Wisata Majalengka : Ini 7 Destinasi Terseru

Memiliki keindahan alam dari pegunungan maupun dataran rendah, Majalengka menawarkan aneka destinasi wisata. Melekat kuat, daerah dengan julukan Kota Angin ini memiliki kontur alam dataran tinggi. Mengunjungi Majalengka, berikut daftar 7 lokasi wisata Majalengka unggulan:

1. Wisata Paralayang Majalengka

Mencoba olahraga pemacu adrenalin di Wisata Paralayang Majalengka.
Mencoba olahraga pemacu adrenalin di Wisata Paralayang Majalengka. Foto: GMap/Paralayang Majalengka Official

Majalengka memiliki area rekreasi bagi yang menyukai tantangan pemacu adrenalin yaitu Wisata Paralayang Majalengka. Menawarkan area wisata bagi yang ingin mencoba terbang bebas dengan parasut. Beroperasi sejak 2010, lokasi ini telah 2 kali menjadi tuan rumah kejuaraan nasional paralayang.

Dari lereng Gunung Panten, lepas landas dilakukan untuk kemudian melayang mengikuti hembusan arah angin. Dengan kaki mengudara, olahraga paralayang menjadi tantangan menguji nyali wisatawan. Namun dengan mencobanya, sensasi yang didapatkan tentu sangat luar biasa. Selama mengudara sajian keindahan alam pegunungan tentu istimewa yang tak terlupakan.

Di lereng Gunung Panten, wisatawan disuguhi panorama keindahan alam dari ketinggian. Terlihat luasnya hamparan kehijauan alam dengan lembahnya dan lanskap kota Majalengka. Hembusan angin terasa begitu sejuk di padang rumput dataran tinggi ini.

Selain paralayang di sekitar areanya banyak berdiri spot-spot foto menarik berlatar pemandangan alamnya. Pada saat sore hari, wisatawan dapat menyaksikan keindahan matahari terbenam ke balik perbukitan. Suasana malam hari pun tak kalah indah dengan tebaran kilau lampu-lampu kota di kejauhan. Kemudian di lokasi ini, wisatawan dapat pula mencicipi penganan khas Desa Sidamukti sambil menikmati suasananya.

2. Bunderan Munjul Majalengka

Tugu bola dunia 'Majalengka Raharja' di Bunderan Munjul Majalengka.
Tugu bola dunia ‘Majalengka Raharja’ di Bunderan Munjul Majalengka. Foto: Instagram/andreas.2242

Majalengka Raharja, itulah yang tertulis pada tugu logam yang berada di pusat Kabupaten Majalengka. Tugu tersebut berbentuk bola dunia berbahan logam menyerupai ikon Universal Studio. Hal ini sebagai simbol untuk Majalengka yang diharapkan semakin berkembang menuju skala global. Menjadi pusat perhatian, letaknya berada di bundaran lalu lintas yang ramai di Desa Munjul.

Bunderan Munjul Majalengka merupakan area terbuka hijau lengkap dengan taman sebagai pusat hiburan. Ditambah dengan Taman Sejarah Majalengka dan Taman Raharja di seberang jalannya. Tak heran jika Lokasi ini menjadi destinasi wisata yang selalu ramai setiap harinya terutama pada saat malam.

Dengan banyak hiburan dan permainan memang tempat ini cocok untuk wisatawan keluarga yang membawa anak-anak. Terdapat beragam wahana menarik, salah satunya kapal kedirgantaraan di tengah taman sebagai latar foto favorit. Ragam kuliner pun tersaji dengan berbagai pilihan menemani suasana bersantai.

3. Alun Alun Majalengka

Alun-alun Majalengka dengan tampilannya yang lebih segar.
Alun-alun Majalengka dengan tampilannya yang lebih segar. Foto: GMap/Nita Noviyanti

Berada tepat di depan kantor Bupati, Alun-alun Majalengka menjadi salah satu destinasi wisata Majalengka favorit. Bahkan alun-alun tersebut menjadi ikon baru untuk daerah dengan julukan kota angin ini. Kawasannya memadukan konsep budaya dengan area teatrikal dan halaman tempat berkumpul. Tempat ini dilengkapi juga air mancur dan ornamen taman lain yang memperindah tampilannya.

Direnovasi tahun 2021 lalu, alun-alun ini bersolek dengan warna merah bata khas wilayah Kacirebonan. Lokasi ini pun tampak makin segar dengan warna terakota bernuansa modern yang mendominasi. Dengan desain besutan Ridwan Kamil ini, semakin tinggi minat wisatawan untuk berkunjung. Wisatawan menyukai aktivitas berfoto dengan latar tampilan alun-alun yang unik ini.

Area halaman terhubung langsung dengan Masjid Al Imam di sisi timur yang terlihat megah. Kemudian halaman depan masjid merupakan lapangan hijau dengan rumput sintetis yang berwarna cerah. Di sini, ramai wisatawan duduk bersantai bersama keluarga sambil menikmati suasana alun-alun.

Sore dan malam hari merupakan waktu terbaik untuk berwisata ke Alun-alun Majalengka. Suasana teduh dan sejuknya angin semakin terasa seiring redupnya sinar matahari.

4. Jembar Waterpark Majalengka

Jembar Waterpark Majalengka, taman air dengan konsep ala era purbakala.
Jembar Waterpark Majalengka, taman air dengan konsep ala era purbakala. Foto: Instagram/jembarwaterpark

Jembar Waterpark Majalengka merupakan arena taman air yang berlokasi di Ranji Wetan, Kabupaten Majalengka. Destinasi ini memiliki banyak wahana air yang mengusung konsep jaman purbakala. Hal ini mendasari penempatan desain ornamen dan patung-patung dinosaurus yang tersebar di areanya.

Kolam renang yang ada cukup luas dengan berbagai kedalaman air. Terdapat pilihan kolam dewasa, kolam anak, kolam arus, kolam pantai, hingga kolam ombak. Wahana klasik taman air seperti Seluncur Air dan Ember Tumpah juga ada dalam kawasannya.

Tak heran jika taman rekreasi ini disukai semua kalangan usia. Karena lokasinya sangat cocok untuk berlibur bersama keluarga. Berbagai permainan anak bisa ditemukan, salah satunya Taman Labirin. Lokasinya pun terbuka dengan suasana sejuk dan latar pemandangan alam pegunungan.

Mengambil nama ‘jembar’ yang berati luas, Jembar Waterpark Majalengka memang memiliki area yang luas. Wisatawan bisa leluasa menjelajah setiap keseruan wahananya termasuk lokasi taman, rest area, dan gazebo. Fasilitas lainnya pun telah lengkap seperti area bilas, sentra kuliner, serta toko cenderamata.

5. Gunung Ciwaru

Sajian hamparan hutan dan pegunungan diketinggian Gunung Ciwaru Majalengka.
Sajian hamparan hutan dan pegunungan diketinggian Gunung Ciwaru Majalengka. Foto: Instagram/indahh2707

Wisata alam Gunung Ciwaru memiliki bentang panorama alam yang spektakuler. Karena dari titik puncaknya, wisatawan bisa merasakan suasana sejuk dengan hamparan hutan hijau. Ditambah dengan hembusan angin khas pegunungan melingkupi destinasi yang berada di Rajagaluh, Kabupaten Majalengka ini.

Untuk mencapai puncak, memang perlu berjalan mendaki anak tangga. Namun tak akan terasa. Karena sejak titik awal dan sepanjang perjalanan, wisatawan ditemani kicau burung di antara pepohonan rimbun.

Dengan pemandangan alam dari ketinggian, destinasi ini memiliki banyak spot foto menarik. Instalasi seni seperti Sarang Burung misalnya, dapat menjadi tempat berfoto yang unik. Berlatar pepohonan hijau dan suasana asri dan pegunungan hasilnya pun begitu dramatis.

6. Cikadongdong River Tubing

Bermain di derasnya arus sungai Cikadongdong River Tubing.
Bermain di derasnya arus sungai Cikadongdong River Tubing. Foto: Instagram/iftawidya

Desa Payung, memiliki salah satu destinasi wisata alam pemacu adrenalin di Majalengka. Cikadongdong River Tubing bisa menjadi pilihan bagi yang menyukai tantangan dalam berwisata. Sesuai namanya, destinasi ini menawarkan sensasi petualangan arung jeram yang mendebarkan.

Selama berada di sini rasakan keseruan derasnya arus sungai sejauh 350 meter. Tak perlu takut karena wisatawan akan didampingi pemandu berpengalaman. Sungai yang berhulu di Gunung Ceremai tersebut berair jernih dan bersih. Kawasan tepian sungainya pun terlihat asri dan masih alami dengan bebatuan dan pepohonan.

Mengarungi sungai di atas pelampung, wisatawan dilengkapi dengan jaket pengaman dan helm pelindung. Bagi yang datang bersama rombongan akan saling terkait selama arung jeram mengikuti derasnya arus sungai. Membentuk untaian, akan bersama-sama merasakan keseruan sekaligus saling menjaga satu sama lain.

7. Kebun Teh Cipasung Lemahsugih

Hamparan hijau wisata Kebun Teh Cipasung Majalengka.
Hamparan hijau wisata Kebun Teh Cipasung Majalengka. Foto: GMap/Mochammad Kurniawan

Identik dengan udara dingin dan kabut, area perkebunan teh selalu menjadi magnet wisata. Begitu pula dengan Kebun Teh Cipasung yang berada di Kecamatan Lemahsugih. Melengkapi deretan destinasi wisata di Majalengka, hamparan perkebunan tehnya terhampar luas.

Berada di dataran tinggi, akses menuju lokasi ini merupakan kelokan dan tanjakan. Namun hal tersebut justru menambah daya tarik kawasan tersebut. Di sisi jalan dapat terlihat langsung tanaman teh yang tumbuh subur. Bersantai menikmati pesona permadani hijau Kebun Teh Cipasung, wisatawan dapat mencicipi seduhan teh alaminya.

Bagikan konten ke: