Telaga Sarangan
Harga Tiket: Rp20.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Ngluweng, Sarangan,Plaosan,Magetan,Jawa Timur,Indonesia,63361.

Indonesia memiliki alam yang begitu indah. Salah satunya berada di Kabupaten Magetan, Jawa Timur, yaitu Telaga Sarangan. Keindahan Telaga yang telah membuat banyak wisatawan menjadikannya tujuan wisata.

Bahkan beberapa waktu lalu, keindahan telaga ini disamakan dengan Danau Geneva di Swiss. Karena indahnya pemandangan, alam yang masih asri, serta dinginnya udara yang menjadikannya tampak mirip. Bedanya, di Indonesia tidak terdapat salju sementara di Swiss terdapat salju.

Harga Tiket Masuk Telaga Sarangan

Untuk masuk ke objek wisata ini, dikenakan biaya berbeda bagi anak – anak dan dewasa. Ditambah lagi biaya parkir untuk setiap kendaraan.

Harga Tiket Masuk Telaga Sarangan
Tiket RegulerRp20.000

 

Baca: Mojosemi Forest Park Magetan Tiket & Wahana

Jam Buka Telaga Sarangan

Pengunjung bisa datang ke objek wisata ini setiap hari baik hari biasa maupun akhir pekan. Kawasan wisata Sarangan dibuka 24 jam dengan waktu terbaik berkunjung pada saat pagi hingga sore hari.

Jam Operasional
Setiap Hari24 Jam

Menikmati Keindahan Telaga Sarangan

danau dengan latar pegunungan di Telaga Sarangan Magetan
Keindahan danau di kawasan wisata ini sering disamakan dengan Danau Geneva Swiss. Foto: Gmap/Fendy Sapto

Telaga Sarangan adalah telaga yang terbentuk secara alami, dan berada di ketinggian 1.200 mdpl. Tepatnya berada di lereng Gunung Lawu, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Luas dari telaga ini mencapai 30 hektar, dengan kedalaman danau 28 meter.

Telaga ini berada 16 kilometer ke arah barat Kota Magetan. Dan karena berada di kaki gunung, suhu di sana mencapai 15 – 20 celcius. Oleh karena itu, tak jarang daerah sekitar menjadi berkabut, yang menambah kesan indah pemandangan.

Alam yang begitu indah dan asri, dimana danau sangatlah jernih dan bersih. Di sekeliling danau terdapat pegunungan dan pepohonan yang hijau dan tinggi. Bahkan, terkadang gunung, pepohonan, dan langit memantul dengan indah di permukaan danau.

Berkeliling Danau dengan Speedboat

Berkeliling Telaga Sarangan dengan Speedboat. Foto: Gmap/Titis Pamungkas

Pengunjung dapat menikmati serunya berkeliling Telaga Sarangan dengan speedboat. Untuk satu kali putaran, dikenakan tarif sebesar Rp 60.000 per kapal. Sementara jika ingin merasakan tiga putaran langsung, dapat membayar sebesar Rp 150.000.

Satu speedboat dapat diisi 3 – 4 penumpang. Dengan speedboat, pengunjung akan dibawa menjelajah danau dengan kecepatan tinggi yang memacu adrenalin. Kemudian, membuat speedboat meliuk – liuk di atas air hingga penumpang terombang ambing.

Dengan keseruan ini, tak jarang penumpang berteriak histeris. Namun tenang saja, karena penumpang akan diberi pelampung untuk keamanan. Dan tentunya, pengemudi sudah sangat ahli dalam hal ini.

Berperahu Mengelilingi Telaga

Jika ingin berkeliling danau dengan santai dan tidak menantang, pengunjung dapat mencoba perahu dayung. Selain itu, ada juga perahu kayuh yang berbentuk angsa. Pengunjung dapat berkeliling danau dengan santai sambil menikmati pemandangan sekitar.

Tak jarang, terlihat kera – kera melompati pepohonan dan berteriak satu sama lain. Kabut yang masih berada di sela – sela pepohonan juga membawa kesejukan. Bahkan tak jarang, pengunjung dapat melihat ikan di dalam danau yang menyembul ke permukaan.

Berkuda Di Telaga Sarangan

berkuda mengelilingi area telaga sarangan
Wisatawan yang tidak ingin menggunakan perahu mengelilingi kawasan ini bisa menyewa kuda untuk berkeliling. Foto: Google Maps/Dhedhe Dirgawijaya

Tidak hanya dapat berkeliling di perairan, pengunjung juga dapat berkeliling di daratan. Dapat dengan berjalan kaki ataupun dengan berkuda. Di sini, tersedia kuda – kuda yang disewakan.

Untuk tarif berkeliling dengan kuda dikenakan biaya Rp 50.000 untuk satu kali putaran. Pengunjung akan dibawa menyusuri tepian danau sambil menikmati pemandangan sekitar. Tidak hanya pemandangan alamnya, tapi juga pemandangan wisatawan lain yang juga menarik.

Setiap kuda sudah diberi penampung kotoran. Sehingga, kotoran kuda tidak jatuh ke jalan ataupun telaga.

Duduk Santai di Tepian Danau

Bersantai di tepi Telaga
Selain beragam kegiatan yang ditawarkan, menikmati keindahan danau dengan bersantai juga tidak kalah mengasyikkan, kegiatan yang juga sering disebut “The Art Of Doing Nothing” cukup menikmati keindahan alam. Foto: Google Maps/jony terkejut

Untuk pengunjung yang ingin duduk santai menikmati pemandangan, dapat dilakukan di tepian danau. Ada tikar yang disewakan untuk pengunjung. Di atasnya dilengkapi dengan payung supaya teduh.

Di sekitarnya, pengunjung juga dapat menemukan penjual makanan yang digendong seperti jamu gendong. Makanan yang dijual pun masih tradisional. Seperti jajanan pasar, kacang rebus, nasi pecel, dan lainnya.

Mengabadikan Momen Keindahan Telaga Sarangan

Keindahan Telaga tidak akan lengkap tanpa diabadikan. Siapkan kamera dan berpose dengan latar belakang pemandangan indah ini. Dengan angle yang tepat, pengunjung akan mendapatkan pemandangan bahkan terlihat seperti di luar negeri.

Hotel di Telaga Sarangan

Red Hotel Sarangan berlokasi tidak jauh dari telaga
Red Hotel Sarangan salah satu hotel yang berlokasi tidak jauh dari Telaga. Foto: Google Maps/koencong rumble

 

Bagi wisatawan yang ingin berlama-lama menikmati keindahan alam pegunungan di kawasan objek wisata ini bisa langsung menginap. Pilihan hotel di sekitar Telaga Sarangan untuk bermalam bisa dikatakan banyak dengan beragam tipe. Mulai dari Hotel, Home-stay, Villa dan Guest House.

Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau. Mulai dari Rp200.000 – Rp2.000.000 per malam. Fasilitas yang ditawarkan hotel juga beragam tergantung masing-masing kelas. Ada yang hanya berupa kamar basic  sampai fasilitas kolam renang serta free wifi.

Jalan Menuju Telaga Sarangan

Untuk akses ke Telaga Sarangan bisa dikatakan sudah cukup baik. Jalan beraspal mulus dipastikan membuat nyaman berkendara ke sini. Rute yang bisa ditempuh jika dari Kota Magetan cukup dekat. Hanya berjarak 16 kilometer bisa ditempuh dalam waktu 30 menit berkendara.

Sedangkan jika dari Madiun berjarak 44 kilometer dengan waktu tempuh berkendara mencapai 1,5 jam. Jika wisatawan dari Kota Solo/Surakarta bisa menggunakan kendaraan pribadi atau bus travel. Bagi yang memilih bus, tersedia Bus Jurusan Solo – Magetan. Dari solo jarak tempuh ke Magetan kurang lebih 2 jam dengan jarak 60 kilometer.

Fasilitas

Fasilitas yang disediakan Telaga Sarangan sudah cukup lengkap. Tersedia fasilitas umum seperti mushola, lahan parkir, toilet, dan warung makanan. Di sekitar area juga terdapat penginapan yang bisa disewa.

Lokasi Telaga Sarangan

Kawasan wisata alam ini terletak di lereng Gunung Lawu, tepatnya berada di Jalan Raya Telaga Sarangan, Sarangan, Plaosan, Telaga Pasir, Sarangan, Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur 63361.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 4,89 | 9 Pembaca

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini