Talaga Bodas Garut Harga Tiket: Rp9.500 Jam Buka: 07.00 - 17.00 No. Telepon: - Alamat: Caringin,Karangtengah,Garut,Jawa Barat,Indonesia,44184.

Talaga Bodas Garut merupakan objek wisata pegunungan berupa danau yang terbentuk di kawah gunung. Nama Bodas digunakan karena air telaga berdiameter 2 km ini terlihat berwarna putih. Hal tersebut karena kandungan air danau yang terbentuk dari kawah ini mengandung belerang.

Kawah Talaga Bodas ini berada di lereng Gunung Galunggung pada ketinggian 1512 mdpl. Kawasan seluas 23,85 ha ini berbatasan langsung dengan hutan dan pegunungan indah menghijau. Airnya banyak dimanfaatkan oleh penduduk sekitar sebagai sumber air panas dan pengobatan.

Harga Tiket Masuk Talaga Bodas Garut

Wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata ini akan dikenakan biaya tiket. Harga tiket masuk yang ditawarkan masih terjangkau. Cukup membayar beberapa ribu sudah bisa menikmati keindahan objek wisata ini.

Harga tiket masuk Talaga Bodas Garut
Senin – MingguRp9.500

Baca: Darajat Pass Garut Tiket & Aktivitas

Jam Buka Talaga Bodas Garut

Wisatawan bisa berkunjung ke tempat wisata ini setiap hari. Kawasan wisata telaga ini sudah buka mulai dari pagi sampai sore hari.

Jam Operasional
Senin – Minggu07.00 – 17.00

Aktivitas dan Daya Tarik Wisata

Pemandangan Telaga Bodas Garut dari ketinggian
Pemandangan Telaga Bodas Garut dari ketinggian.
Foto : Instagram/riki_rikarya

Talaga Bodas Garut merupakan salah satu kawah Gunung Galunggung yang meletus ratusan tahun lalu. Suhu kawasan wisata kawah yang berada pada sisi utara gunung ini tergolong dingin. Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat wisata ini adalah siang hari untuk menikmati sejuta pesona kawahnya.

Kawah ini berbentuk memanjang dengan pemandangan perbukitan di sekelilingnya. Banyak aktivitas wisata yang dapat dilakukan oleh wisatawan di kawasan wisata ini. Seperti treking dan hiking, berkeliling kawah, mandi di kolam air panas hingga swafoto.

Trekking dan Hiking

Sebelum sampai di lokasi wisata, wisatawan disambut pemandangan alam yang sangat menawan. Tanahnya berbukit-bukit, dengan tingkat kemiringan tinggi dan cenderung curam. Penduduk setempat memanfaatkan kondisi tersebut dengan menjadikanya kebun sayuran, seperti kol dan tomat.

Hiking dan treking menuju
Hiking dan treking menuju Talaga Bodas Garut. Foto : Instagram/ahdi_h369

Kendaraan wisatawan hanya bisa mengakses sampai area parkir kawah Talaga Bodas. Selanjutnya perjalanan dapat dilakukan dengan berjalan kaki sekitar 1 km atau menyewa motor. Namun pemandangan indah dengan hutan lebat akan membuat wisatawan lebih nyaman berjalan kaki.

Sambil treking dan hiking ringan, wisatawan disuguhi panorama perbukitan yang mengelilingi area tempat wisata. Suasananya pun segar dan sejuk, khas alami pegunungan. Begitu sampai di kawah segala lelah terbayar dengan pesona keindahannya.

Menyusuri Keindahan Talaga Bodas

Air Kawah yang berwarna putih karena kandungan belerang
Air di kawah yang berwarna putih karena kandungan belerang.
Foto : Instagram/imaz_azgar

Setibanya di lokasi wisata, wisatawan akan disuguhkan pemandangan sebuah danau berwarna putih kehijauan. Danau tersebut berisi air dengan kandungan belerang alami. Kawah gunung ini masih berstatus aktif, namun tidak memberi dampak vulkanik yang berbahaya.

Kawah Talaga Bodas berada pada lembah yang dikelilingi dinding bukit. Air danau sebaiknya tidak digunakan untuk minum atau berenang karena kandungan belerang yang tinggi.

Mandi di Kolam Air Panas

Kolam Rendam Air Panas di Telaga Bodas Garut
Kolam Rendam Air Panas di Telaga Bodas Garut.
Foto : Instagram/lukman_euy

Di sisi kanan bawah objek wisata ini terdapat tiga buah kolam rendam air panas alami. Dua kolam tersedia untuk anak-anak dan satu untuk dewasa. Suhu air di kolam rendam ini relatif hangat sehingga cukup nyaman bagi wisatawan.

Kolam air panas alami ini terletak berdekatan dengan kawah Talaga Bodas. Wisatawan dapat berendam tanpa dipungut biaya di kolam tersebut untuk relaksasi. Berendam di kolam air panas ini membuat badan terasa segar.

Telaga Dengan Latar Perbukitan

Telaga Bodas Garut terlihat luas menyerupai pantai dengan ombak dan bebatuan putih
Telaga Bodas Garut terlihat luas menyerupai pantai dengan ombak dan bebatuan putih.
Foto : Instagram/nendi85

Setiap wisatawan akan dibuat takjub dengan pemandangan di kawah di sini. Tempat wisata ini sangat instagenik  terutama bagi wisatawan milenial. Setiap sudut memiliki pesona yang membuat wisatawan ingin mengabadikan momen liburan.

Kawah putih terlihat seperti sebuah danau yang luas menyerupai pantai sejauh mata memandang. Airnya mengalir tenang, tanahnya pun layaknya pasir pantai dengan bebatuan berwarna putih. Warna airnya yang putih kehijauan berlatar perbukitan hijau dan pegunungan menjadi keunikan tersendiri.

Baca: Sabda Alam Garut Tiket & Aktivitas

Wisatawan dapat berkeliling menyusuri kawah untuk menikmati kecantikan Kawah Talaga Bodas. Pemandangannya didukung dengan hamparan bukit berpohon pinus di sekeliling danau tersebut. Panorama indah ini banyak dimanfaatkan wisatawan untuk berfoto ria bersama teman dan keluarga.

Fasilitas

Di ujung jalan kawah tersedia beberapa saung dan toilet. Area parkirnya telah dikelola dan tertata dengan baik. Musola dan deretan kedai kuliner turut melengkapi fasilitas di area ini.

Penataan juga dilakukan pada gerbang masuk, pembuatan pagar pembatas area danau dengan daratan. Serta perbaikan dan pembuatan pipa-pipa dari sumber mata air di area sekitar danau.

Di sekitar kolam rendam air panas sudah dilengkapi toilet dan tempat ganti. Pengelola terus mengembangkan fasilitas yang ada untuk menunjang kenyaman wisatawan.

Lokasi Talaga Bodas Garut

Objek wisata kawah ini terletak di Wanajaya, Jalan Talaga Bodas No. 5, Sukamenak, Wanaraja, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44183.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.

Beri Komentar

Silahkan ketik komentar
Please enter your name here