Beranda Tiket Wisata

PANTAI BIRU Langkat Tiket & Ragam Aktivitas - Oktober 2020

Pantai Biru
Harga Tiket: Gratis - Rp5.000 Jam Buka: 08.00 - 18.00 No. Telepon: - Alamat: Jalan Merdeka, Pamah Tambunan,Salapian,Langkat,Sumatra Utara,Indonesia,20773.

Pantai Biru merupakan objek wisata pemandian alami yang populer di kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Daya tarik utamanya yaitu aliran sungai berair jernih yang cukup luas sehingga disebut pantai. Suasana alam perbukitan di sekitarnya pun masih terasa sejuk, asri dan alami.

Harga Tiket Masuk Pantai Biru

Untuk menikmati kesegaran sungai dan keindahan tempat wisata ini pengunjung akan dikenakan biaya tiket. Harga tiket masuk yang dibebankan juga bisa dikatakan terjangkau.

Harga Tiket Masuk
Senin-JumatGratis
Sabtu-MingguRp5.000
Parkir
Sepeda MotorRp5.000
MobilRp5.000
BusRp30.000

Baca: 4 Tempat Wisata Terbaik di Langkat

Jam Operasional

Jam Buka
Setiap Hari08.00 – 18.00

Beragam Aktivitas di Pantai Biru

aliran sungai dipenuhi bebatuan alam
Area aliran sungai yang dipenuhi bebatuan eksotik. Foto: Google Maps/pendi nst

Akses jalan menuju kawasan wisata cukup baik untuk dilalui kendaraan bermotor. Berada di lereng pegunungan Bukit Barisan, wisatawan akan melintasi kawasan hijau menuju lokasi. Pada beberapa titik, terlihat tebing dengan pepohonan yang menjulang tinggi.

Melewati area yang masih alami, wisatawan sudah dapat menikmati udara yang bersih  dan menyegarkan. Pemandangan alam sekitarnya pun begitu teduh dan bernuansa sejuk.

Bersantai Menikmati Pemandangan Asri

pemandangan asri di sekitar sungai pantai biru
Bersantai menikmati pemandangan asri Pantai Biru Langkat – Foto : Instagram/nurbayana

Dikenal dengan nama Pantai Biru, destinasi ini merupakan wisata sungai favorit di Langkat. Disebut pantai karena luas dan lebarnya ukuran aliran air sungai dengan kontur datar. Berada di kecamatan Sibiru-biru membuat destinasi wisata ini populer dikenal dengan nama tersebut.

Baca: LAU KULAP Langkat Tiket & Aktivitas Wisata

Sungai tersebut memiliki air jernih yang mengalir lembut dengan bebatuan pada dasar dan tepiannya. Wisatawan dapat duduk bersantai bahkan berbaring di bebatuan besar ditemani gemercik riak-riak air. Suasananya terasa asri dengan pemandangan pepohonan pada perbukitan hijau di sepanjang aliran sungai.

Wisatawan bahkan masih dapat menemukan sarang lebah bergantungan di sisi tebing sungai. Jumlahnya bisa mencapai 10 sarang dan tidak pernah sepi sejak lima puluh tahun lalu.

Berenang dan Bermain Air

wisatawan sedang berenang dan bermain air di objek wisata pantai biru
Air aliran sungai yang jernih cocok untuk berenang wisatawan ataupun bermain air – Foto : Instagram/ratnaazal_

Wisata Pantai Biru memiliki air yang jernih dan sejuk dengan pantulan cahaya hijau muda. Karena begitu jernih, wisatawan dapat melihat bebatuan yang terdapat di dasar sungai. Kesegaran dan jernihnya air sungai merupakan daya tarik objek wisata pemandian alami ini.

Baca: LANDAK RIVER Tiket & Ragam Aktivitas

Begitu sampai di lokasi wisata, wisatawan tak sabar untuk segera merasakan kesegaran airnya. Berkontur relatif datar dan lebar, wisatawan dapat berenang bebas di sungai yang luas ini. Karena cukup dangkal, bermain air menjadi aktivitas yang cukup aman bersama keluarga serta anak-anak.

Tubbing Di Aliran Sungai Pantai Biru

bermain tubbing di aliran sungai pantai biru
Tubbing di debit arus tenang Pantai Biru Langkat – Foto : Instagram/naurahsalsabillah

Arus air sungai yang tak terlalu deras banyak dimanfaatkan oleh wisatawan untuk aktivitas tubbing. Wisatawan dapat duduk santai menaiki ban pelampung lalu mengalir mengikuti debit arus sungai. Aktivitas seru ini juga menjadi salah satu kegemaran wisatawan bersama anak-anak.

Lompat dari Sisi Tebing

Aliran sungai yang relatif tenang begitu menggoda wisatawan untuk menceburkan diri ke dalamnya. Pada beberapa titik, Pantai Biru memiliki kedalam yang cukup untuk aktivitas lompat dari tebing. Wisatawan dapat naik ke sisi sungai yang tak terlalu tinggi kemudian terjun ke sungai.

Musik Penambah Suasana Ceria

Pada akhir pekan maupun libur nasional dan masa liburan panjang, jumlah wisatawan bertambah banyak. Pada momen-momen tersebut, pihak pengelola memberikan hiburan tambahan bagi wisatawan. Pagelaran konser musik akan menambah keceriaan suasana berlibur.

Baca: KOLAM ABADI Langkat Tiket & Ragam Aktivitas

Menyambangi Gua Alam Liang

Selain saya tarik aliran sungainya, di sekitar pemandian alami Pantai Biru terdapat sebuah gua. Warga setempat menyebutnya dengan nama Gua Alam Liang. Gua ini banyak dikunjungi wisatawan karena cukup bersahabat dan menjadi tempat berteduh saat hujan.

Mandi di Curahan Air Terjun Mini

Menyurusi aliran sungai Pantai Biru, wisatawan akan menemukan sebuah air terjun mini di sisi kanan. Curahannya yang terlihat menyegarkan mengalir dari aliran air di atas tebing di sisi sungai. Wisatawan juga dapat memanjat naik berbasah-basahan pada aliran air terjun mini tersebut.

Piknik Santai

Pantai Biru menjadi destinasi yang ideal untuk berwisata bersama keluarga maupun anak-anak. Usai bermain air, wisatawan biasanya duduk bersama menggelar bekal makanan dan minuman yang dibawa.

Di sisi tepian sungai, terdapat pondok-pondok yang dapat digunakan wisatawan untuk bersantap. Wisatawan dapat beristirahat sekaligus menyantap hidangan sambil menikmati suasana asri Pantai Biru.

Di sekitar area wisata banyak berdiri restoran maupun rumah makan dengan menu-menu pilihan. Area ini juga memiliki deretan puluhan warung di sepanjang sungai yang menjajakan aneka hidangan. Wisatawan juga dapat menikmati aneka kudapan seperti jagung bakar, kacang rebus, serta sate kerang.

Bermalam di Penginapan Kawasan Sungai

Kawasan Pantai Biru telah dilengkapi dengan penginapan bagi wisatawan yang ingin bermalam di areanya. Lokasi penginapan berada di bagian kawasan atas, sedikit jauh dari area tepi sungai. Dari tempat tersebut, wisatawan dapat menikmati pemandangan Pantai Biru serta lingkungannya yang asri.

Berkemah di Pantai Biru

Pantai Biru juga menjadi lokasi pilihan untuk berkemah bagi wisata terutama kalangan remaja. Dengan hawa sejuk khas pegunungan, destinasi ini ideal untuk mendirikan tenda sebagai tempat bermalam.

Beristirahat di dalam tenda, wisatawan dapat menikmati sensasi nuansa menginap di alam bebas. Gemericik suara aliran sungai dan serangga hutan menambah kesan alami pada suasana yang tercipta.

Lokasi dan Akses Wisata Pantai Biru

Objek wisata ini berada di jalan Merdeka, Pamah Tambunan, Salapian, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara 20773. Berada di lereng pegunungan Bukit Barisan, jaraknya sekitar satu jam perjalanan dari kota Medan.

Menuju lokasi ini, wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi roda empat maupun roda dua. Wisatawan juga dapat menggunakan angkutan kota KPUM D95 yang mengantarkan langsung ke tujuan.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini