Beranda Destinasi Pilihan

8 Tempat Wisata Bogor Unggulan

0

Menyebut wilayah Bogor, wisatawan dapat langsung membayangkan suasana yang sejuk dan hawa dingin. Dalam cakupan wilayah kota maupun kabupatennya, Bogor memiliki aneka ragam tempat wisata. Mulai dari panorama keindahan alam yang memukau hingga sajian kuliner khasnya. Berikut 9 destinasi unggulan yang dapat menjadi pilihan untuk berwisata di Bogor:

1. Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor merupakan sebuah kebun botani besar yang berada di tengah Kota Bogor. Areanya mencapai 87 hektar dengan 15.000 koleksi tanaman dan pohon, seperti Raflesia Arnoldi, anggrek, dan pakis. Sebagian besar pohon yang ada di dalamnya telah berumur puluhan tahun. Areanya juga memiliki danau-danau besar maupun kecil serta padang rerumputan yang luas.

Kebun Raya juga semakin mempercantik diri dengan berbagai spot indah dan menarik. Terdapat Taman Aquatic dan Taman Meksiko. Wisatawan juga dapat menyewa sepeda untuk menjelajahi luasnya Kebun Raya. Selain itu wisatawan juga dapat menikmati suasana santai dengan berjalan atau olahraga lari.

Tak hanya destinasi wisata, Kebun Raya Bogor juga menjadi lokasi pemotretan pranikah, buku tahunan sekolah. Spot-spot foto cantik tersebar di dalam areanya. Wisatawan kebanyakan melakukan piknik bersama keluarga, pasangan, hingga garden  party.

Lelah mengelilingi luasnya Kebun Raya Bogor, wisatawan bisa istirahat di tepi danau depan Istana Bogor. Wisatawan juga dapat duduk bersantai di padang rumput dan memakan bekal bersama keluarga. Bisa juga mencicipi kudapan di Garden Cafe dan beberapa booth dari es krim hingga jamu.

2. Kawasan Puncak

Kawasan wisata Puncak sudah sangat populer di kalangan wisatawan. Lokasinya yang relatif dekat dari Jakarta dan pusat kota Bogor menjadikannya pilihan berlibur. Setiap akhir pekan jalur menuju kawasan Puncak sangat padat. Berada di wilayah Kabupaten Bogor, daerah ini merupakan area pegunungan dengan hawa dingin berkabut.

Tak hanya sajian pemandangan dan nuansa alaminya, kawasan wisata Puncak juga menawarkan berbagai destinasi. Wisatawan bisa merasakan sensasi petualangan alam liar, trekking, wisata kuliner, maupun wahana pemacu adrenalin.

Daerah ini juga dikenal memiliki banyak vila dan hotel dengan pemandangan memukau. Dengan menginap, wisatawan dapat menikmati suasana khas pegunungan secara lebih leluasa. Berbagai lokasi berkemah hingga pendakian gunung pun bisa menjadi pilihan wisatawan.

Baca: 7 Tempat Wisata di Puncak Bernuansa Alam Memukau

3. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Menyaksikan Gunung Gede dari puncak Gunung Pangrango di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.
Menyaksikan Gunung Gede dari puncak Gunung Pangrango di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. foto: GMap/khie zulkifli

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango memiliki luas lahan sekitar 21.975 hektar. Didirikan sejak tahun 1980, taman nasional ini memiliki hutan dengan berbagai satwa liar pegunungan.

Destinasi ini banyak menjadi incaran para pendaki, baik itu puncak Gunung Gede maupun puncak Gunung Pangrango. Sepanjang jalur pendakian, wisatawan dapat menemukan berbagai macam daya tarik unik. Seperti air terjun, sumber air panas, Telaga Biru hingga padang luas Surya Kencana. Di taman nasonal ini pula wisatawan dapat menemukan bunga Edelweis yang cukup langka.

Wisatawan juga dapat berkemah di beberapa area yang telah ditentukan. Suhu kawasannya sangat dingin dengan angin khas pegunungan. Daya tarik lain yang banyak diincar yaitu berburu sunrise di puncak kedua gunungnya. Pada momen tersebut, area puncak gunung sangat ramai oleh wisatawan.

4. Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Taman nasional lainnya yang tak kalah populer di Bogor adalah Gunung Halimun Salak. Berada pada wilayah pegunungan dengan area yang luas mencakup pegunungan, hutan hujan dengan ekosistemnya.

Wisata Taman Nasional Gunung Halimun Salak memiliki banyak spot dengan daya tariknya. Seperti jembatan gantung, rumah pohon, serta banyak spot foto berlatar pinus dan lembah perbukitannya.

5. The Jungle Waterpark Bogor

Wahana Ember Tumpah di The Jungle Waterpark Bogor dengan latar Gunung Salak.
Wahana Ember Tumpah di The Jungle Waterpark Bogor dengan latar Gunung Salak. Foto: GMap/The Jungle Waterpark Bogor

Bermain di taman air tentu sangat menyegarkan. Ditambah pemandangan hijau dengan Gunung Salak yang melatarinya. Itulah keistimewaan wisata The Jungle Waterpark Bogor yang berlokasi di Perumahan Bogor Nirwana Residence.

Taman hiburan ini dilengkapi dengan berbagai wahana air dan atraksi seru. Antara lain kolam ombak, kolam air hangat, racer slide, dan tower slide. Efek percikan air, goyangan kursi, angin, sejalan cerita film dapat dicoba di The Jungle 4D Cinema. Selain itu, The Jungle Waterpark Bogor juga memiliki birdpark yang memiliki koleksi burung yang dapat dilihat langsung

6. Situ Gunung

"<yoastmark

Wisata Situ Gunung adalah sebuah kawasan danau. Berbagai aktivitas wisata dapat dilakukan di sini, seperti berenang, naik perahu, dan pendakian. Tiket reguler untuk wisatawan sudah termasuk welcome drink, spot air terjun, dan jembatan gantung.

Salah satu spot ikonik Situ Gunung yaitu jembatan gantung hutan terpanjang di Asia Tenggara. Suspension Bridge setinggi 161 meter ini membentang sepanjang 243 meter dengan lebar 18 meter. Menyeberang melalui jembatan ini menjadi salah satu aktivitas seru yang memacu adrenalin.

Wisatawan yang ingin beristirahat dapat mendirikan tenda dan bermalam di area dekat danau. Selain itu wisatawan juga bisa melakukan trekking menuju spot lembah purba.

7. Museum Zoologi

Peraga kerangka sebagai sarana wisata edukasi di Museum Zoologi Bogor.
Peraga kerangka sebagai sarana wisata edukasi di Museum Zoologi Bogor. Foto: GMap/Tri Ariwibowo

Museum Zoologi Bogor memiliki koleksi terkait dunia satwa seperti berbagai spesimen awetan serta fosil hewan. Museum yang berisi ruang pameran ini dibuka setiap hari untuk umum. Wisatawan tak perlu membayar tiket masuk karena lokasinya berada di kompleks Kebun Raya Bogor.

Destinasi ini cocok untuk wisata keluarga bersama anak-anak. Wisatawan dapat mengajak anak-anak melihat dan belajar tentang binatang melalui diorama spesimen yang diawetkan. Koleksinya mencakup banyak ragam, mulai dari serangga hingga rangka paus biru yang berukuran besar.

8. Pasar Ah Poong

asar Ah Poong di siang hari dengan pemandangan alam dan sungainya.
Pasar Ah Poong di siang hari dengan pemandangan alam dan sungainya. Foto: GMap/delta perdana

Pasar Ah Poong telah dikenal sebagai destinasi wisata kuliner di Bogor. Lokasinya berada di tepian sungai dengan halaman rumput berhias pohon palem. Suasana areanya pun cocok untuk berkunjung bersama keluarga.

Aneka sajian kuliner yang dapat dipilih sangat beragam. Mulai Untuk bertransaksi, wisatawan terlebih dahulu mengisi saldo pada kartu member. Kartu ini kemudian dapat digunakan untuk pembayaran makanan dan minuman yang dipesan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini