Beranda Tiket Wisata

Tjong A Fie Mansion Tiket & Ragam Aktivitas - September 2020

Tjong A Fie Mansion
Harga Tiket: Rp35.000 Jam Buka: 09.00 - 17.00 No. Telepon: (+62) 8116130388 Alamat: Jl. Jend. Ahmad Yani No.105, Kesawan,Medan Barat,Medan,Sumatera Utara,Indonesia,20111.

Kota Medan memiliki sejarah panjang dalam perkembangannya. Hingga hari ini, banyak bangunan peninggalan sisa zaman kolonial di Kota Medan. Bangunan tersebut didominasi desain khas bangunan Eropa. Namun siapa sangka, diantara bangunan-bangunan tersebut, terdapat komplek dengan tampak muka bangunan khas Etnik Tionghoa. Bangunan tersebut adalah Tjong A Fie Mansion. Bangunan yang berdiri sejak tahun 1890 di atas lahan seluas 2200m2 masih berdiri kokoh dan terawat.

Tjong A Fie Mansion merupakan salah satu cagar budaya nasional yang disahkan pada tahun 2010. Mansion ini merupakan rumah peninggalan seorang tokoh dermawan, Tjong A Fie, yang memiliki peran dalam perkembangan Kota Medan. Peran Tjong A Fie dalam membangun keharmonisan hubungan Pemerintah Hindia Belanda, Kesultanan Deli, Kekaisaran China, dan masyarakat Medan pada zamannya patut menjadi teladan.

Kini mansion ini dikelola oleh para keturunan. Sebagian diantaranya bahkan masih tinggal di dalam kawasan mansion. Mansion ini dapat menjadi pilihan destinasi sejarah yang wajib dikunjungi ketika menginjakkan kaki di Kota Medan.

Harga Tiket Masuk Tjong A Fie Mansion

Untuk mendapatkan pengalaman menarik tentang sejarah di sini, pengunjung perlu membayar sejumlah uang untuk tiket masuk. Harga tiket masuk tergolong terjangkau mengingat fasilitas yang ditawarkan tempat ini. Dana dari tiket ini pun, berperan sebagai biaya pengelolaan dan perawatan museum oleh keturunan Tjong A Fie itu sendiri.

Harga Tiket Masuk Tjong A Fie Mansion
Jenis TiketHargaKeterangan
Semua UsiaRp 35.000/orangsudah termasuk pemandu tour (Bahasa/English)

Baca: 10 Tempat Wisata Terbaik di Kota Medan

Jam Operasional

Museum ini terbuka untuk umum setiap hari. Jika pengunjung ingin mendapatkan detail cerita dari seluk beluk mansion, pastikan siap meluangkan waktu kurang lebih tiga jam, ya. Nantinya, pengunjung akan mendapat banyak penjelasan dari pemandu tour yang sudah dibekali pengetahuan mengenai sejarah tempat tersebut.

Jam Operasional
Senin – Minggu (Tahun Baru Imlek tutup)09.00 – 17.00Tidak menerima pengunjung 30 menit sebelum tutup

Aktivitas Menarik di Tjong A Fie Mansion

Tampak Depan Tjong A Fie Mansion
Nuansa etnik tionghoa di gerbang Tjong A Fie Mansion – Foto: Instagram/achmdfachry

Mansion ini memang sangat cocok bagi wisatawan pecinta sejarah. Tidak saja dari bangunan dan ornamen, cerita dibaliknya pun sangat menarik. Berikut beberapa aktivitas yang bisa dilakukan ketika berkunjung ke sini.

Baca: TAMAN ALAM LUMBINI Tiket & Daya Tarik

Wisata Sejarah dan Peran Tjong A Fie

Kumpulan foto-foto Tjong A Fie dan keluarga
Galeri foto semasa hidup Tjong A Fie bersama keluarga dan kolega – Foto: Google Maps/Kenzo Kenzie

Saat memasuki kawasan mansion, suasana etnik kental akan menyambut para pengunjung. Bangunan ini dahulunya adalah salah satu tempat tinggal persembahan Tjong A Fie untuk istri tercinta. Jika berkunjung ke sini, pengunjung akan menemukan sosok Tjong A Fie dalam berbagai macam portrait. Banyak foto-foto terpasang menggambarkan perjalanan kisah hidupnya.

Selain tersimpan dalam bentuk foto-foto, peninggalan barang-barang yang digunakan juga masih tersimpan rapi. Beberapa diantaranya dapat dinikmati oleh pengunjung. Di sana juga terdapat beberapa monumen yang menuliskan waktu-waktu penting sejarah kehidupan Tjong A Fie hingga wafat.

Baca: Merci Waterboom Medan Tiket & Wahana Seru

Suasana Kental Budaya Tionghoa

Taman yang rapi dengan tanaman hijau di depan mansion
Keindahan taman khas China yang terawat membuat suasana nyaman – Foto: Instagram/adventureswithasleyb

Keindahan mansion ini tidak perlu diragukan. Seluruh ruangan memiliki sejarah dan ceritanya masing-masing. Setiap detail ornament memiliki arti makna tersendiri.

Dominasi desain arsitektur budaya Tionghoa menyimpan secuplik percampuran budaya melayu dan nusantara di beberapa bagian. Usia benda-benda yang sudah mencapai satu abad memiliki daya tarik tersendiri bagi kolektor foto barang antik.

Baca: Hairos Waterpark Medan Tiket & Wahana Seru

Area taman di bagian luar yang tertata rapi dan ciamik akan semakin memperkaya galeri lensa pemburu gambar. Kawasan museum ini bisa menjadi salah satu referensi lokasi hunting foto dengan tema vintage di Kota Medan.

Hiburan Pelestarian Budaya

Pertunjukan budaya tari Sigale-Gale
Pertunjukan tari Sigale-gale yang ditawarkan di akhir pekan – Foto: Instragram/tjongafiemansion

Tjong A Fie Mansion sangat totalitas dalam pengelolaan dan pelayanan pengunjung. Selain menyediakan pemandu tour yang kompeten. Pengelola juga bekerja sama dengan Badan Pariwisata Kota Medan, menghadirkan pertunjukan tari daerah di dalam museum.

Pertunjukan tari daerah menjadi salah satu media hiburan edukatif yang ditawarkan museum ini. Pertunjukan tari daerah ini melibatkan melibatkan beberapa sanggar tari sebagai pengisi acaranya. Dalam pertunjukannya, para penari ini tidak sungkan mengajak pengunjung untuk berinteraksi langsung dengan menari bersama.

Informasi mengenai pertunjukan tari daerah ini bisa pengunjung dapatkan dengan bertanya kepada staf di loket tiket masuk, ya. Semoga beruntung ya! sebab jadwal pertunjukan tari daerah bersifat tentatif di akhir pekan.

Lokasi dan Akses

Jika ingin berwisata ke sini, lokasinya sangat strategis berada di tengah kota Medan. Tjong A Fie Mansion beralamat di Jalan Jendral Ahmad Yani No. 105, Kesawan, Kota Medan Barat, Provinsi Sumatera Utara. Jaraknya pun tidak jauh dari Stasiun Medan, lho.

Adapun beberapa alternatif transportasi umum yang bisa digunakan, seperti angkot dengan nomor rute 23, angkot nomor rute 24, dan angkot nomor rute 26. Ketiga nomor rute tersebut memiliki akses melintasi kawasan ini.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 5 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini