8 Wisata Karawang Dari Waterpark Hingga Budaya

Terkenal sebagai Kota Lumbung Padi, Karawang ternyata juga menyuguhkan banyak tempat dengan keindahan alamnya. Tak hanya alam, berbagai daya tarik pun mengundang wisatawan untuk menjelajah daerahnya. Yang juga menawarkan beraneka ragam keunikan pada setiap destinasi wisatanya. Menyambangi Karawang, berikut 8 lokasi wisata bernuansa khas Kota Pangkal Perjuangan ini:

1. Wonderland Adventure Waterpark

Wonderland Adventure Waterpark Galuh Mas Karawang.
Wonderland Adventure Waterpark Galuh Mas Karawang. Foto: GMap/Hibar Ilhamsyah

Wonderland Adventure Waterpark merupakan salah satu taman rekreasi air yang terbesar di Karawang. Berada di Galuh Mas Karawang, lokasi waterpark tematik ini memang cocok sebagai tujuan berlibur keluarga. Menawarkan taman bertema petualangan air dengan wahana air seru yang jumlahnya mencapai puluhan.

Selama bermain di sini wisatawan bisa mencoba wahana Gorilla Slide untuk merasakan sensasi meluncur dari ketinggian 15 meter. Kemudian mencoba serunya wahana di Tomorrow Land yang berkonsep green future sebagai lokasi outbond. Selain itu ada pula Flying Fox, Splash Fun, serta Kolam Arus sepanjang 350 meter.

Baca: 8 Tempat Wisata Bogor Unggulan

2. Alun-alun Karawang

Kawasan taman Alun-alun Karawang dengan tugunya.
Kawasan taman Alun-alun Karawang dengan tugunya. Foto: GMap/Ari Dwi

Alun-alun Karawang memiliki area terbuka dengan pepohonan dan taman-taman. Lokasinya dikelilingi oleh Masjid Agung, Dinas Pariwisata, dan jalan utama di ketiga sisinya. Lantai kawasannya berupa keramik dengan sebuah tugu di tengahnya.

Sedangkan untuk lokasinya cukup strategis serta mudah dijangkau. Tak heran jika sekitar alun-alun selalu kunjungan. Baik bersama rekan maupun keluarga. Selama berada di alun-alun pengunjung bisa memanfaatkan kawasannya sebagai tempat rekreasi santai. Selain itu di sekitar kawasannya pun bertebaran sajian kuliner khas kota Karawang.

Ada rencana ke depannya Alun-alun Karawang akan mempercantik diri dengan wajah yang baru. Pemerintah Karawang telah merancang renovasi alun-alun dengan konsep tampilan menarik, mewah, dan kekinian.

Baca: 7 Destinasi Wisata Bekasi Bagus Untuk Keluarga

3. Hutan Kertas

Eksotisme cahaya lampu di tengah rimbunnya Hutan Kertas Karawang.
Eksotisme cahaya lampu di tengah rimbunnya Hutan Kertas Karawang. Foto: GMap/Sinta Dewi

Destinasi di Kutamekar ini dinamakan Hutan Kertas karena berisi pepohonan Eukaliptus, bahan baku produksi kertas. Areanya milik PT Pindo Deli, penanamannya telah dilakukan sejak 2004 sebagai stok bahan baku sekaligus penghijauan. Sedangkan sebagai destinasi wisata mulai populer sejak tahun 2017.

Udaranya yang sejuk dan bersih membawa suasana segarnya liburan. Jejeran pepohonan Eukaliptus ikut memberikan nuansa yang teduh di tengah kerimbunannya. Selanjutnya di Kawasan Hutan Kertas banyak terdapat properti unik dan atraktif. Biasanya properti berlatar hutan Eukaliptus ini sering menjadi spot foto.

Dengan semakin berkembangnya kawasan Hutan Kertas, kini berdiri juga Hutan Kertas Cafe serta Bengkel Hutan Kertas Motor. Ditambah dengan dengan Hutan Kertas Sepatu, Hutan Kertas Pengrajin Kayu, serta Hutan Kertas Wedding Organizer.

Baca: Wisata Indramayu : Berikut 7 Destinasi Ternama

4. Kampung Turis Karawang

Kampung Turis Karawang bernuansa etnis di kawasan pegunungan.
Kampung Turis Karawang bernuansa etnis di kawasan pegunungan. Foto: GMap/Muhammad Fauzi

Kampung Turis Karawang mengusung konsep wisata dengan suasana etnik tradisional dan natural. Berlokasi di Tegalwaru, Karawang, kawasannya memiliki water park hingga resort. Kawasan wisata ini menawarkan atmosfer pedesaan yang tenang dan nyaman. Berada di kaki Gunung Sanggabuana, lokasinya dikelilingi area persawahan hingga perbukitan.

Zona water park memiliki beberapa kolam, lengkap dengan wahana airnya. Wisatawan bisa bermain seluncur air, ember tumpah, hingga kolam arus. Ada pula playground, perahu bebek, ATV, bungge trampoline, serta kereta api mini. Ditambah dengan Rumah Balon, Halaman Kelinci, maupun wahana outobond seperti flying fox.

Sedangkan lokasi untuk resortnya memiliki berbagai pilihan tipe vila dengan bangunan khas Jawa Barat. Restoran di areanya menyuguhkan menu-menu tradisional seperti Keredok, Gurami Bakar, maupun Ikan Mas. Selain itu tersedia pula lapangan futsal, terapi ikan, dan area pemancingan.

Baca: 7 DESTINASI WISATA PRIMADONA DI CIANJUR

5. Wisata Budaya di Kampung Budaya Karawang

Aktivitas seni dan budaya di Kampung Budaya Karawang.
Aktivitas seni dan budaya di Kampung Budaya Karawang. Foto: GMap/Ade Triyanto

Kampung Budaya merupakan lokasi wisata yang sekaligus bertujuan sebagai pelestarian budaya Sunda di Karawang. Lokasi ini dibangun sebagai wadah bagi aktivitas para seniman yang ada di Karawang. Berada di Telukjambe Timur, kawasannya didirikan pada 2014 oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Karawang.

Mengunjungi Kampung Budaya, terlihat berbagai kegiatan budaya dan kesenian. Wisatawan dapat menyaksikan pertunjukan tari Pedalangan maupun tari Jaipong pada gedung pertunjukannya. Aula tersebut juga menjadi tempat untuk yang berlatih karate serta komunitas yoga.

Pada sisi Kampung Budaya, terlihat hamparan sawah menghijau yang menggambarkan Karawang sebagai kota lumbung padi. Kawasannya juga memiliki restoran khas Sunda dengan fasilitas pendukung seperti masjid dan lainnya.

6. Wisata Air Terjun Curug Cigentis Karawang

Curug Cigentis Karawang memiliki curahan yang jatuh dari tebing setinggi 25 meter.
Curug Cigentis Karawang memiliki curahan yang jatuh dari tebing setinggi 25 meter. Foto: Instagram/galerihuntingkarawang

Curug Cigentis menawarkan kesegaran air terjun di kawasan Gunung Sanggabuana. Keindahan curahan air setinggi 25 meter ini berada di ketinggian setidaknya 1000 Mdpl.

Debit air Curug Cigentis cukup tinggi berdinding tebing yang mengelilinginya. Suasana di sekitar areanya asri dan percikan air yang menjangkau jauh membawa kesejukan. Sementara sumber airnya berasal dari gabungan dari berbagai mata air yang jernih dan alami.

Sejauh ini pengelolaan kawasan air terjun di bawah Pemerintah melaluli RPH Cigunungsari. Kemudian untuk akses jalannya sudah beraspal dan berbagai fasilitas yang memberikan kemudahan serta kenyamanan bagi wisatawan. Di sekitar air terjun juga tersedia penginapan seperti homestay maupun vila. Bagi yang ingin bermalam dengan tenda, tersedia juga lahan untuk berkemah.

7. Masjid Jami Aliyah

Masjid Jami Aliyah Karawang
Masjid Jami Aliyah Karawang. Foto: GMap/Agung Rifandhy

Masjid Jami Aliyah tampil megah dengan arsitektur bergaya timur tengah yang berpadu dengan desain tradisional. Kanopi di bagian depan berdesain payung hidrolik ala Madinah. Beralamat di jalan Internasional Karawang Barat, lokasinya berada di rest-area akses tol Karawang Barat.

Area masjid dengan total lahan seluas setidaknya 3.000 meter persegi tersebut resmi berdiri sejak 2013. Layaknya masjid masjid tradisional Indonesia, bagian dalamnya memiliki empat pilar penopang atap. Dinding berpola serat kayu yang mendominasi bagian dalam masjid menjadi salah satu ciri khasnya.

8. Wisata Pantai Sedari Karawang

Kawasan pepasir Pantai Sedari Karawang.
Kawasan pepasir Pantai Sedari Karawang. Foto: GMap/Okty

Pantai Sedari merupakan destinasi wisata kawasan tepi laut di ujung utara Karawang. Menawarkan kawasan berpasir yang eksotis berwarna kecokelatan ditambah dengan hutan Mangrove yang asri. Selama menyusuri garis pantai yang landai, wisatawan bisa berjalan santai, naik delman, maupun berkuda.

Menghadap perairan Laut Jawa, gelombang ombak Pantai Sedari Karawang cukup bersahabat. Wisatawan dapat bersantai menikmati semilir angin laut beralaskan tikar di bawah payung-payung pantai. Sementara di area berpasirnya, wisatawan bersama anak-anak dapat pula bermain air dan membangun istana pasir. Di sini, wisatawan juga dapat menikmati nikmatnya sajian khas kuliner laut.

Bagikan konten ke: