskipun ditujukan bagi anak-anak, pengunjung dewasa juga dapat masuk ke perpustakaan ini. Apalagi jika sedang membawa anak atau keponakan, maka tempat ini sangat tepat. Karena di sini tersedia berbagai buku bacaan anak yang sangat menarik. Lengkap dengan permainan balok supaya anak dapat bermain dengan lebih kreatif.

Untuk masuk ke perpustakaan, pengunjung diharuskan mengisi buku tamu terlebih dahulu. Di depan perpustakaan, terdapat arena bermain anak yang cukup mencolok dengan warna terangnya. Anak-anak dapat bermain jungkat-jungkit, hingga perosotan terowongan. Di sekeliling arena permainan ini telah terpasang pagar supaya anak-anak lebih aman bermain.

Baca: JAKARTA AQUARIUM Neo Soho Tiket Masuk & Atrakasi

Berbagai Olahraga yang dapat Dilakukan di Taman Kalijodo

Keberadaan Taman Kalijodo bukan hanya sebagai tempat rekreasi saja. Tapi juga sarana olahraga dengan berbagai arena olahraga yang tersedia. Di sini terdapat jogging track dengan lebar 1,5 meter dan panjang ratusan meter. Sehingga tentunya memungkinkan pengunjung yang ingin berlari lebih nyaman.

Di setiap titik juga terdapat tiang-tiang besi yang dapat dimanfaatkan untuk workout. Wisatawan dapat melakukan pull up di tiang-tiang ini karena besi cukup kokoh. Bagi wisatawan yang ingin futsal, terdapat lapangan tersendiri untuk bermain futsal. Meskipun outdoor, namun keseruan bermain futsal di sini tetap akan terasa.

Baca: PANTAI PASIR PUTIH PIK 2 Tiket Masuk & Aktivitas

Berfoto di Dinding Penuh Mural

Mural di dinding Pemisah RTH dan RPTRA
Mural di dinding Pemisah RTH dan RPTRA. Foto: Gmap/sukarti wulansari

Yang menjadikan kawasan ini terasa begitu hidup adalah keberadaan mural di dinding. Utamanya adalah dinding yang memisahkan kawasan RPTRA dengan RTH setinggi 24 meter. Di dinding ini terdapat sebuah murah yang biasanya digunakan sebagai latar belakang foto wisatawan.

Kuliner Seru di Kawasan Taman Kalijodo

Kedai Kuliner Taman Kalijodo
Kedai Kuliner Taman Kalijodo. Foto: Gmap/hendri kristiyanto

Berwisata tak memuaskan jika tidak mencicipi kuliner yang ada di kawasan wisata. Di Taman Kalijodo, wisatawan dapat mencoba berbagai kuliner yang tersedia di kedai-kedai sekelilingnya. Pedagang kaki lima pun turut serta meramaikan kawasan wisata. Biasanya, pedagang makanan ini akan ramai mulai sore hari.

Berbagai kuliner mulai dari bakso, ketoprak, mie ayam, gorengan, tekwan, tahu bulat, pempek, batagor, semua tersedia. Di akhir pekan pun kerap kali diadakan bazaar makanan yang diramaikan oleh wisatawan.

Lokasi Taman Kalijodo

Ruang Terbuka Hijau (RTH) ini berada di Jalan Pangeran Tubagus Angke Blok Siaga No.4, RT.4/RW.5, Angke, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat.

Tanggapan:

5 / 5. dari 1

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini