Beranda Tiket Wisata

TELAGA SARANGAN Magetan Tiket & Aktivitas Seru – Februari 2023

0
Telaga Sarangan Harga Tiket Masuk : Rp10.000 - Rp20.000. Jam Buka : 07.00 – 18.00. Nomor Telepon : -. Alamat / Lokasi : Ngluweng, Sarangan, Plaosan, Magetan,, Jawa Timur, Indonesia, 63361.

Telaga Sarangan merupakan danau yang mengusung tema wisata alam bernuansa outdoor cocok untuk keluarga. Lokasinya sendiri berada di bawah lereng Gunung Lawu dengan pemandangan alam yang masih asri. Di sekitar danau banyak dipenuhi pepohonan dan tanaman yang membuat udaranya bertambah sejuk. Suhu udaranya kurang lebih sekitar 15 sampai 20 Derajat Celsius.

Karena lokasinya di dataran tinggi otomatis pengunjung bisa melihat panorama pegunungan dengan jelas. Bahkan bayangan dari gunung tersebut dapat terlihat melalui pantulan air danau. Sementara untuk airnya masih tergolong jernih dan terhindar dari sampah maupun polusi. Sehingga membuat kawasan ini menjadi tempat favorit untuk bersantai atau melakukan beragam aktivitas.

Harga Tiket Masuk Telaga Sarangan

Wisata Telaga Sarangan mempunyai harga tiket berbeda antara anak-anak dan orang dewasa. Meskipun begitu harga masih tergolong terjangkau. Biaya tersebut belum termasuk retribusi parkir.

Harga Tiket Masuk Telaga Sarangan
Jenis Tiket Harga
Tiket masuk anak-anak Rp10.000
Tiket masuk orang dewasa Rp20.000
Biaya Parkir
Parkir motor Rp2.500
Parkir mobil Rp5.000
Parkir Bus Rp10.000

Baca: MOJOSEMI FOREST PARK Tiket & Wahana

Jam Buka Telaga Sarangan

Wisata ini hampir tidak pernah sepi pengunjung setiap harinya. Mulai dari Senin hingga Minggu selalu penuh wisatawan luar daerah maupun warga lokal. Jam bukanya sendiri dari pagi sampai malam hari. Pengunjung bisa datang di hari apa pun tetapi harus menyesuaikan jam operasionalnya.

Jam Buka
Setiap hari 07.00 – 18.00 WIB

Aktivitas Menarik Di Telaga Sarangan

Telaga Sarangan adalah wisata populer di Magetan yang mempunyai ragam aktivitas menarik. Di sini pengunjung bisa bersantai sembari menikmati pemandangan alam yang sangat indah. Kemudian mencoba berbagai macam wahana seperti speadboat dan menunggangi kuda. Atau mencicipi beragam kuliner lezat dan berburu oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Bersantai Di Tepi Telaga Sarangan

Seorang wanita bersantai di tepi Telaga Sarangan
Bersantai di Tepi Telaga Sarangan sambil melihat pemandangan alam adalah kenikmatan yang begitu luar biasa. Foto : Googlemap/Gilang Primada

Telaga Sarangan memang tempat paling pas buat bersantai sejenak dari rutinitas keseharian. Karena suasananya begitu hening dan jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Terlebih lagi udara di sekitarnya berhawa sejuk serta pemandangan alamnya juga masih asri. Pengunjung bisa melihat megahnya Gunung Lawu yang sangat indah dari kejauhan.

Begitu menjelang sore hari akan tampak keindahan matahari terbenam dari ufuk barat. Langit yang tadinya berwarna biru mendadak berubah menjadi keemasan. Warna tersebut merupakan pancaran sinar sang mentari yang bersiap meninggalkan persinggahannya. Pemandangan yang langka itu pun sering menjadi latar belakang foto.

Baca: Lawu Green Forest Tiket Masuk, Aktivitas & Fasilitas

Naik Wahana Speedboat

Wahana speedboat Telaga Sarangan
Mengelilingi danau menggunakan perahu speedboat adalah pengalaman yang tak akan pernah terlupakan. Foto : Googlmap/Hariyanto KTM

Jika bosan hanya duduk-duduk santai dan tidak melakukan kegiatan apa pun. Cobalah untuk mengelilingi area danau menggunakan perahu speedboat. Di sini pengunjung bisa memacu adrenalin sekaligus menikmati pemandangan alam dengan cara unik. Perahu akan melaju cepat di permukaan air sambil mengeluarkan suara yang sangat keras.

Tidak perlu takut jatuh, karena petugas yang mengemudikan perahu adalah seseorang yang profesional. Pengunjung bisa meminta kecepatannya ditambah atau dikurangi. Nanti petugas akan mengemudikan perahunya sesuai permintaan. Bisa juga lajunya dibuat zig-zag jika ingin sesuatu yang lebih menantang.

Pemandangannya sangat bagus dan berkabut. Rekomended untuk dikunjungi. naik speed boat – Heri Bertus

Satu perahu speadboat bisa menampung hingga 5 orang saja. Di mana 1 kursi depan khusus pengemudi dan 4 kursi lainnya untuk penumpang. Selama menaikinya masing-masing orang wajib mengenakan pelampung. Tujuannya tidak lain sebagai alat perlindungan untuk menghindarkan pengunjung dari sesuatu yang berbahaya.

Baca: Taman WISATA GENILANGIT Magetan Tiket & Wahana

Berkeliling Telaga Sarangan Dengan Naik Kuda

Bagi wisatawan yang tidak suka basah-basahan bisa mencoba wahana kuda tunggang. Pengunjung bisa menyewanya selama beberapa menit sebagai alat transportasi untuk berkeliling area wisata. Jangan khawatir jika belum bisa menunggangi kuda dengan benar. Nantinya ada petugas yang senantiasa menemani dan memberikan arahan.

Kudanya sendiri sudah tergolong jinak dan mudah beradaptasi dengan orang-orang baru. Sehingga aman ditunggangi oleh anak-anak maupun orang dewasa. Ciri fisik kudanya adalah berkulit cokelat dan mempunyai rambut berwarna putih. Di mana satu ekornya hanya mampu membawa hingga 2 penumpang sekali jalan.

Dengan menaiki kuda tidak perlu lagi yang namanya berjalan kaki. Pengunjung bisa duduk santai sambil menikmati keindahan alam Telaga Serangan. Rutenya sendiri hanya di sekitar tepi danau saja. Tidak bisa jauh-jauh karena waktu naiknya dibatasi oleh petugas.

Mencicipi Beragam Wisata Kuliner

Kuliner sate kelinci khas Telaga Sarangan
Kafe dan tempat makan di sekitar danau memiliki menu makanan yang sangat enak seperti sate kelinci, nasi pecel, bakso, dan masih banyak lagi. Foto : Googlemap/Kurniawan Eka Rusandi

Berkunjung ke Telaga Sarangan tidak lengkap rasanya jika belum mencicipi wisata kulinernya. Kawasan ini memiliki sejumlah kedai yang menawarkan menu makanan khas Nusantara. Salah satu makanan yang paling terkenal adalah nasi pecel yang lauknya telur ceplok. Makanan tersebut berisi nasi putih, sayur-sayuran, dan tambahan bumbu kacang.

Nasi pecel dan telur ceplok bisa pengunjung jumpai saat pagi hari. Lalu di siang harinya ada pedagang yang menjual makanan sate tak biasa. Yang mana dagingnya bukan berbahan dasar dari kambing, sapi, atau ayam. Melainkan dari hewan lucu nan menggemaskan Kelinci.

Kelihatannya memang ekstrem, tetapi sate kelinci merupakan menu favorit di Telaga Sarangan. Jika tidak tega memakannya bisa mencoba menu lain seperti bakso, soto, dan sate ayam. Tenang saja, harganya masih cukup terjangkau untuk semua kalangan.

Berburu Oleh-oleh

Selesai menikmati beragam wahana di Telaga Sarangan, jangan lupa mampir ke sentra oleh-olehnya. Di sini banyak menjual pakaian, kerajinan tangan, dan suvenir. Ada pula makanan seperti kerupuk, buah-buahan, hingga camilan khas Magetan. Lokasinya bisa pengunjung jumpai di tepi Telaga Sarangan.

Terlihat beberapa toko berjejer rapi dengan menawarkan barang dagangannya. Kebanyakan yang tampak di depan toko adalah buah-buahan. Khususnya buah jeruk peras, semangka, mangga, dan masih banyak lagi. Keberadaan toko ini sangat membantu pengunjung untuk mencari oleh-oleh dengan harga terjangkau.

Fasilitas Telaga Sarangan

Meskipun harga tiketnya tergolong murah. Tetapi fasilitas umum yang disediakan sudah sangat memadai. Pihak pengelola telah menyediakan parkir, toilet, musala, pasar, hingga kantin. Tidak jauh dari tempat wisata ada tempat penginapan yang bisa disewa oleh wisatawan luar daerah.

Lokasi Telaga Sarangan

Danau wisata ini berlokasi di Ngluweng, Sarangan, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Kalau dari pusat kota kurang lebih jaraknya sekitar 16 km. Sementara jika dari Tawangmangu jaraknya sekitar 20 kilometer.

Tanggapan:

4.9 / 5. dari 32

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini