Beranda Tiket Wisata

BUKIT GUNDALING Berastagi Tiket & Ragam Wahana - September 2020

Bukit Gundaling
Harga Tiket: Rp4.000 - Rp50.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Jl. Letjen Jamin Ginting, Gundaling I,Berastagi,Karo,Sumatera Utara,Indonesia ,22153.

Bukit Gundaling Berastagi merupakan bukit yang ditumbuhi oleh beragam pepohonan dan bunga. Sejak jaman Belanda, bukit ini telah dikenal sebagai tempat rekreasi bagi remaja, keluarga, hingga wisatawan mancanegara.

Saat berkunjung ke Bukit Gundaling, pengunjung dapat merasakan suasana alam yang sejuk sembari melihat panorama Kota Berastagi secara keseluruhan. Tidak ketinggalan pemandangan Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung. Bukit ini ditumbuhi oleh beragam jenis pepohonan yang memberikan sensasi sejuk nan rindang.

Keindahan kawasan wisata ini tak hanya terletak pada pepohonan yang rindang semata. Namun ragam tumbuhan bunga yang indah, lahan sawah yang hijau. Serta hewan-hewan seperti burung-burung, monyet, rusa hingga babi hutan turut menambah keunikan tempat wisata ini.

Harga Tiket Bukit Gundaling Berastagi

Bagi pengunjung yang tertarik untuk menikmati wisata alam di sini, berikut rincian tiket masuk dan biaya sewa fasilitas.

Harga Tiket Bukit Gundaling
Jenis TiketHari BiasaHari Libur dan Akhir Pekan 
Tiket MasukRp 4.000Rp 4.000
Penyewaan KudaRp 40.000Rp 40.000
Penyewaan DelmanRp 50.000Rp 50.000
Penyewaan Kostum oleh Dress Up PakeajaRp 20.000 – Rp 30.000/KostumRp 20.000 – Rp 30.000/Kostum
Penyewaan Tenda & TikarRp 50.000 – RP 75.000Rp 50.000 – RP 75.000

Baca: 5 Tempat Wisata Terbaik di Karo

Jam Operasional

Kawasan wisata perbukitan ini dapat dikunjungi setiap hari sepanjang waktu. Bagi pengujung yang ingin datang saat malam ini disarankan untuk mengenakan pakaian hangat untuk menghalau udara dingin.

Jam Operasional 
Senin – Minggu06.00 – 00.00

Sejarah Bukit Gundaling Berastagi

Nama Gundaling berasal dari pengucapan seorang pemuda yang patah hati karena ditinggal gadis pujaannya. Setiap hari pemuda tersebut berkunjung ke bukit tempat biasa mereka bertemu untuk mencari gadisnya sambil memanggilnya “darling”.

Namun tanpa sang pemuda tahu bahwa gadis tersebut sudah dijodohkan oleh orang tuanya dan menikah. Hingga akhirnya ia memutuskan untuk menghentikan rutinitasnya dan hanya memandangi bukit saksi pertemuan keduanya sembari berkata “Good bye darling”.

Kalimat itu terus ia ucapkan sambil berlalu meninggalkan bukit tersebut. Penduduk sekitar tidak begitu memahami apa yang diucapkan sang pemuda dan hanya mendengar Gun-da-ling sehingga bukit tersebut diberi nama Gundaling.

Aktivitas di Bukit Gundaling Berastagi

Gapura Bukit Gundaling yang unik
Gapura pintu masuk yang unik dan terkesan tradisional – Foto: Googlemaps/ Syarif Sers

Terdapat beragam aktivitas yang dapat pengunjung lakukan saat berada di objek wisata ini. Tak hanya sekedar mendaki bukit semata namun melakukan lari pagi atau sekedar berfoto dapat dilakukan. Berikut ini beberapa aktivitas yang dapat pengunjung lakukan bersama keluarga maupun teman.

Menyusuri Bukit Gundaling

Pengunjung dapat melihat Gunung Sinabung dan Gunung Sibayak dari Puncak Bukit Gundaling
Pengunjung dapat melihat Gunung Sinabung dan Gunung Sibayak serta pemandangan Kota Berastagi dari puncak Bukit Gundaling – Foto: Googlemaps/Manish Joshi

Pengunjung dapat berjalan santai menyusuri bukit yang sejuk sembari melihat panorama sekitar. Terdapat beberapa bebatuan yang dapat digunakan sebagai tempat beristirahat sejenak. Selain itu tersedia pula pedangan yang menyewakan tikar dan tenda untuk beristirahat.

Selama menyusuri bukit jangan lupa untuk singgah dibeberapa tempat foto yang tersedia. Terdapat sekitar 6 titik foto yang dapat gunakan untuk mengabadikan momen Bersama keluarga.

Baca: SAPO JUMA Karo Tiket & Ragam Keindahan

6 Wahana Swafoto di Bukit Gundaling

Pengujung tengah berswafoto sambil menaiki delman
Pengunjung dapat berkeliling Bukit Gundaling dan berswafoto menggunakan Delman – Foto: Googlemaps/ Christian Badhya

Sepeda Ontel : Terdapat objek sepeda ontel berwarna putih dengan latar belakang pemandangan Gunung Sinabung

Jendela dan Pintu : Ada sebuah pintu dan jendela yang menjadi ikon untuk berswafoto di Bukit Gundaling ini.

Bebatuan : Berlatar belakang pemandangan Gunung Sinabung membuat lokasi bebatuan ini menjadi pilihan untuk berswafoto baik Bersama keluarga ataupun teman.

Baca: BUKIT GAJAH BOBOK Karo Tiket & Aktivitas

Kuda dan Delman : Kedua objek ini selain digunakan untuk berfoto dapat juga digunakan untuk berkeliling sekitar tempat wisata.

Patung : Patung-patung yang berada lokasi taman wisata ini menggunakan pakaian adat Karo sehingga sangat cocok sebagai teman berfoto.

Lingkaran hati : Sesuai dengan namanya, tempat ini berbentuk lingkaran hati yang banyak digemari oleh pasangan untuk berswafoto Bersama.

Menyaksikan Matahari Terbit dan Terbenam

Menyaksikan Panorama Matahari Terbenam dari Bukit Gundaling
Pengunjung dapat menyaksikan matahari terbenam dan terbit dari puncak Bukit Gundaling – Foto: Googlemaps/Yohannes Edithio

Letaknya yang berada di ketinggian 1.575 mdpl, merupakan lokasi yang tepat untuk melihat matahari terbit ataupun terbenam. Menurut pengalaman beberapa pengunjung, ada yang menyempatkan diri untuk datang saat malam hari untuk dapat melihat fenomena matahari terbit dari atas bukit.

Baca: AIR TERJUN SIKULIKAP Tiket & Daya Tarik

Kostum Khas Jepang dan Korea Selatan

Terdapat penyewaan kostum tradisional Jepang dan Korea Selatan sebagai pelengkap berfoto pengunjung
Pengunjung dapat berfoto menggunakan kostum tradisional Jepang dan Korea Selatan – Foto : Facebook/DressupPakeaja

Terletak di Rumah Makan Puncak Gundaling terdapat sebuat penyewaan pakaian khas Negeri Jepang dan Korea Selatan bernama Dress Up Pakeaja. Pengunjung dapat menyewa kostum koboi untuk berfoto dengan kuda.

Berbelanja Suvenir

Pengujung dapat memberikan sanak saudara buah tangan berupa buah-buahan, bunga atau kerajinan lokal yang dapat dibeli di Pasar Buah dan Bunga Gundaling.

Fasilitas

Objek wisata ini telah dilengkapi beberapa fasilitas seperti tempat parkir, tempat ibadah Mushola, Rumah Makan, Toilet, Toko Cinderamata, penginapan dan kafe-kafe di sekitar area wisata.

Lokasi & Rute Menuju Bukit Gundaling

Kawasan wisata perbukitan sejuk ini berada di Jl. Letjen Jamin Ginting, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, 22153.

Pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi baik bus, mobil ataupun kendaraan roda dua. Akses jalan menuju Bukit Gundaling merupakan jalan satu arah menuju bukit dan dapat dilalui kendaraan roda empat. Jarak antara Kota Berastagi menuju Bukit Gundaling adalah kurang lebih 3 km.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 3 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini