BUKIT MONGKRANG: Tiket Masuk dan Daya Tarik Maret 2024

BUKIT MONGKRANG

  • Harga Tiket Masuk: Rp10.000-Rp20.000
  • Jam Buka: 24 Jam
  • Nomor Telepon: -
  • Alamat: Tlogo, Dringo, Gondosuli, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah, Indonesia, 57792

Tidak semua orang suka melakukan kegiatan mendaki gunung. Selain membutuhkan fisik yang kuat, tantangannya pun banyak dan tidak terduga. Tapi, mendaki di Bukit Mongkrang yang berada di Karanganyar mungkin akan menarik bagi banyak orang.

Salah satu destinasi wisata populer di Karanganyar ini berada di kawasan Pegunungan Lawu. Bukit Mongkrang seringkali menjadi tempat yang cocok bagi para pemula untuk mengasah kemampuan dalam pendakian. Dataran tinggi ini juga memiliki pemandangan cantik yang bisa menjadi latar spot-spot foto menarik.

Harga Tiket Masuk

Untuk memasuki kawasan Bukit Mongkrang harga tiket masuknya Rp10.000. Kemudian terdapat biaya tambahan bagi yang ingin berkemah biayanya sebesar Rp20.000.

Baca: Sakura Hills Karanganyar Harga Tiket Masuk & Wahana Ala Jepang

Jam Buka

Bukit ini terbuka untuk umum setiap hari. Di hari libur, kunjungan akan meningkat dan membuat tempat ini ramai wisatawan setempat maupun luar daerah. Lebih baik mendaki pada saat pagi atau sore hari untuk menghindari terik matahari siang hari.

KegiatanJam Buka
Tektok07.00 – 16.00
Camping Senin – Jumat 07.00 – 22.00
Camping Weekend24 Jam
Jam Buka Bukit Mongkrang

Baca: CANDI CETHO Tiket Masuk & 5 Daya Tarik Memukau

Pesona Bukit Mongkrang

Bukit Mongkrang
Bukit Mongkrang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur, tepatnya di Kabupaten Karanganyar – Foto: Google Maps/Rahmat Fauzan Dwi Hargo Putro

Bukit Mongkrang adalah bukit sabana yang berada di ketinggian 2.197 meter di atas permukaan laut. Masih satu kawasan dengan Gunung Lawu, bukit ini mendekati perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Keadaan geografisnya berupa hamparan rerumputan yang berseling ilalang, memberikan panorama cantik dan menyegarkan mata.

Kawasan yang menjadi area wisata sebenarnya terdiri dari dua puncak, yaitu Candi Mongkrang 1 dan 2. Wisatawan umumnya hanya naik hingga Puncak Candi Mongkrang 1.

Namun jika memiliki fisik yang mumpuni tidak ada salahnya meneruskan perjalanan hingga ke Bukit Mongkrang. Konturnya yang landai dan terdapat jalan setapak membuat tempat wisata ini bisa jadi alternatif rekreasi alam yang menyenangkan.

Baca: 12 Tempat Wisata Terbaik di Karanganyar

Pendakian Ringan

Lapangan parkir Tlogodringo
Lapangan Tlogodringo yang menjadi lahan parkir wisatawan Bukit Mongkrang – Foto: Google Maps/Koh Halim
Jalan setapak
Jalan setapaknya landai dan bisa dilalui siapa saja tanpa memerlukan keahlian mendaki secara khusus – Foto: Google Maps/Imam Sujatmiko

Bukit Mongkrang adalah alternatif sempurna bagi para pendaki pemula. Sebelum buru-buru beranjak ke Gunung Lawu dan gunung-gunung lainnya, bagi yang nol pengalaman, ada baiknya beradaptasi dengan arena paling mudah. Bukit Mongkrang ini adalah salah satunya.

Untuk menuju puncaknya, wisatawan harus berjalan kaki dari lokasi parkir. Jangan bayangkan jalur menantang yang melewati pinggiran jurang atau menembus hutan. Di sini, kontur bukit cenderung landai dan minim halangan. Jalan setapak yang tersedia pun cukup lebar dan nyaman.

Dengan fisik yang prima, perjalanan hingga ke puncak bisa memakan waktu kurang lebih satu jam saja. Lama perjalanan tidak akan terlalu terasa dengan pemandangan indah yang menghiasi di sekeliling. Bersama teman dan kerabat, “mendaki” Bukit Mongkrang tentu akan semakin mengasyikkan.

Baca: Candi Sukuh Karanganyar Keunikan Candi Terakhir Era Hindu

Padang Ilalang

Hamparan ilalang diselimuti kabut
Hamparan rerumputan dan ilalang berselimut kabut di kawasan Bukit Mongkrang – Foto: Google Maps/RideR SFU
Panorama Gunung Lawu dilihat dari bukit mongkrang
Pemandangan Gunung Lawu secara menyeluruh yang terlihat dari puncak bukit ketika cuaca cerah – Foto: Google Maps/muhtasib aziz

Bukit ini penuh dengan hamparan rumput serta ilalang di beberapa titik. Spot inilah yang biasanya menarik perhatian, terutama di kalangan anak muda pemburu swafoto.

Di musim hujan, pemandangan serba hijau serta ilalang yang berayun seiring hembusan angin tampak indah sekaligus dramatis. Siapa saja akan gemas jika belum berfoto di antara barisan tanaman liar ini.

Meski tidak terdapat panorama kehijauan, namun Bukit Mongkrang di musim kemarau juga tidak kalah menarik. Warna dari rerumputan kering kecokelatan menciptakan pemandangan yang menakjubkan. Di hari cerah, pemandangan Gunung Lawu di kejauhan semakin memanjakan mata.

Rerumputan tidak berarti membuat perjalanan menjadi aman dan nyaman. Gunakan celana panjang agar kaki tidak terluka ketika terkena rumput kering. Meski tidak terlalu memakan waktu, namun tetap pilih alas kaki yang nyaman seperti sandal gunung untuk mengurangi risiko pegal-pegal.

Baca: Cemoro Kandang Karanganyar Tiket Masuk & Pesona Alam

Berkemah? Ya!

Berkemah di puncak
Mendirikan tenda dan berkemah di area rerumputan – FOto: Google Maps/choklat 88
Pemandangan matahari terbit dari bukit mongkrang
Panorama matahari terbit yang terlihat dari puncak bukit – FOto: Google Maps/Vinda Hermawati

Dengan kondisi tanahnya yang landai, tidak heran jika Bukit Mongkrang jadi salah satu spot favorit untuk berkemah. Banyak wisatawan yang tidak mau melewatkan pemandangan matahari terbit di puncak bukit, sehingga sengaja mendirikan tenda di sana.

Hanya saja, ada hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum menggelar acara berkemah. Pertama, siapkan pakaian hangat yang cukup terutama jika hendak berkemah di musim kemarau. Angin dingin akan selalu berhembus di kawasan ini, jadi jaga diri agar tetap hangat.

Kedua, jangan membuat api unggun. Kondisi bukit yang berselimut hamparan rumput membuatnya berisiko mudah terbakar, apalagi ketika musim kering. Ingat juga untuk selalu menjaga kebersihan dan membawa pulang sampah.

Baca: LAWU PARK Tawangmangu Tiket Masuk & Aktivitas

Fasilitas

Sebagai tempat wisata alam yang benar-benar alami, fasilitas sanitasi memang tidak akan ada di dalam kawasan bukit. Lahan parkir menempati Lapangan Tlogodringo. Sepanjang jalan setapak ke puncak, ada banyak penjaja makanan dan minuman untuk sekadar mengganjal lapar.

Lokasi Bukit Mongkrang

Kawasan wisata perbukitan ini terletak di kawasan Pegunungan Lawu yang berada di dekat perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur, tepatnya di daerah Tlogodringo, Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. Dari arah barat maupun timur, Bukit Mongkrang hanya bisa melalui Jalan Raya Matesih-Tawangmangu. Dari lapangan, membutuhkan waktu sekitar 60 menit berjalan kaki untuk sampai di Puncak Mongkrang 1.

Berikan Rating

4.6 - 45 Pembaca

Berikan Nilai

Bagikan konten ke: