7 Tempat Wisata Populer Di Medan

Medan menawarkan beragam tempat wisata tidak hanya untuk anak muda namun juga orang dewasa dan keluarga. Dengan memilih destinasi ini, momen liburan di Sumatera Utara pasti terasa lebih berkesan. Penasaran tempat wisata Medan mana saja yang wajib dikunjungi? Langsung simak yuk daftarnya di bawah ini!

1. Danau Siombak Marelan

Spot foto di Danau Siombak Marelan
Dengan cerita sejarahnya yang menarik, Danau Siombak Marelan menjadi salah satu tujuan wisata utama di Medan. Foto: Gmaps/Andri Jasman Daulay

Tempat wisata ini terletak di Jalan Raya Pasir, Kecamatan Medan Marelan. Menurut cerita sejarahnya, danau ini terbentuk akibat penggalian tanah timbunan pada 1980 silam. Namun berdasarkan sumber lain disebutkan bahwa tempat ini adalah bagian dari peninggalan situs Kota Cina.

Banyaknya cerita di balik keberadaan Danau Siombak Marelan, menjadikan danau ini menyimpan daya tarik tersendiri. Jika tertarik, wisatawan bisa datang berkunjungi setiap hari mulai pukul 08.00-17.00 WIB. Berbagai spot foto yang instagramable juga telah disediakan pengelola, di samping fasilitas dasar seperti toilet dan warung.

2. Istana Maimun Medan

Istana Maimun merupakan salah satu destinasi wisata sejarah di Medan
Peninggalan Kerajaan Deli ini adalah ikon wisata Kota Medan yang wajib dikunjungi. Foto: Gmaps/Ramzi Murziqin

Bangunan megah ini merupakan peninggalan Kerajaan Deli. Yang kini beralih fungsi sebagai salah satu destinasi wisata sejarah di Medan. Pada bagian sayap kanan dan kiri istana hanya dibuka dan digunakan untuk acara adat. Sementara wisatawan bisa menjelajahi bagian utama Istana Maimun.

Museum ini adalah salah satu wisata edukasi di Medan dengan koleksi ribuan hewan yang diawetkan
Pengunjung bisa berjumpa dengan ribuan hewan yang telah diawetkan dari banyak negara di dunia di museum ini. Foto: Gmaps/Nidatul Jamiati

Museum dan galeri ini mengoleksi berbagai satwa liar yang sudah mengalami proses pengawetan. Satwa-satwa tersebut berasal dari perburuan. Setidaknya 2.000 satwa besar maupun kecil ada di museum yang beralamat di Jalan S.Parman 309. Buka mulai pukul 09.00-17.00 WIB, destinasi di Medan ini terkenal sebagai galeri satwa liar pertama di Asia Tenggara.

Koleksi dari berbagai kategori dapat dijumpai di museum. Namun, salah satu yang menarik yaitu The African Big Five. Lima hewan besar asal Afrika itu terdiri dari Singa, Cheetah, Badak Putih, Gajah dan Banteng. Koleksi ini pun menjadi salah satu tampilan yang mengesankan di Rahmat International Wildlife Museum & Gallery.

Selengkapnya: Rahmat International Wildlife Museum Tiket & Koleksi

4. Museum Tjong A Fie Mansion

Arsitektur bernuansa China bisa ditemui di Museum Tjong A Fie Mansion
Keunikan arsitektur bergaya China yang khas menjadi salah satu daya tarik dari Museum Tjong A Fie Mansion. Foto: Gmaps/Benny Lie

Letaknya di Jalan Jenderal Ahmad Yani, N0.105, Kesawan, Medan Barat, Kota Medan. Mendapat julukan sebagai permata bersejarah di Medan yang menawarkan keunikan arsitektur bangunan. Terdapat 35 kamar di museum ini dengan perpaduan arsitektur Melayu, Cina dan Art Decor yang unik. Pembangunan setiap ruangan yang berlangsung pada tahun 1895 ini pun tak sembarangan.

Seluruh ruangan menerapkan prinsip fengsui. Di lantai pertama, terdapat ruangan berdinding kayu dengan lapisan emas. Lantai bawah merupakan kamar tidur mendiang Tjong A Fie. Ada juga kayu mahoni berukir, pakaian sutra dan artefak dari zamannya. Sementara di lantai dua, wisatawan dapat menjelajahi kuil Kwan Ti Kong dan ballroom.

Selengkapnya: Tjong A Fie Mansion Tiket & Aktivitas

5. Wisata Vihara Maitreya Medan

Vihara Maitreya, destinasi wisata religi di Kota Medan
Salah satu yang paling menarik dari Vihara Maitreya adalah adanya kolam burung bangau. Foto: Gmaps/E T

Salah satu tempat wisata religi di Medan ini berlokasi di Komplek Perumahan Cemara Asri, Deli Serdang. Ternyata wihara ini merupakan yang terbesar di Indonesia. Vihara Maitreya berdiri pada tahun 1991 dan baru diresmikan pada 21 Agustus 2008. Ada beberapa area foto yang menjadi andalan. Misalnya, di halaman utama dengan latar bangunan wihara.

Selain itu, ada pula Genta setinggi 3,3 meter dan berat 7 ton dengan ukiran kalimat Dharma Hati Maitreya. Hal unik lain yaitu adanya taman burung bangau. Ratusan burung bangau bebas beterbangan di atas kolam atau bertengger di pohon. Para pecinta fotografi pasti sayang untuk melewatkan area yang satu ini.

6. Wisata Taman Sri Deli Medan

Taman Sri Deli menjadi salah satu tempat liburan murah meriah di Kota Medan
Besantai menikmati suasana Kota Medan di Taman Sri Deli. Foto: Gmaps/bedy kharisma

Sejarah awal berdirinya atas gagasan Sultan Deli ke-10, Amaludin Sani Perkasa Alamsyah, pada tahun 1920-an. Taman ini mendapat sentuhan arsitek Italia yang menerapkan perpaduan arsitektur Mesir, Turki dan India. Sehingga tidak heran kalau banyak yang menyebutnya sebagai Taj Mahal-nya Medan. Di area seluas setidaknya 14.884 meter persegi tersebut ada sebuah kolam berbentuk trapesium.

Di tepian kolam ada lorong tiang-tiang penyangga bercat kuning dan hijau. Jika mengikuti lorong itu, terdapat sebuah rumah panggung sederhana. Pengunjung beristirahat atau bersantai di sini. Untuk letaknya, Taman Sri Deli berada di lokasi strategis yakni di Pusat Kota Medan. Tempatnya di depan Masjid Raya Al-Mashun. Tepatnya di Jalan Sisingamangaraja, Kecamatan Medan Kota, Kota Medan.

Selengkapnya: TAMAN SRI DELI Tiket & Aktivitas

7. Taman Cadika Pramuka

Taman Cadika Pramuka, tempat untuk berbagai kegiatan masyarakat Kota Medan
Pengunjung bisa bersantai ditemani suasana asri di Taman Cadika Pramuka. Foto: Gmaps/Yuda Putra Wijaya

Ruang Terbuka Hijau ini berada di Jalan Karya Wisata, Kecamatan Johor, Kota Medan. Taman seluas 5.000 meter persegi baru berdiri pada tahun 2012. Tempat wisata murah meriah bagi warga sekitar yang di dalamnya juga memiiliki sebuah danau.

Di sekitar danau banyak pepohonan rimbun yang membuat suasana terasa sangat asri. Selain itu, ada pula bangku-bangku taman untuk bersantai. Di sini juga ada sebuah jembatan layang yang kerap menjadi area berfoto pengunjung.

Bagikan Konten ke: