Wisata Indramayu : Berikut 7 Destinasi Ternama

Indramayu merupakan salah satu kota yang letaknya berbatasan dengan Laut Jawa di sisi utara. Wilayah pantainya pernah menyandang gelar pelabuhan besar dan bandar ternama di Pulau Jawa. Selain itu daerahnya juga menyimpan berbagai daya tarik yang menjadi tujuan wisata. Berikut 7 destinasi wisata kenamaan yang ada di Indramayu:

1. Islamic Centre Indramayu (Syekh Abdul Manan) Wisata Religi Indramayu

Masjid Islamic Centre menjadi salah satu lokasi wisata religi favorit di Indramayu.
Masjid Islamic Centre menjadi salah satu lokasi wisata religi favorit di Indramayu. Foto: GMap/Beckhan Subekhan

Masjid Islamic Centre merupakan salah satu ikon destinasi wisata religi Indramayu. Nama masjid ini merujuk pada Syekh Abdul Manan, seorang ulama era 1800 Masehi. Tokoh ulama tersebut membawa naskah-naskah kuno Islam yang kini tersimpan di Museum Bandar Cimanuk Indramayu. Beralamat di jalan Soekarno Hata, lokasinya tepat di depan Bundaran Mangga.

Arsitektur bangunannya terlihat indah dan megah. Warna putih berpadu coklat muda mendominasi dinding, menara, hingga kubahnya. Aksen ala timur tengah menghiasi bangunan hingga taman di halamannya. Ditambah dengan bunga aneka warna, serta halaman rumputnya penuh dengan jejeran pohon-pohon kurma.

2. Pantai Tirtamaya Destinasi Wisata Bahari Indramayu

Pantai Tirtamaya Indramayu memiliki garis pantai landai berpasir.
Pantai Tirtamaya Indramayu memiliki garis pantai landai berpasir. Foto: GMap/Nurul Hidayat

Berbatasan dengan Laut Jawa, lokasi Pantai Tirtamaya menjadi pilihan wisata di Indramayu favorit oleh wisatawan, destinasi tepi laut di Juntinyuat ini selalu ramai kunjungan.

Pantai Tirtamaya menawarkan panorama indah laut lepas dengan kawasan yang  bersih. Area berpasirnya berwarna kecokelatan dan berbatasan dengan rimbunnya pepohonan di daratan. Ditambah dengan air lautnya jernih dengan gelombang ombak yang aman bagi wisatawan yang bermain air. Selain bersantai di bawah teduhnya pepohonan, wisatawan juga bisa berenang.

Garis Pantai Tirtamaya terbentang panjang dan melandai dengan jejeran perahu wisata. Perahu-perahu tersebut siap mengantarkan wisatawan mengarungi perairan dangkal di sisi pantai. Salah satu sisinya memiliki jembatan yang berfungsi sebagai dermaga.

Selain area pantai, Pantai Tirtamaya memiliki beberapa daya tarik lain. Sebuah museum dengan koleksi perahu-perahu antik juga seru untuk dikunjungi. Di samping itu, kawasan pantai ini juga memiliki destinasi wisata ziarah yaitu makam Ki Buyut Tuban.

3. Taman Cimanuk

"<yoastmark

Berdiri tepat di tepi Sungai Cimanuk, Taman Cimanuk merupakan salah satu destinasi wisata ikonik Indramayu. Areanya dikelilingi Masjid Agung Indramayu, Pendopo Indramayu serta Jembatan Cimanuk. Selain itu kawasan tamannya sejuk dengan pepohonan serta tanaman yang berbentuk lorong hijau. Sehingga lebih mempercantik tampilannya.

Mengunjungi Taman Cimanuk, wisatawan bisa duduk bersantai atau berjalan-jalan menikmati udara segar. Ruang terbuka hijau ini menjadi lokasi rekreasi favorit yang tak pernah sepi kunjungan. Kawasannya berada pada kedua sisi sungai yang terhubung sebuah jembatan. Wisatawan juga bisa mengarungi Sungai Cimanuk dengan sampan-sampan yang siap mengantar.

Taman Cimanuk juga juga menyimpan jejak sejarah seperti tiang bendera yang diabadikan di area tamannya. Kemudian di taman ini sering berlangsung acara pameran budaya, seni, maupun sejarah. Ditambah dengan Pusat Kuliner Cimanuk, Galeri Empat Belas, serta rumah seni dan budaya pun ikut menyemarakkan suasana.

4. Tiga Bintang Firdaus Waterpark

Tiga Bintang Firdaus Waterpark Indramayu.
Tiga Bintang Firdaus Waterpark Indramayu. Foto: Instagram/3bintangfirdaus

Tiga Bintang Firdaus Waterpark merupakan destinasi wisata air yang populer di Indramayu. Areanya memiliki waterboom dengan wahana-wahana air pada beberapa kolam renang yang kedalamannya bervariasi.

Beberapa seluncur airnya memiliki bentuk dan ketinggian yang menyesuaikan dengan kedalaman dan ukuran kolam. Permainan Bungee Trampolinnya juga disukai anak-anak karena mereka bisa merasakan serunya leluasa melompat.

Selanjutnya di dalam water park penuh dengan hiasan berbagai ornamen dan patung-patung aneka hewan maupun tumbuhan. Selain itu tersebar pula banyak area berfoto menarik dengan aneka warna ceria. Sebagai tambahan tersedia juga fasilitas lain seperti tempat karaoke.

5. Pantai Karangsong

Pantai Karangsong menyajikan keindahan hutan bakau berpadu dengan kawasan pantai.
Pantai Karangsong menyajikan keindahan hutan bakau berpadu dengan kawasan pantai. Foto: GMap/Ardi Art

Pantai Karangsong memiliki pemandangan yang memadukan wisata tepi laut dengan kawasan hutan bakau. Dengan luas mencapai setidaknya 103,9 hektar, kawasannya merupakan lokasi hutan Mangrove terbesar di Indramayu. Selain untuk mencegah intrusi air laut, kawasan hutan bakau ini turut menjaga kualitas air bagi penduduk pesisir.

Untuk melihat lebih dekat lebatnya hutan Mangrove, wisatawan dapat menjelajah dengan berperahu. Mengarungi sungainya, menembus keteduhan area hijau dengan vegetasi bakau yang rapat.

Selama perjalanan suara aneka satwa seperti burung-burung yang melintas atau bertengger di akar bakau membawa suasana tenang. Aliran rawa dan sungai ini akan bermuara hingga ke perairan laut Pantai Karangsong.

Kemudian di bibir pantai , pesisirnya merupakan area berpasir landai. Ombak yang bersahabat memungkinkan untuk berenang dan bermain air dengan pelampung. Berbatasan dengan laut, terdapat saung-saung sewaan sebagai tempat bersantai.

6. Wisata Murah di Alun-Alun Indramayu

Alun-alun Indramayu dengan Tugu Bambu Runcing di tengah lapangan rumputnya.
Alun-alun Indramayu dengan Tugu Bambu Runcing di tengah lapangan rumputnya. Foto: GMap/Edy Saefrudin

Alun-Alun Indramayu merupakan area hijau di pusat kota tempat rekreasi santai masyarakat Indramayu. Di tengah areanya terdapat Tugu Bambu yang melambangkan senjata perjuangan merebut kemerdekaan. Selanjutnya pada salah satu sisinya terdapat bangunan Pendopo yang sering berguna untuk acara resmi.

Setelah pembongkaran pagar tahun 2021, Alun-Alun Indramayu kini tampil lebih menawan. Pembongkaran pagar merupakan simbolisasi meruntuhkan sekat antara rakyat dengan pemimpinnya. Selain itu kini aksesnya lebih mudah dengan trotoar yang lebih ramah pejalan kaki.

Sejauh ini area alun-alun selalu ramai di sore hari, terlebih lagi ketika akhir pekan. Lokasinya menjadi pusat rekreasi dan olahraga seperti senam, lari hingga bermain bola.

7. Masjid Agung Indramayu

Masjid Agung Indramayu dengan arsitektur bangunan khas tradisionalnya.
Masjid Agung Indramayu dengan arsitektur bangunan khas tradisionalnya. Foto : GMap/Wasito ST

Berada di pusat kota, Masjid Agung Indramayu ramai kunjungan setiap harinya. Lokasinya tepat di jantung kawasan pemerintahan yang dikelilingi Alun-alun Indramayu, Taman Cimanuk, hingga Kantor Bupati. Dengan kemudahan akses, masjid ini menjadi destinasi wisata religi yang banyak menarik minat wisatawan.

Bangunan Masjid Agung Indramayu berkonsep tradisional dengan atap bertingkat dan mengerucut. Dindingnya berwarna putih dengan atap merah kecokelatan menggambarkan kesederhanaan dibalik ukurannya yang megah dan luas.

Kemudian di bagian dalam masjid berisi pilar-pilar dengan seluruh kerangka bangunan yang tampak terbuat dari kayu. Nuansa khas tradisional membuat masjid ini terasa tenang dan teduh. Ditambah dengan sejuknya hembusan angin dari pepohonan mangga yang mengelilingi kawasan.

Bagikan Konten ke: