Beranda Destinasi Pilihan

CIPANAS GARUT Ini 6 Kolam Air Panas Terbaik

0

Cipanas adalah salah satu kawasan, tepatnya sebuah kecamatan di Kabupaten Garut. Kawasan ini begitu terkenal dengan banyaknya kolam renang air panas alami. Berada di kaki Gunung Guntur, membuat kawasan Cipanas dialiri oleh air panas alami gunung. Sehingga sangat bermanfaat untuk sumber air kolam renang air panas di Garut.

Tak heran, jika di kawasan ini ada banyak tempat wisata kolam renang dan waterboom. Tentunya dengan kolam dari aliran air hangat langsung dari pegunungan. Kolam renang ini juga berbeda-beda, mulai dari harga dan jenisnya. Namun yang pasti, semua ramah untuk wisata keluarga.

Berkelana di Kawasan Cipanas Garut

Kawasan Cipanas yang berada di kaki Gunung Guntur memiliki udara yang sejuk. Sehingga kegiatan berendam di kolam renang air panas sangat populer. Tak heran jika kawasan Cipanas terdapat berbagai kolam renang dan waterbom dengan air panas.

Tak hanya berendam, wisatawan juga dapat berenang, bahkan ada yang menyediakan berbagai wahana permainan air. Jenisnya pun beragam, ada yang sederhana dan hanya menyediakan kolam saja. Ada yang menyediakan wahana permainan air seperti waterboom. Dan ada juga yang mengusung konsep resort mewah.

Sabda Alam Waterpark Cipanas Garut

Sabda Alam
Sabda Alam. Foto: Gmap/Jimmy hartono

Berada di kawasan Cipanas dan dekat dengan objek wisata Danau Dariza. Harga tiket masuknya mulai dari Rp 45.000 hingga Rp 60.000. Kolam renang ini buka mulai pukul 8 pagi hingga 4 sore.

Di sini tidak hanya kolam renang saja, tapi juga ada penginapan. Bedanya, di penginapan dapat mengakses kolam hingga pukul 8 malam. Di sini terdapat berbagai kolam renang dengan kedalaman yang beragam. Kolam paling luas tentunya berair dangkal.

Berbagai wahana permainan pun hadir di kolam renang untuk menambah ceria suasana. Ada waterslide, kolam ombak, hingga kolam busa. Semuanya berair hangat, yang tentu akan sangat asyik dinikmati di sejuknya cuaca Garut.

Baca: SABDA ALAM Garut Tiket Masuk & Aktivitas

Danau Dariza Hotel & Resort

Danau Dariza Hotel and Resort
Danau Dariza Hotel and Resort. Foto: Gmap/Muhamad Junaydi

Berlokasi tepat di depan Sabda Alam Waterpark, berdiri sebuah kolam yaitu Danau Dariza. Tempat ini adalah kolam pertama yang akan terlihat ketika mengunjungi kawasan Cipanas. Di sini tidak hanya ada kolam air panas seperti kolom di kawasan ini pada umumnya. Tapi juga ada kolam air dingin di lokasi berbeda.

Kolam renangnya sudah terdapat wahana permainan air. Seperti Waterslide, ember tumpah, menjadi wahana populer di kolam ini. Ada juga hotel, resor, serta danau yang berada di sini. Wisatawan pun dapat berkeliling di danau ikan menggunakan perahu.

Baca: Kebun Mawar Situhapa Tiket & Daya Tarik

Surya Alam Cipanas Garut

Surya Alam merupakan kolam renang yang cukup ramai mendapat kunjungan wisatawan. Meskipun wahana permainannya terbilang lebih sederhana dibandingkan dengan Danau Dariza dan Sabda Alam. Hal ini karena lokasi Surya Alam berdekatan dengan dua kolam renang tersebut. Sehingga memudahkan wisatawan untuk mengaksesnya.

Kolam renang ini menjadi favorit tersendiri bagi wisatawan. Karena di sini, wisatawan bisa fokus untuk berenang ataupun berendam air hangat. Bahkan, tempat ini juga sering menjadi tujuan rombongan siswa yang ingin belajar berenang.

Cipanas Indah Garut

Cipanas Indah
Cipanas Indah. Foto: Gmap/Abdullah Mushlihuddin Khalwani

Jika ingin fokus berenang dan berendam, wisatawan juga dapat menuju Cipanas Indah. Konsepnya tak jauh berbeda dengan Surya Alam, yang menghadirkan beberapa kolam dengan berbagai ukuran dan kedalaman. Lokasinya pun sangat mudah dijangkau, baik kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Karena berada di ujung pemberhentian angkutan umum Garut – Cipanas.

Karena tak banyak wahana permainan, justru kolam ini sering mendapat kunjungan rombongan pelajar. Terutama bagi yang ingin latihan renang.

Baca: Talaga Bodas Garut Tiket & Aktivitas

Tirta Kencana

Objek wisata Tirta Kencana juga menyajikan kolam air panas dengan berbagai wahana permainan air. Ukuran kolam ini cukup luas, sehingga lebih lega untuk banyak pengunjung. Seluncuran yang ember tumpah menjadi wahana permainan air yang seru yang ada di kolam air panas ini. Apalagi, sensasi guyuran air hangat di pegunungan yang sejuk, membawa keseruan tersendiri.

Yang paling menarik dari objek wisata ini adalah pemandangannya. Dari kolam, wisatawan dapat menyaksikan pemandangan indah gunung dan pegunungan. Pepohonan dan kontur tanah di pegunungan bahkan tampak sangat jelas. Apalagi di pagi atau sore hari, pemandangan semakin indah tatkala gunung tersinari oleh mentari.

Di sini juga ada penginapan, yang mengusung konsep tradisional. Lokasinya pun berada tepat di depan kolam. Dengan bangunan dari kayu dan atap berlapis jerami yang unik.

Baca: DARAJAT PASS Garut Tiket Masuk & Aktivitas

Pemandian Ciengang Garut

Pemandian Ciengang Garut
Pemandian Ciengang Garut. Foto: Gmap/AHMAD ARIPIN

Objek wisata yang satu ini juga menawarkan pemandian air panas dari alam. Bedanya, di sini tidak mengusung konsep waterboom atau kolam renang. Lebih kepada pemandian air panas dan digunakan untuk berendam saja. Karena suhu air yang ada di sini lebih tinggi dibandingkan dengan air panas lainnya.

Kebanyakan wisatawan yang datang adalah orang dewasa. Yang tujuan utamanya untuk mendapatkan khasiat air yang konon dapat menyembuhkan penyakit kulit.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini