GUNUNG CIWARU Tiket Masuk, Wahana dan Fasilitas Juni 2024

  • Harga Tiket Masuk Gunung Ciwaru: Rp15.000 - Rp20.000
  • Jam Buka: 08.00 - 16.00
  • Nomor Telepon: -
  • Alamat: Jl. Desa Payung, Pajajar, Rajagaluh, Majalengka, Jawa barat, Indonesia, 45472

Gunung Ciwaru adalah bukit hutan pinus di Kabupaten Majalengka. Lokasinya masih berada di kawasan konservasi Taman Nasional Gunung Ciremai. Menawarkan daya tarik yang hampir mirip dengan Tebing Keraton di Bandung. Wisatawan dapat menikmati panorama gunung, hutan, perbukitan, hingga dataran rendah dari ketinggian. Suasananya adem dan sejuk, sangat pas untuk refreshing di akhir pekan.

Harga Tiket Masuk

Pengunjung yang berwisata ke Gunung Ciwaru perlu membayar tiket masuk. Tarif tiket sebesar Rp15.000 saja per orangnya. Tersedia juga tarif yang berbeda untuk pengunjung yang ingin berkemah di sini. Selain itu pengelola juga menyediakan jasa foto di setiap spotnya.

Jenis Tiket Harga
Tiket Masuk Rp15.000
Tiket CampingRp20.000
Harga Tiket Masuk Gunung Ciwaru

Baca Juga: 10 Destinasi Wisata Terbaik di Majalengka

Jam Buka

Kawasan wisata Gunung Ciwaru terbuka setiap hari untuk umum. Buka sejak pukul 8 pagi hingga 4 sore. Tidak perlu khawatir kepanasan jika berkunjung di siang hari karena suasananya selalu teduh. Jika ingin mendapat panorama terbaik, hindari berkunjung di musim hujan.

Daya Tarik Wisata

Menikmati pemandangan hutan
Menikmati pemandangan perbukitan sekitar Gunung Ciwaru dari gardu pandang – Foto: Gmap/Aef Syaiful Anwar

Menghabiskan akhir pekan tidak perlu dengan aktivitas rekreasi mahal ataupun jauh dari rumah. Dengan kegiatan sederhana seperti piknik dan trekking saja sudah cukup untuk menyegarkan pikiran. Di Majalengka, terdapat objek wisata yang cocok untuk dikunjungi saat weekend. Objek wisata ini bernama Gunung Ciwaru dan terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai.

Gunung Ciwaru merupakan sebuah bukit di wilayah Desa Payung, Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka. Puncak tertingginya kurang-lebih 540 mdpl saja. Gunung ini menghadirkan pesona alam yang bisa dinikmati dari ketinggian. Tentunya tanpa perlu hiking yang berat ataupun menguras tenaga.

Daya tarik gunung ini sering bersanding dengan Tebing Keraton yang ada di Bandung karena memiliki kemiripan. Terdapat hamparan hutan pinus yang asri di puncak dan lerengnya. Panorama Gunung Ciremai yang terlihat dari puncak jadi hal yang paling menjadi incaran di sini.

Baca: Taman Dinosaurus Majalengka Tiket Masuk & Aktivitas

Trekking Singkat

Tangga ke puncak Gunung Ciwaru
Tracking singkat ke Gunung Ciwaru – Foto: Gmap/Muhammad Najmi Nugraha

Lokasi Gunung Ciwaru aksesnya bisa melalui Desa Payung, Kecamatan Rajagaluh. Wisatawan harus melalui area pemukiman warga untuk mencapai loketnya. Selanjutnya tinggal mengikuti petunjuk arah untuk menuju lokasi.

Setelah membeli tiket, terdapat jalur menanjak sepanjang kurang-lebih 300 meter. Jalur setapak ini berupa tangga yang lebar dan nyaman. Kondisi jalannya juga mulus dan bisa dilalui baik oleh anak-anak maupun lansia.

Tidak butuh waktu lama untuk mencapai puncak bukit melalui jalur trekking ini.
Sepanjang jalur tangga ini, pengunjung bisa melihat panorama gunung dan bukit di kejauhan. Jalur ini membawa pengunjung memasuki area hutan pinus yang sejuk. Suasananya teduh karena naungan pohon di sepanjang jalan.

Di beberapa titik, terdapat kios dan warung sederhana yang berdiri. Ada juga bangunan gazebo kecil untuk beristirahat dan duduk-duduk. Gazebo-gazebo ini menyajikan pemandangan alam nan asri yang menyejukkan mata. Cocok untuk jadi tempat menggelar piknik sambil berteman semilir angin.

Baca: CURUG MUARA JAYA Keindahan di Lereng Gunung Cereme

Panorama Ciremai

Lanskap Gunung Ciremai
Spot foto yang menyajikan lanskap Gunung Ciremai yang sempurna – Foto: Gmap/sandy ramadhan

Sampai di puncak, sejuknya suasana hutan pinus belum hilang. Di antara deretan pohon, tampak pemandangan hijau mengintip. Kawasan puncak bukit ini juga memiliki beberapa sudut area terbuka. Setiap sudut terdapat balkon dari kayu sebagai spot menikmati panorama sekitar.

Jika melihat ke arah utara, terhampar dataran rendah Majalengka. Terlihat hamparan terasering Sawah Nangklak yang membentuk lekukan berundak. Di kejauhan, berdiri bukit tambang yang memutih. Kemudian di sebelahnya terbaring barisan Pegunungan Kromong yang hijau.

Beralih ke selatan, tersaji panorama alam yang menjadi primadona utama Gunung Ciwaru. Kemegahan Gunung Ciremai tampak jelas terlihat dari puncak bukit ini. Di bawahnya, terhampar dataran tinggi Sadarehe yang asri.

Keindahan panorama alam dari puncak Ciwaru tampak jelas saat hari cerah. Ketika cuaca berawan, hutan pinus di lereng bukit berselimut kabut. Memancarkan pesona menawan sekaligus misterius yang menyegarkan mata.

Baca: GUNUNG CIREMAI: Tiket Masuk & 4 Jalur Pendakian

Taman Selfie

Bergaya di spot foto
Spot foto berlatarkan lereng Gunung Ciwaru dan dataran rendah Majalengka – Foto: Gmap/Ratna Arumnasari

Tidak hanya pesona alam yang tersaji terdapat pula area spot-spot foto. Ada lebih dari 5 spot foto yang dibuat dengan bentuk dan rupa yang berbeda. Sudut-sudut foto ini berwujud seperti balkon dan gardu pandang yang memiliki instalasi kreatif. Fasilitas ini tentunya menunjang para pegiat fotografi maupun penyuka selfie.

Selanjutnya di spot Jendela Langit, pengunjung bisa berfoto dengan latar hamparan hutan yang berbingkai instalasi berbentuk jendela. Spot lainnya yang menghadap ke arah Pegunungan Kromong dengan bentuk lingkaran yang unik. Ada juga spot berbentuk sarang burung yang berlatarkan Gunung Ciremai.

Setiap lokasi foto bisa dijajal tanpa harus membayar biaya tambahan. Pengunjung bebas berfoto menggunakan kamera ponsel ataupun kamera profesional. Bagi yang ingin hasil foto terbaik, tersedia juga jasa foto oleh pengelola. Pengunjung bisa mendapatkan hasil jepretan ala profesional dengan biaya terjangkau.

Camping Ceria

Saung untuk beristirahat
Gunung Ciwaru bisa jadi alternatif lokasi piknik maupun camping ceria – Foto: Gmap/Syarif MD

Kawasan Gunung Ciwaru tidak hanya seru untuk menjadi tempat berswafoto ria. Objek wisata ini terbuka juga sebagai arena berkemah ceria bagi wisatawan.

Kegiatan berkemah di sini tidak perlu repot-repot dengan membawa perlengkapan tenda sendiri. Tersedia penyewaan tenda serta matras yang komplet sebagai penunjang kenyamanan. Sarana pendukung seperti toilet dan musala bersih sudah tersedia. Sehingga, tempat ini sangat layak sebagai opsi untuk mengenalkan kegiatan berkemah pada anak-anak.

Lahan untuk berkemah di sini memang tidak terlalu luas. Ada beberapa tanah landai yang bisa membuat hingga tiga tenda. Pemandangan Gunung Ciremai tersaji langsung di depan tenda. Hutan pinus di sekitar tidak terlalu rapat sehingga jauh dari kesan menyeramkan.

Fasilitas

Sarana pendukung di Gunung Ciwaru sudah lengkap dan memadai. Terdapat area parkir, jalan setapak dan tangga, toilet, kios-kios, musala, dan sejumlah gazebo. Fasilitas rekreasi yang tersedia yaitu aneka spot foto dan penyewaan peralatan camping.

Lokasi dan Akses

Lokasi Gunung Ciwaru dapat dijangkau dari Desa Payung, Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka. Karena akses jalan yang agak sempit, lebih disarankan untuk datang menggunakan motor atau sepeda. Tidak ada transportasi umum yang melintasi tempat wisata ini.

Dari arah Majalengka Kota, arahkan kendaraan ke timur menuju Desa Payung. Lanjutkan perjalanan melalui Blok Cimerang sampai pertigaan sebelum Warung Nangklak. Belok kanan dan ikuti jalan hingga lokasi parkir.

Ulasan Pembaca

4.4 - 5 Pembaca

Berikan Nilai

Harga dapat berubah sewaktu-waktu terutama pada saat peak season seperti Hari Raya Lebaran, Musim Liburan serta Natal dan Tahun Baru. Oleh karena itu ada baiknya pembaca langsung menghubungi kontak tempat wisata atau akomodasi terkait. Meskipun begitu kami juga secara berkala melakukan pembaruan harga.
Bagikan konten ke:

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *