Beranda Tiket Wisata

BUKIT LAWANG Tiket & 4 Aktivitas Wisata Desember 2021

Bukit LawangHarga Tiket: Rp5.000 - Rp75.000Jam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Jalan Bukit Lawang, Bohorok, Langkat, Sumatera Utara, Indonesia, 20852

Penasaran bagaimana rasanya menjelajah hutan dan melihat langsung kehidupan alam liar? Bukit Lawang di Sumatera Utara mungkin bisa jadi jawabannya. Kawasan ini terkenal sebagai cagar alam bagi orangutan. Tidak hanya itu, bukit ini juga merupakan destinasi wisata alam yang menarik.

Berdiri sejak tahun 1973 bukit ini awalnya hanya berfungsi sebagai tempat rehabilitasi dan perlindungan orangutan. Kawasan ini kemudian berkembang menjadi area wisata seiring dengan meningkatnya minat wisata alam. Setelah sempat tutup karena terjangan banjir bandang, Bukit Lawang kembali bangkit. Kini, wisatawan lokal maupun mancanegara selalu meramaikan aktivitas rekreasi di sini.

Tiket Masuk Bukit Lawang

Untuk memasuki kawasan Bukit Lawang, wisatawan akan dikenai tiket masuk Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL). Berbagai wahana dan aktivitas rekreasi menerapkan tiket terpisah. 

Tiket TNGL
Jenis Tiket MasukSenin – SabtuMinggu dan Hari Libur Nasional
WNIRp5.000Rp7.500
WNARp150.000Rp225.000
WNI (rombongan)Rp3.000Rp4.500
WNA (rombongan)Rp100.000Rp150.000
Jenis RekreasiUmumRombongan
BerkemahRp5.000/hariRp2.500/hari
Tracking/hiking-climbingRp5.000Rp2.500
Penelusuran GuaRp10.000Rp5.000
Pengamatan Hidup LiarRp10.000Rp5.000
Kano/SampanRp25.000Rp15.000
Arung JeramRp15.000Rp10.000
Canopi TrailRp25.000Rp15.000
Outbond TrainingRp150.000Rp75.000

Baca: 6 Tempat Wisata Terbaik di Langkat

Jam Buka

Kawasan wisata ini selalu terbuka untuk umum setiap hari. Setiap bulan adalah waktu terbaik untuk berkunjung kemari. 

Jam Operasional
Setiap Hari 24 Jam

Pesona Wisata Bukit Lawang

Seekor orangutan tampak duduk santai di tengah hutan bukit lawang
Bukit Lawang adalah habitat orangutan Sumatera yang dilindungi – Foto: Google Maps/Jill K Quaintance

Bukit Lawang merupakan destinasi wisata yang menjadi bagian dari Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL). Kawasan wisata ini berada di ketinggian 100 hingga 700 mdpl. Sebagian besar daerahnya merupakan bukit hutan primer yang alami. Inilah area yang menjadi tempat tinggal bagi berbagai jenis flora dan fauna, terutama orangutan Sumatera. 

Sebelum jadi area ekowisata seperti sekarang ini areanya merupakan kawasan konservasi Orangutan Sumatera. Serta berfungsi juga sebagai Stasiun Pengamatan Orangutan. Saat ini kawasannya terbuka bagi pelancong yang ingin mencicipi pesona dan aktivitas wisata di alam bebas. Namun, segala kegiatan berada di bawah pengawasan ketat demi menjaga kelestarian dan keberlangsungan ekosistem yang ada.

Baca: TANGKAHAN CRU Langkat Tiket & Aktivitas

Jungle Tracking

Sejumlah tenda berdiri di bantaran Sungai Landak
Paket wisata berupa trekking dan survival memberi kesempatan bagi wisatawan untuk bermalam di hutan dengan berkemah dan ‘bertahan hidup’ di hutan – Foto: Google Maps/M.Agung Wicaksana

Aktivitas yang menjadi daya tarik utama di sini yaitu jungle tracking. Wisatawan bisa merasakan suasana alam terbaik melalui kegiatan ini. Peminat tertinggi kegiatan ini umumnya datang dari wisatawan mancanegara. 

Setidaknya terdapat 2 pilihan cara untuk melaksanakan kegiatan ini. Pertama, bisa dengan half day atau one day trip. Wisatawan akan diajak menjelajahi sebagian hutan yang terdapat di sekitar perbukitan. Termasuk di dalamnya adalah habitat orangutan dan hewan primata lainnya. 

Selanjutnya terdapat pilihan lain yaitu melakukan jungle tracking dan berkemah. Kegiatan ini bisa berlangsung 2 hingga 7 hari. Selama kegiatan pemandu akan menemani wisatawan merasakan sensasi ‘survival’ di hutan. Dalam kegiatan ini wisatawan bisa mengamati kehidupan aneka fauna sekaligus merasakan syahdu suasana hutan.

Baca: Wisata KOLAM ABADI Tiket & Aktivitas

Sungai Bohorok

kegiatan river tubing sungai landak bukit lawang
Menyusuri Sungai Bohorok dengan wahana river tubing – Foto: Google Maps/Hana Elvina

Selama berada di sini jangan lewatkan bermain di Sungai Bohorok. Sungai yang masih merupakan bagian dari Bukit Lawang yang tidak bisa terlewat. Sungainya memiliki banyak bagian yang dangkal dan berair jernih. Sedangkan arusnya cukup bersahabat untuk menjadi lokasi berenang atau river tubing. Dengan alirannya yang melintasi sebagian area wisata. 

Berbagai aktivitas rekreasi memang berpusat di sungai dan sekitarnya. Terutama di sepanjang sungai, penginapan dan restoran bisa ditemui dengan mudah. Begitu juga area berkemah dan wahana river tubing yang menguji adrenalin.

Baca: LANDAK RIVER Tiket & Aktivitas

Cafe & Penginapan di Bukit Lawang

Panorama dari Kupu-Kupu Garden Guest House
Di sepanjang Sungai Bahorok, banyak berdiri penginapan bertema alam yang menyuguhkan suasana hutan serta panorama sungai yang tenang – Foto: Google Maps/Lukasz Oio

Keindahan alam bukit ini tidak hanya bagi para penyuka petualangan. Karena banyak fasilitas yang tersedia dengan mengutamakan kenyamanan dalam menikmati kawasan ini. Lihat saja barisan penginapan dan Hotel yang berada di sepanjang Sungai Bohorok. Hampir semua pilihan akomodasi ini mengusung konsep menyatu dengan alam. 

Begitu juga dengan restoran dan kafe yang ada. Beberapa tempat makan bahkan memberikan pengalaman santap yang unik. Salah satunya yaitu duduk di bangku yang sengaja diletakkan di aliran sungai. Dengan begitu, pengunjung dapat menikmati makanan sambil merasakan sejuknya aliran air sungai di kakinya.

Wahana Rekreasi

Jembatan gantung melintasi Sungai Bahorok
Jembatan Gantung Bukit Lawang – Foto: Google Maps/Song Jae Shin

Masih banyak wahana lain yang bisa dinikmati di Bukit Lawang. Misalnya kegiatan mendayung kano atau sampan di Sungai Bohorok. Lalu ada juga kegiatan menikmati acara barbekyu lezat di pinggir Sungai Landak

Sedangkan jika ingin aktivitas jelajah yang berbeda, coba kunjungi Gua Kelelawar. Gua ini menyajikan stalaktit spektakuler sekaligus merupakan rumah bagi para kelelawar. Kemudian jangan lupa untuk mengabadikan selfie kekinian di Jembatan Gantung Bukit Lawang. Jembatan berbentuk unik ini melintas di atas Sungai Bohorok dan memiliki desain yang unik. 

Fasilitas Bukit Lawang

Fasilitas umum yang tersedia sudah sangat lengkap dan memadai. Sarana ini terdiri dari area parkir, papan informasi, toilet, hingga tempat ibadah. Sarana lainnya seperti penginapan dan hotel serta restoran dan kafe sangat mudah ditemui. Bukit Lawang juga menyediakan banyak guide yang siap menemani pengunjung untuk menjelajah.

Lokasi dan Akses ke Bukit Lawang

Bukit Lawang terletak di area Taman Nasional Gunung Leuser, tepatnya di Desa perkebunan Bukit Lawang, Kecamatan Bohorok, Kabupaten langkat, Sumatra Utara. Jaraknya dari Medan kurang lebih 80 km dan bisa dicapai dalam waktu sekitar 2,5 jam perjalanan darat.

Wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi atau moda transportasi umum. Minibus atau Angkot ‘Pembangunan Semesta’ berangkat dari terminal Pinang Baris di Medan dan membawa wisatawan langsung ke Tangkahan. Akses jalannya sudah baik dengan jalan yang berlapis aspal. 

Tanggapan:

5 / 5. dari 1

Berikan Rating