Beranda Tiket Wisata

TAMAN SRI DELI Tiket & Ragam Aktivitas - Desember 2020

Taman Sri Deli
Harga Tiket: Gratis Jam Buka: 07.00 - 09.00 No. Telepon: - Alamat: Jl. Sisingamangaraja,Medan Kota,Medan,Sumatra Utara,Indonesia ,20213.

Taman Sri Deli adalah taman peninggalan Kesultanan Deli yang kini dijadikan sebagai tempat wisata. Menurut sejarah, taman ini dibangun pada masa Sultan Ma’mum Al Rasyid Perkasa Alam sebagai tempat bersantai keluarga kesultanan Deli.

Taman bersejarah ini sempat terbengkalai dan tidak terurus. Pada tahun 2016, pemerintah daerah melakukan revitalisasi taman agar taman dapat dimanfaatkan kembali oleh masyarakat sekitar. Kini, taman seluas 1,4 hektare dengan kolam di tengahnya ini sering digunakan sebagai tempat olahraga, nongkrong atau wisata kuliner oleh para wisatawan.

Harga Tiket

Untuk menikmati keindahan Taman Sri Deli, pengunjung tidak perlu khawatir soal biaya. Taman ini terbuka untuk masyarakat umum tanpa dipungut biaya alias gratis. Pengunjung hanya perlu menyiapkan uang jika ingin membeli makanan yang dijajakan di area taman.

Harga Tiket Masuk
Harga tiket masukGratis

Baca: 10 Tempat Wisata Terbaik di Medan dan Sekitarnya

Jam Buka

Taman Sri Deli buka setiap hari dari pagi hingga malam. Biasanya, taman ini lebih ramai pada akhir pekan. Saat pagi dan sore hari, taman akan dipenuhi oleh masyarakat yang berolahraga. Sedangkan malam hari biasanya taman digunakan sebagai tempat nongkrong oleh anak muda.

Jam Buka
Setiap Hari07.00 – 21.00

Ragam Pesona dan Aktivitas Taman Sri Deli

Taman Sri Deli adalah ruang terbuka hijau peninggalan Kesultanan Deli. Meski sempat terbengkalai, taman ini sudah direvitalisasi dan menjadi objek wisata bagi wisatawan. Kini, taman bersejarah ini dapat dinikmati oleh masyarakat umum secara gratis.

Baca: Tjong A Fie Mansion Medan Tiket & Ragam Aktivitas

Perpaduan arsitektur Turki, India dan Mesir pada taman membuat taman ini cukup digandrungi oleh pengunjung. Posisi taman yang berdekatan dengan Masjid Raya dan Istana Maimun membuat taman ini tak pernah sepi pengunjung. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati beragam aktivitas menyenangkan di taman ini.

Pesona dan Keunikan Taman Peninggalan Kesultanan Deli

Spot Foto di Taman Sri Deli
Potret pengunjung sedang berfoto di spot foto Taman Sri Deli. Foto:Okta Rija

Taman Sri Deli sudah tidak asing lagi di telinga warga Kota Medan. Taman bersejarah ini erat kaitannya dengan peninggalan Kesultanan Deli. Dulunya, taman ini dikenal dengan nama Derikanpark, tempat bersantai keluarga Kesultanan Deli. Taman yang sempat terbengkalai ini kemudian ditata ulang oleh Pemerintah Kota hingga dapat dijadikan tempat wisata seperti sekarang.

Baca: FUNLAND MIKIE HOLIDAY Tiket & Wahana Spektakuler

Taman bersejarah ini memiliki luas 1,4 hektar dengan kolam berbentuk trapesium di tengah taman. Nuansa asri akan terasa begitu memasuki kawasan taman, hal ini membuat pengunjung merasa nyaman berada di taman ini. Arsitekturnya yang unik, membuat taman ini tampak mempesona. Tak heran jika taman ini sering dijadikan sebagai spot foto oleh pengunjung.

Bersantai di Tepi Kolam

Potret Kolam Taman Sri Deli
Potret Kolam Taman Sri Deli. Foto:Haning Indria

Taman ini memiliki sebuah kolam buatan berbentuk trapesium yang terletak di tengah taman. Di sekitar kolam dibangun kursi taman yang biasa digunakan pengunjung untuk bersantai. Pengunjung dapat melihat pemandangan kolam sambil menikmati kuliner yang dijajakan di area taman.

Pesona Masjid Raya dan Istana Maimun

Kemegahan Istana Maimun
Potret Kemegahan Istana Maimun. Foto:Agus Purwanto

Lokasi taman bisa dibilang cukup strategis. Posisinya yang berdekatan dengan Masjid Raya dan Istana Maimun, membuat taman ini cukup terkenal sebagai salah satu objek wisata di Medan. Ketiga tempat ini merupakan tempat bersejarah bagi Kota Medan.

Baca: BIMA UTOMO Waterpark Tiket & Wahana

Memiliki arsitektur yang unik, itulah ciri khas dari Istana Maimun. Disini pengunjung akan melihat bangunan dua lantai dengan perpaduan arsitektur Melayu, Mogul, Arab, India dan Eropa. Wisatawan biasanya akan mengagumi arsitektur istana sambil mengenal sejarah Kesultanan Deli. Disini pengunjung juga bisa melihat meriam puntung, salah satu benda bersejarah di Istana Maimun.

Berolahraga dan Bermain di Area Taman

Memiliki lahan yang luas, taman kota ini ini seringkali dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk berolahraga. Biasanya taman digunakan sebagai tempat olahraga pada pagi dan sore hari. Nuansa asri taman juga membuat tempat ini sangat cocok menjadi tempat olahraga.

Tak hanya orang dewasa, tempat ini juga disukai oleh anak-anak. Taman ini memiliki beberapa wahana permainan sederhana untuk anak-anak seperti ayunan dan seluncuran.

Pada akhir pekan, pengunjung juga dapat menikmati pertunjukan seni disini. Biasanya ada komunitas-komunitas seni yang memanfaatkan taman ini sebagai panggung pertunjukkannya.

Nikmati Wisata Kuliner Sambil Bersantai di Taman

Salah satu daya tarik dari taman bersejarah ini yaitu pengunjung dapat berwisata kuliner di sini. Ada beragam jenis makanan lokal yang dijajakan seperti es tebu, es dawet, rujak ulek dan aneka makanan serta minuman lainnya.

Salah satu makanan favorit pengunjung yaitu rujak kolam. Disebut rujak kolam karena biasanya pengunjung menikmati rujak ini di tepi kolam taman.

Fasilitas

Sejak revitalisasi pada tahun 2016, fasilitas di taman ini juga perlahan mulai dibangun. Terdapat tempat parkir yang cukup memadai untuk pengunjung yang membawa kendaraan bermotor.

Di taman terdapat bangku taman yang biasa digunakan untuk bersantai oleh para pengunjung. Disini juga ada toilet yang dapat digunakan oleh pengunjung. Wisatawan yang beragama muslim dapat beribadah di Masjid Raya yang berada di dekat taman.

Lokasi Taman Sri Deli

Taman bersejarah ini berlokasi di Jl. Sisimangaraja, Kecamatan Medan Kota, Kota Medan. Lokasinya yang dekat dengan pusat kota membuat taman ini ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Akses menuju lokasi ini juga cukup mudah karena dilalui oleh transportasi umum.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini