PURA KEHEN Harga Tiket Masuk, Jam Operasional dan Daya Tarik Februari 2024

PURA KEHEN

  • Harga Tiket Masuk: Rp10.000
  • Jam Buka: 09.00 - 17.00
  • Nomor Telepon: -
  • Alamat: Jl. Sriwijaya No.8, Cempaga, Bangli, Bangli, Bali, Indonesia, 80613

Pura Kehen merupakan wisata cagar budaya yang berlokasi di Kabupaten Bangli, Bali. Arsitektur bangunan candi serta budaya yang melatarbelakanginya menjadi daya tarik utama. Berada di sisi selatan Bukit Bangli, destinasi wisata ini merupakan pura yang sakral.

Pura ini merupakan salah satu kahyangan jagat terbesar di Bangli. Pura ini sekaligus menjadi peninggalan sejarah cikal bakal terbentuknya Kota Bangli. Upacara keagamaan, sejarah pura, dan tradisi budaya menjadi bagian atraktif yang menarik bagi wisatawan.

Harga Tiket Masuk Pura Kehen

Harga Tiket Masuk
TiketRp10.000

Baca: 4 Tempat Wisata Menarik di Bangli

Jam Buka

Waktu operasionalJam Buka
Senin – MingguPk. 09.00 – 17.00

Ragam Daya Tarik di Pura Kehen

Beragam daya tarik yang unik dan atraktif bisa ditemui wisatawan. Seperti arsitektur bangunan candi maupun sejarah pura itu sendiri. Upacara keagamaan dan tradisi budaya masyarakat sekitarnya menambah daftar daya tarik wisatanya.

Menelusuri Arsitektur Bangunan

Candi Kurung pada pintu masuk merupakan salah satu keunikan - meina lita
Candi Kurung pada pintu masuk merupakan salah satu keunikan Pura Kehen – Foto: GoogleMaps/meina lita

Pura ini ditetapkan sebagai bangunan dengan daya tarik wisata cagar budaya. Konservasi warisan cagar budaya bertujuan menjaga keutuhan dan kelestarian pura. Hal ini agar bangunan suci tersebut terpelihara dan dapat diwariskan kepada generasi penerusnya.

Memasuki kompleks pura, wisatawan tidak menjumpai Candi Bentar pada pintu masuk seperti  umumnya di Bali. Hal ini menjadi salah satu keunikan pura. Pintu masuk pura ini berupa Candi Kurung dengan  suasana sekitar yang sejuk dan nyaman.

Baca: 10 Pura Cantik di Bali

Wisata Religi

Bagian dalam kompleks Pura Kehen Bangli Bali penuh suasana sakral dan khidmat - nites el chico
Bagian dalam kompleks pura penuh suasana sakral dan khidmat – Foto : GoogleMaps/nites el chico

Pura ini merupakan pura yang sakral, penuh dengan suasana religius yang magis. Tempat persembahyangan bagi umat Hindu berada di areal halaman tersuci (jeroan) dari pura ini.

Baca: Pura Luhur ULUWATU Pesona Sunset & Tari Kecak

Area wantilan juga biasa digunakan masyarakat setempat untuk melaksanakan aktivitas upacara keagamaan. Untuk menjaga kesakralan, wanita yang sedang datang bulan tidak bisa masuk kompleks pura.

Swafoto

Setiap sudut area Pura Kehen Bangli Bali begitu khas untuk mengabadikan momen liburan - nathalie__ale
Setiap sudut area pura begitu khas untuk mengabadikan momen liburan – Foto: Instagram/nathalie__ale

Keindahan bangunan pura dengan arsitektur khas Bali menjadi latar indah untuk berfoto. Hampir setiap sudut pura menajdi spot menarik bagi wisatawan untuk mengabadikan momen liburan.

Relief, patung, ukir, dan beragam seni bangunan memberi sentuhan khas. Ditambah dengan berbagai ornamen budaya dan keagamaan yang ada di dalam kompleks pura makin memperindah latarnya.

Baca: Pura ULUN DANU Keindahan Berbalut Kesejukan

Mengenal Keunikan Budaya

Keberadaan Bale Kulkul pada batang pohon Beringin merupakan simbol keunikan budaya masyrakat - pura_kehen_bangli
Keberadaan Bale Kulkul pada batang pohon Beringin di area Pura merupakan simbol keunikan budaya masyrakat – Foto: Instagram/pura_kehen_bangli

Pura ini merupakan salah satu peninggalan sejarah cikal bakal terbentuknya Kota Bangli. Desa, banjar, maupun pura di Desa Bangli adalah satu kesatuan yang terkenal dengan Gebog Domas. Dalam Gebog Domas, seluruh banjar/desa memiliki tanggung jawab terhadap keberadaan pura.

Terkenal pula istilah Bebanuan Pura Kehen yang juga menjadi pengemong. Bebanuan Pura Kehen terdiri dari desa-desa di luar Gebog Domas. Wadah Gebog Domas dan Bebanuan Pura Kehen menjadi simbol keunikan dan kekhasan Bangli.

Keunikan lainnya yaitu keberadaan Bale Kulkul pada batang pohon Beringin di area pura. Masyarakat setempat mempercayai patahnya batang pohon tersebut menggambarkan petaka (grubug). Selain itu menurut keyakinan letak batang yang patah sebagai penggambaran petaka yang akan melanda orang tertentu.

Baca: Tirta Empul Wisata Pemandian Dalam Pura

Menikmati Bentang Panorama Bukit

Terletak pada kaki bagian selatan Bukit Bangli yang membentangkan keindahan panorama. Pura ini dengan agungnya berdiri di tepi utara jalan dan menghadap ke arah selatan. Kemudian di sisi belakang, sebelah utara Pura inilah alam Bukit Bangli menyuguhkan keasriannya.

Selama di sini wisatawan akan merasakan suasana yang tenang di kawasan sekitar pura. Menghabiskan waktu berlibur di pura ini memberikan relaksasi melepas penat dan memberi kesegaran.

Baca: Pura Lempuyang Tiket & Atraksi Wisata

Mempelajari Sejarah Pura

Menyambangi pura, wisatawan akan menelusuri jejak sejarah bangunan dan keterkaitannya dengan masyarakat. Pura ini termasuk ke dalam kategori Pura-pura terkuno yang terdapat di Bali. Hal ini tertuang dalam tulisan-tulisan yang bersumber dari berbagai prasasti.

Menurut perkiraan Pura Kehen sudah ada pada akhir abad IX atau permulaan abad X Masehi. Hal tersebut berdasarkan tiga buah prasasti tembaga yang tersimpan di area pura.

Upacara Keagamaan di Pura Kehen

Barisan warga yang membawa sesajen berjalan kaki secara beriringan menuju Pura - krisna.apt
Barisan warga yang membawa sesajen berjalan kaki secara beriringan menuju Pura – Foto : Instagram/krisna.apt

Sebagai pura besar, di pura ini rutin berlangsung upacara keagamaan. Jika berkunjung bertepatan dengan berlangsungnya acara keagamaan, wisatawan dapat merasakan suasana meriah sekaligus khidmat. Wisatawan terutama yang berasal dari mancanegara tak ingin ketinggalan momen istimewa ini.

Upacara-upacara keagamaan yang diselenggarakan dibedakan atas tiga tingkatan upacara. Pertama upacara tingkatan utama berlangsung tiga tahun sekali yang disebut dengan upacara Ngusaba Dewa. Sedangkan tingkatan madya setiap Buda Kliwon Wuku Sinta dan tingkat nista berskala kecil.

Pada penyelenggaraan upacara keagamaan, warga sekitar akan memadati pura untuk ritual persembahan sesaji. Barisan warga yang membawa sesajen mengular hingga ratusan meter panjangnya di jalan utama. Ribuan umat Hindu Bangli berjalan kaki secara beriringan menuju Pura Khayangan tiga tersebut.

Baca: Pura Besakih Tiket & Ragam Aktivitas

Fasilitas

Daerah sekitar pura sudah terdapat sarana dan prasarana penunjang pariwisata. Seperti toko cendera mata, tempat makan dan minum, hingga mini market. Sedangkan areal halaman parkir untuk para wisatawan berada di area jaba Pura Kehen.

Lokasi Wisata Pura Kehen

Objek wisata pura ini berjarak sekitar 43 km dari Denpasar. Sedangkan dari Ubud sekitar 20 km dan 23 km dari Kintamani. Tepatnya di Jl. Sriwijaya No.8, Cempaga, Kec. Bangli, Kabupaten Bangli, Bali 80613.

Rating Pembaca

5 - 1 Pembaca

Berikan Nilai

Bagikan Konten ke: